iklan,

Criticism of advertisement

Wednesday, January 27, 2010 Linda Leenk 7 Comments

Lagi pengen ngeblog tentang hal yang agak serius..
Mungkin beberapa dari kita sering mengeluh tentang kualitas acara televisi yang kurang mendidik, plagiat (copypaste dari film luar), cerita yang terus aja diperpanjang episodenya (sampai-sampai jalan ceritanya udah ga jelas) ,giliran ada film yang agak bagusan diselingin iklan yang cukup banyak :| (berasa nonton iklan)
Saya bukan mau bicara tentang film atau acara di televisi sih, lebih mau sedikit mengkritisi tentang iklan yang mereka tayangkan.

Sebelumnya (agak OOT) saya dulu pernah nonton (tapi judul film nya lupa ~.~)
Film tentang sebuah perusahaan kecap (kalau ga salah), trus dia hire orang untuk dibuatkan iklan. Sewaktu dia melihat hasilnya, dia marah-marah. Iklan nya itu bercerita tentang beberapa wanita bergoyang meliuk-liuk berpakaian gaya jaman aladin di belakang botol kecap, settingan latar juga dibuat kayak film jaman kerajaan aladin .
Point yang saya suka, si direktur itu berkata
"ini iklan kecap, bukan iklan obat kuat!"
Akhirnya diganti iklan yang mereka buat, mengikuti keinginan si direktur, yang benar-benar iklan kecap, melihat bahan baku dan proses produksi :)

Kemarin saya sedikit membaca tentang kritik terhadap iklan rokok.
Maaf, bukan mau nentang atau gimana, saya cuma bingung. Selama ini yang saya lihat, iklan rokok cenderung lebih mendidik (mungkin karena memang mereka tidak diperbolehkan menampilkan rokok pada iklannya)
tapi itu justru yang membuat iklan mereka menarik,kadang ada pesan moral didalamnya.
Saya kok lebih setuju kalau penjualan rokok yang diperketat ya..seperti di luar negeri..
Rokok hanya dijual pada orang-orang yang berumur 18tahun keatas, orang yang sudah tau konsekuensi bila dia mengkonsumsi itu.
Anak-anak dibawah umur yang ketauan ngerokok , ya dihukum, dan benar-benar dihukum. Tapi bukan hanya penjualan nya saja yang diperketat, tapi dimana tempat merokok. Saya sering melihat bapak-bapak yang merasa tua dan benar dan sangat tidak respect bila ada yang merasa terganggu dengan asap rokoknya dia, sumpah sebel banget. Ga semua orang mau dibagi racun ya, apalagi dia merokok dilingkungan yang banyak anak-anak berkeliaran misal: taman bermain.
Udah tak sindir sedemikian rupa, tapi tetep ga nyadar T_T
kesel banget pengen tak lempar sendal

Disebelahnya ada ibu hamil, juga dia fine-fine aja merokok disebelah tu ibu..padahal si ibu udah nutup hidung pakai serbet :|.
Yang kayak gitu yang harusnya diperbaiki, kalau iklan rokok yang dipermasalahkan (menurut saya kemungkinan masalah yang akan muncul berikutnya) misal, si perusahaan pendapatannya berkurang, berarti dia akan mengurangi pegawainya (padahal perusahaan rokok kan padat karya) :| . Lalu kalau (makin) banyak pengangguran berarti angka kejahatan kemungkinan juga akan meningkat :| duh..masalah baru deh :|.
Postingan ini ga merefer kemana-mana..hanya ingin melihat masalah dari sisi yang berbeda. kalau memang iklan nya yang salah, mbok ya yang iklan nari-nari ga jelas itu yang di banned, mereka diminta bikin iklan yang memang tentang produk yang mereka jual....

You Might Also Like

7 comments:

  1. eh bener juga idenya..

    bikin iklan rokok yang tidak inspiratif gitu ya :)
    soal yg suka ngerokok sembarangan, udah matirasa kali :|

    ReplyDelete
  2. Tori tori tori ... *enggh* :p

    gak ada rokok, kaya'nya bisnis di indonesia bakalan mandeg loh, say ... kaya'nya siiihh ... semoga yang kita harapin bersama itu bakalan terjadi :)

    ReplyDelete
  3. yang mungkin dilakukan itu membatasi perokoknya, misalnya hanya 18 thn ke atas atau menaikkan harga sebungkus rokok. kalo masalah iklan, org advertising dan orang bisnis pasti ga mau dikekang. dan masalah lain adalah jumlah petani tembakau di indonesia itu banyak banget.. *kyknya gue cuma nulis ulang apa yg udh ditulis yah* huehe

    ReplyDelete
  4. mas warm iklan rokok yang ga inspiratif itu yang gimana?harus joget2 juga ? -_-
    ga ada yang ngelarang mreka yang suka ngerokok buat ngerokok kok, cmn plis hormatin yang ga ngerokok,bau tau :\

    @fenty
    LOL jangan sebut merk neng :p
    banget, apalagi perusahaan rokok mmg padat karya sih

    @elia
    eh kamu perokok ya? :-?

    ReplyDelete
  5. aku malah lebih setuju lagi kalo gak ada ijin buat iklan rokok
    seperti pada awalnya

    ReplyDelete
  6. setuju sama bangian yang kalau orang yg merokok itu dibawah umur, kudu harus ditangkap biar jera... soalnya kalau dibiarin makin menjadi2... dan mereka suka gak tau diri gitu.. sok gagah2an, sok2an, tapi gak liat2 lingkungan kalo ngerokok...

    trus mereka yg smoker harusnya cuman boleh ngerokok di ruangan2 khusus saja, no smoking in public area plisss....

    ReplyDelete
  7. @dita.gigi
    orang sekarang pada ga punya etika dan perasaan ya dit..
    mereka samapai harus dipkasa sedemikian untuk ga merokok di ruang publik, semua karena paksaan bukan kesadaran :&

    ReplyDelete