#LingTrip,

#LingTrip Pantai Sundak dan cerita dibaliknya

Saturday, August 24, 2013 Linda Leenk 11 Comments

Pantai Sundak merupakan salah satu dari deretan pantai yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta.  Lebaran kemarin saya ke pantai ini bersama keluarga, cukup jauh juga perjalanannya. 

Pantai Sundak ini cukup indah, pasirnya putih dengan pemandangan karang ditepi pantainya. Kalau kesini, harus siap dengan sandal jepit karet, karangnya cukup tajam dan ada banyak binatang kecil yang bersembunyi diantaranya. 

Pantai Sundak ini ada sejarahnya, jadi dahulu kala sebelum tahun 1930, pantai ini masih terendam lautan. Konon masjid yang terdapat dipinggir barat pantai dan gua batu karang dengan ketinggian sekitar 12 meter yg ada di sebelah timurnya pun, masih terendam air.


Seiring proses geologi di pantai selatan, permukaan laut menyusut dan airnya menjorok ke laut. Batu karang dan wilayah di dekat masjid akhirnya menjadi pemukiman baru.Di dalam gua, terdapat sumur alami tempat penduduk sekitar mendapatkan air tawar.

Ada cerita unik tentang pantai ini, saat musim hujan tiba, banyak air daratan yang mengalir ke laut. Akibatnya, daratan di sebelah timur pantai membelah sehingga membentuk aliran sungai. Air yang mengalir seolah-olah sedang membelah pasir. Namun saat musim kemarau, aliran sungai tadi menghilang. Saat itu pantai ini dinamakan Wedibedah (pasir yang terbelah).

Sekitar tahun 1976, ada seekor anjing lapar yang berlarian di sekitar pantai dan memasuki gua karang tersebut. Di dalam gua, anjing tersebut bertemu dengan landak laut. Terjadi perkelahian antara anjing dan landak laut, dan dimenangkan oleh anjing laut yang berhasil memakan si landak. Si anjing keluar gua dengan membawa separuh badan landak laut yang sudah dia makan, pemilik anjing tersebut (Arjasangku) melihat apa yang dilakukan anjingnya. Si pemilik mengecek ke dalam gua karena heran melihat anjingnya keluar dari gua dengan basah kuyup. Itulah sejarah ditemukannya mata air di dalam gua tersebut, dan sejak saat itu Wedibedah berubah menjadi Sundak (Asu dan Landak).

Berikut sedikit yang saya foto saat berada di sana:





Cantik ya, ada cerita apa dari Lebaran tahun ini? ;)





.

You Might Also Like

11 comments:

  1. ng.... aku suka legenda ceritanya

    tp untuk pantai aku lebih suka yang berpasir...

    ReplyDelete
  2. Pasir putih di pinggir pantainya lumayan sih mba :D

    ReplyDelete
  3. lebaran ini tenang2 aja di rumah hihihi

    ReplyDelete
  4. @didut
    Kami kan hebohnya pas natal :p

    ReplyDelete
  5. wow....
    cuantik pantainya
    tapi fotonya kurang jelas mbak :D

    ReplyDelete
  6. @ahmad
    Benernya kalau di klik fotonya bs dibesarkan :D

    ReplyDelete
  7. airnya pas lagi surut ya kayaknya?
    gak bisa berenang dong
    :D

    ReplyDelete
  8. @daeng
    Iya, cuman jalan2 jadinya :))

    ReplyDelete
  9. ooo ada cerita anjing laut dan landak lautnya to...
    baru tau juga ada yg namanya pantai sandak...
    ah tapi pengetahuan ku ttg pantai emang sedikit sih.
    anyway pantainya keliatannya kotor... :|

    ReplyDelete
  10. @ivan ini ga kotor sih, cuman lg surut
    Jd karang, lumut, rumput lautnya pada keliatan..
    Yg kotor di deket warung-warungnya..
    Orang pada buang sampah sembarangan :'|

    ReplyDelete
  11. Ooo Sundak itu dari dua nama hewan itu, baru tahu aku sejarahnya. Lebaran kemarin aku main ke Baron dan Poktunggal, deket ke Sundak tapi belum sempet. Hehehe, tahun depan bolehlah.. :)

    ReplyDelete