bersepeda,

Bersepeda

Wednesday, July 28, 2010 Linda Leenk 13 Comments

ummm..ok saya bingung haru mulai dari mana...
Baiklah bukan bermaksud menggurui..
saya tau olahraga itu baik buat kesehatan
saya tau kalau bersepeda itu mengurangi polusi udara daripada pakai kendaraan bermotor
tapi ya,apa kalau pakai sepeda terus anda bisa semena2 menguasai jalanan?

salah satu contoh kecil,ketika yang bersepeda di lampu merah yang jelas2 sudah diberi tanda dimana batas 'ruang tunggu sepeda', tapi mereka merajai jalur depan dengan sepeda2..
selanjutnya bisa disimpulkan apa yang terjadi saat lampu hijau kan?


logika simple sih..
seperti di jakarta yang ada car free day (semoga bener ini namanya)
memang kita bisa bersepeda ria di jalur kendaraan tanpa takut terserempet..
tapi apa akibatnya kalau bersepeda di jalur bis trans disaat hari normal...
jangan salahkan si sopir bis bila anda tiba2 mencium aspal karena terserempet..

dan itu juga sepertinya yang terjadi di sekitar lapangan alun-alun kidul Yogyakarta
biasanya turis yang bersepeda di lapangan..mungkin karena bosan,mereka berpindah jalur ke jalanan tempat kendaraan lewat...
dan bisa dibayangkan apa yang terjadi selanjutnya...semua mau enaknya sendiri..semua mau merajai jalanan..
macetlah (--')

kemarin juga,hari sabtu saya melihat anak-anak sekolah bersepeda dipinggir jalan..
yang saya perhatikan,meski ada guru yang mendampingi,beliau-beliau ini tidak memberikan contoh yang baik ke pada siswanya..
gimana engga..jalur sepeda udah jelas dibatasi garis kuning..tapi mereka nekat mengambil jalan kendaraan...
udah gitu masih diselingi bercanda dijalanan..
dan bikin saya kesal karena harus mengklakson berulang-ulang saat mereka benar2 sudah ditengah jalan

Saya jadi memberi contoh yang jelek2 ya soal bersepeda ini..
sebenarnya bersepeda baik kok,bagus buat kesehatan pribadi juga..
tapi bisa kan kalau saliang toleransi dalam memakai jalan..
bisa kan lebih beretika dan tidak saling merasa memiliki jalan sampai harus merugikan orang lain..
yang memakai jalan itu kan banyak..masih ada bis,motor,mobil...
ahhh kok jadi marah-marah ya saya ... (--')
 

You Might Also Like

13 comments:

  1. *sekalian bebersih sarang laba2*

    ReplyDelete
  2. Di Jakarta sini rasa-rasanya sepeda sudah jadi barang mewah. Jadi mungkin itu yang bikin beberapa pesepeda bersikap seenaknya sendiri. Mentang-mentang jadi pahlawan lingkungan gitu :P

    ReplyDelete
  3. Nggak semua pengemudi kendaraan bermotor dan roda empat adalah brengsek, dan nggak semua pengendara sepeda adalah sadar lingkungan dan peduli ketertiban... :lol:

    ReplyDelete
  4. semua hal, gak cuma sepeda sih sebenernya, baik atau enggaknya itu tergantung masing-masing penggunanya. kalo penggunanya punya sikap yg baik dan tidak merugikan orang lain, kesannya ya baik. kalo pribadi yg menggunakan justru orang2 yg ga tau aturan, maka kesannya jd buruk.

    kebetulan aku tinggal di BSD. tiap hari kemana2 jg naik sepeda. tp tenang aja, sepedaku cuma sepeda yg relatif murah, kok. hehe... :P dan aku bersepeda karena butuh. buktinya kupakai tiap hari kemana2 dan rasanya menderita banget kalo kemana2 ga naik sepeda.

    sayangnya, infrastruktur di sini masih belum mendukung pengguna sepeda. mestinya harus ada jalur khusus sepeda supaya pengguna sepeda gak saingan sama pejalan kaki, atau pun pengendara kendaraan bermotor.
    tp aku tetep ga berani loh ngegowes sepeda sampe ke tengah jalan gitu.
    beuh... mending "saingan" sama pejalan kaki deh biar aman.
    habis, gimana dong? emang belum ada jalur khusus sepeda sih di sini. :(
    iri liat jalur khusus sepeda yg udah rame dibudayakan di luar negri sono.

    ReplyDelete
  5. @nazieb err bisa jadi sih..tapi tapi...
    @dewa bantal iya banget,ayo sedia sendal jepit buat nimpukin yg pada ga tau etika *eh
    @juminten at least kan ngegowesnya dipinggir kiri :( ga makan jalan buat pemakai jalan lainnya :(
    lha ini,jalan udah sempit,udah digarisin tuh jatahnya sepeda seberapa..dilanggar juga..kebayang donk jadinya macet gimana...
    eh gitu pada ga nyadar pula..
    pengendara motor dan mobil mmg suka seenaknya sendiri (kadang)
    tapi kalau pada ga mau toleransi gmn jalanan bisa nyaman T_T

    ReplyDelete
  6. Woh,,kalo di Sby yang naik sepeda biasanya di tempat² car free day jadi nggak menghalangi pengguna jalan lain, yang nantinya juga berdampak buruk ke kesehatannya juga sih, sapa yg gak tau udara metropolis, gak jadi sehat doms :P

    ReplyDelete
  7. Setuju sama Nila, semuanya bergantung dan kembali lagi ke penggunanya. Kadang pejalan kaki pun suka "dzolim" sama pengguna jalan yang lainnya :D

    Mari kita kampanyekan toleransi di segala aspek berbangsa, termasuk di jalan (aduh, bahasamu, Puut)

    ReplyDelete
  8. im coming

    weee...keren blognya
    jadi iri

    wahh..soal sepeda yak
    kalao pinjam boleh nggak ya?
    ada sih sepeda tp roda tiga..entah
    dari tahun kapan

    hehe

    salam kenal

    oh ya, aku nggk jongkok ko
    cuma cari jimat dibawah kakimu
    hehe

    ReplyDelete
  9. aku mau sepeda..beliin lind :D *komentar ngaco*

    kok jadi kaya hukum rimba di jalanan ya *apasih* siapa yg kuat dia yg menang, jadi ngotot2an berasa jalanan milik sendiri dan (hampir) semua individu di jalanan ngerasa jalan punya mbah nya :D yah sing waras ngalah wae lah :p

    ReplyDelete
  10. makanya, perlu jalur khusus sepeda yang nyambung ke mana2..

    terutama di Jakarta!

    *sengaja pake tanda seru* :D

    ReplyDelete
  11. Mau pake sepeda, motor, mobil atau tank baja sekalipun yg namanya di jalanan mah harus disiplin gak seenak dewek! Sebel saya sm orang2 yg make jalan tapi gak tau aturan!

    *esmosi tanpa solusi*

    ReplyDelete
  12. untung gw gak suka bersepeda, jadi gak bakal lewat jalan2 ngaco, gak bakal ngelewatin jalur trans jakarta, gak bakalan ngelewatin rel kereta *ditabrak sepeda sampe masuk angin* =))

    ReplyDelete
  13. @nonadita ga cuman sepeda sih benernya
    kendaraan yg suka nglakson2 itu juga ganggu banget,udah tau depan macet..mmgnya yg butuh cepet cuman dia *lempar sendal jepit*

    @zulhaq *sodorin bencong ke zulhaq* :))

    ReplyDelete