#GusiSehat,

Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan gusi

Friday, May 17, 2013 Linda Leenk 8 Comments


Just wondering, bagaimana ya cara orang memilih pasta gigi yang biasa dipakai setiap hari itu?


Random kah?
Atau bisa berganti dari satu merk ke merk lain seperti ketika kita memilih produk lain? Kalau untuk sabun terkadang karena iklan kita jadi tergoda untuk mencoba varian baru/ wangi baru. Bagaimana dengan pasta gigi?


Ada banyak pilihan pasta gigi di pasaran, namun bagaimana cara mengetahui pasta gigi yang cocok dengan kebutuhan kita ya?

Pertanyaan td mungkin bisa dijawab dengan berkonsultasi dulu dengan dokter gigi masing-masing sih. :p


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah apakah gigi kita memiliki kondisi khusus? Kondisi khusus ini bisa bermacam-macam, gigi sensitif maupun gusi yang bermasalah.


Cara mendeteksi gigi dan gusi kita bermasalah atau tidak yaitu dengan mengingat- ingat apakah kita memiliki  bau mulut yg kurang sedap, gusi bengkak, dan terlihat ada darah ketika meludah seusai menyikat gigi.

Cara yang kedua adalah dengan berkaca, dan lihat bagaimana warna gusi kita. Bila gusi terlihat berwarna merah gelap dan tidak berwarna merah muda seperti yang seharusnya, wah perlu waspada ini. Belum lagi kalau garis gusi menurun, lebih banyak bagian gigi yang terlihat terbuka dari yang seharusnya, ini tandanya berpotensi memiliki masalah gusi.


Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan gusi kita?

Menyikat gigi 2x sehari dan secara berkala berkonsultasi ke dokter gigi untuk memeriksa kondisi gusi dan gigi kita.


Oh iya, balik lagi ke permasalahan awal, bagaimana cara memilih pasta gigi yang pas?





Dari beberapa penelitian mengenai pasta gigi, kita lebih dianjurkan untuk memilih pasta gigi yang tidak mengandung detergen. Pasta gigi yang mengandung detergen disebutkan nantinya menyebabkan penurunan fungsi pengembalian mineral gigi oleh fluor, sehingga fluor tidak dapat mencegah gigi berlubang secara optimal (Jurnal kedokteran gigi Norwegia, 1989). Saat ini rata-rata pasta gigi yang ada di pasaran mengandung detergen dalam kadar yang aman digunakan dalam pasta gigi yaitu dibawah 0.5%.


Lalu selain itu, apa hasil dari penjelasan saya tentang cara mendeteksi gigi dan gusi tadi? Bila salah satunya ada, berarti kita berpotensi memiliki masalah pada gusi. Masalah pada gusi sebenarnya bersumber dari plak yang menempel di permukaan gigi kita. Bakteri penyebab plak ini  akan selalu ada di dalam rongga mulut, oleh karena itu kita perlu menyikatnya minimal 2x sehari agar plaknya berkurang.


Bila suatu ketika kita lupa menyikat gigi, lebih dari 12 jam, plak gigi tersebut nantinya akan menumpuk dipermukaan lalu mengiritasi gusi dan akhirnya gusi menjadi bengkak. Kondisi gusi bengkak ini memicu pembentukan rongga di bagian bawah gusi, dan menyebabkan gusi turun, dan akhirnya bisa saja terpaksa gigi tadi harus dicabut.


Saya pernah membaca artikel tentang penyakit kronis yang berawal dari kuman di gigi. Awalnya saya berfikir, apa hubungannya? Ternyata semua itu bersumber dari kebersihan gigi dan gusi yang buruk. Kondisi tersebut menyebabkan gusi meradang, sampai akhirnya terbentuk rongga dan akhirnya kuman berhasil masuk ke peredaran darah hingga terbawa aliran. Akibat yang ditimbulkan tergantung dimana kuman tersebut berlabuh. Jika kuman terbawa aliran darah ke tubuh bagian bawah, maka jantung dan ginjal bisa terganggu. Begitu pula bila kuman terbawa ke aliran darah tubuh bagian atas, kuman bisa tersangkut di selaput yang menyelimuti otak dan mengakibatkan meningitis.


Seram juga ya, karena itulah kesehatan gigi dan gusi penting untuk dijaga. Gusi yang bengkak menandakan adanya infeksi local di area gigi dan gusi. Jangan anggap remeh ketika gusi sudah mulai terasa bengkak ya. :|

Siapa saja yang bepotensi memiliki masalah gusi? Bisa siapa saja bahkan perokok dinilai lebih rentan terhadap masalah gusi. Ibu hamil juga berpotensi memiliki masalah gusi karena terkait dengan adanya perubahan hormon dimasa-masa awal kehamilan.


Untungnya ada pasta gigi khusus untuk perlindungan dan perawatan gusi yang saya tau, namanya Parodontax. Pasta gigi ini dibuat khusus untuk membantu mengangkat plak secara efektif. Pasta gigi ini mengandung 70% bahan khusus yang terdiri dari garam mineral dan ekstrak herbal, sehingga rasanya cukup berbeda dengan pasta gigi lain yang pernah saya pakai.


Pertama kali saya memakai pasta gigi ini, agak kaget dengan rasanya yang asin, namun gigi terasa benar-benar bersih setelahnya. Pasta gigi ini dirancang untuk mengatasi permasalahan gusi, bahannya alami, tanpa pemanis tambahan. (cmiiw)


Parodontax berbahan dasar garam mineral, dan perlu waktu untuk terbiasa dengan rasanya. Namun demi #GusiSehat kenapa tidak? Terlebih sensasi gigi yang terasa jadi lebih bersih setelah menggunakan pasta gigi ini.


Semua sibuk memperhatikan mengenai kesehatan gigi dan gusi :D
Serius menjawab pertanyaan dari peserta meet up

Pose dulu setelah acara selesai



Kenapa saya tiba-tiba membahas ini? Ini karena saya sempat mengikuti acara Parodontax Blogger Meet Up di Torino Osteria, Jakarta. Kumpul-kumpul seru dan dapat ilmu, yang pasti happy banget ketemu sama teman-teman yang lain juga. :D

Oh iya, awalnya saya pikir kalau gusi bengkak sampai berdarah itu tandanya saya terlalu heboh menyikat giginya, tapi ternyata saya salah. :|
Justru kalau gusi sampai bengkak, itu plak yang menempel di permukaan gigi cukup tebal. 


Saya telah menggunakan Parodontax selama 14 hari, sekarang sudah terbiasa dengan rasa asinnya.  Mungkin agak mahal, tapi worth it kok.  ;)

Pasta gigi Parodontax memiliki dua varian, harganya juga cukup terjangkau. :D


Sekarang, cek dulu kondisi gigi dan gusi kamu, jangan sampai menyesal kalau terlambat. :|







You Might Also Like

8 comments:

  1. pilih pasta gigi itu penting, tapi lebih penting lagi membiasakan diri untuk sikat gigi dengan rutin..

    *kebiasaan males sikat gigi kalo udah malem*

    ReplyDelete
  2. wah ternyat sekarng banyak yg peduli kesehatan mbak?

    ReplyDelete
  3. @billy aku dulu sering males sikat gigi malem, tp aku takut ompong sebelum waktunya :<

    @kang jum bukannya setiap orang selalu peduli dgn kesehatannya ya?

    ReplyDelete
  4. Saya sudah lama menggunakan pasta gigi yg sekarang. Milihnya sih karena terasa nyaman aja pas dipake.

    ReplyDelete
  5. @rian pdahal iklannya lg sering muncul lho :|

    ReplyDelete
  6. @bocah petualang
    hai kamu, lama ga keliatan..
    kemana aja ;)

    ReplyDelete
  7. Ke mana ya? Perasaan ga ke mana-mana, di sini aja kok :)

    ReplyDelete