Cohousing,

Cohousing, Harmony of the neighborhoods

Friday, May 24, 2013 Linda Leenk 15 Comments



source


Apa sih CoHousing itu sebenarnya?
Sering membaca ini seliweran di timeline, terlebih di timelinya koh Sani. :p
Penasaran saya mencoba mengumpulkan informasi mengenai Cohousing.

Cohousing is a type of collaborative housing in which residents actively participate in the design and operation of their own neighborhoods.(source)

Atau dalam bahasa yang lebih mudah Cohousing adalah membangun hunian berdasarkan kesepakatan beberapa orang untuk tinggal bersama dan hidup bertetangga dengan fasilitas yang bisa dipakai bersama. 
 
Prinsipnya adalah membangun hunian yang nantinya mendukung kehidupan warganya sebagai satu komunitas. Kluster yang dibangun bentuknya bebas dari kendaraan bermotor, area perumahan dipisahkan dengan kendaraan bermotor.  Harapannya anak-anak nantinya lebih aman bermain di jalanan perumahan. Area parker kendaraan bermotor yang diletakkan dipinggir lahan pemukiman, membuat penghuninya mau tidak mau akan saling berpapasan saat akan keluar, sehingga bisa saling sapa.

Konsep Cohousing ini merupakan sebuah pemukiman yang memiliki fasilitas bersama seperti ruang serbaguna, perpustakaan, tempat ibadah, tempat bermain anak, gudang dan parkiran mobil. Setiap warga nantinya juga berhak memberikan masukan untuk membangun komunitasnya. Tugas pemeliharaan fasilitas lingkungan perumahan seperti pengelola sampah, penyedia internet, dan keamanan lingkungan dibagi antarwarga.

Dengan konsep Cohousing setiap rumah tidak harus memiliki semua hal, karena sebagian ruangan sudah diwakilkan dengan fasilitas bersama tadi. Oh iya, ini koh Sani mengajak siapapun anda yang pingin investasi rumah dan join Cohousing mungkin bisa ikut bergabung di sini.

Baru segini yang saya tau tentang #CoHousing ini, ada yang mau menambahkan? :)

You Might Also Like

15 comments:

  1. kalo menurut saya, cohousing itu penyederhanaan dari rumah bandar/townhouse. Di mana, pengelola "perumahan"-nya bukan oleh sebuah pengembang, melainkan ada di tangan dari penduduk yang ikut cohousing itu.

    ReplyDelete
  2. Baru denger istilah cohousing nih.. Bayanginnya damai banget ya, bisa membangun fasilitas bersama yg digunakan untuk bersama. Bener2 butuh toleransi yang besar ^^

    ReplyDelete
  3. @billy lumayan ribet ya...
    Tapi yg namanya bikin tempat tinggal, ga mgkn ga ribet ya? :))

    ReplyDelete
  4. @bunda dzaky iya, yg terbayang pemukiman ideal ya...

    ReplyDelete
  5. Konsep nya bagus ya itu... blakangan rumah2 cluster kan pake konsep gitu ya... bair lebih go green juga...
    Tapi harga rumahnya mahal ga ya?! xD

    ReplyDelete
  6. Ini menarik dan sebenarnya adalah bentuk modern dari pola gotong royong di desa jaman dulu, dimana para orang tua saling bantu mengawasi anak-anak mereka dan saling tolong dalam berbagai hal. Ya nggak?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. @ivan rumah cluster sekarang ttp konsepnya rumah dgn garasi kendaraan kan? Tetep individual, beda dgn konsep cohousing ini.
    Soal harga coba colek koh Sani, kalau ga salah 400jt utk rumah yg akan dibuat ini.

    ReplyDelete
  9. Baru Tau nih gue! malah baru denger sob! xD
    Ziarah Balik Yuuaa..
    LutfieZard.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. seru yah.. bebas kendaraan bermotor nya itu menarik banget. Secara aku lumayan sering terganggu dengan suara klakson tetangga sebelah rumah tengah malam sekalipun...

    ReplyDelete
  11. @sabai
    Idealnya iya, tp begitu mengumpulkan 15 kepala keluarga dan berharap semua satu visi misi, agak gmn gt ya? Semoga koh Sani bisa jd sample Cohousing yg berhasil.

    ReplyDelete
  12. @Goiq
    Tengah malem? Itu tetangga ga beretika banget ya? :|
    Ga ditegur? Kan tengah malem mmg sudah waktunya orang istirahat

    ReplyDelete
  13. kalau tengah malam usir aja mbak

    ReplyDelete
  14. wah baru tau ini ada yang beginian, enak kali ya tetangga harmonis :D

    ReplyDelete
  15. kayak semacam townhouse ya?

    ReplyDelete