lifestyle,

Delima si buah kaya manfaat

Thursday, December 26, 2013 Linda Leenk 16 Comments



source
Buah delima dipercaya sebagai lambang kemakmuran dan kesuburan yang sudah melegenda. Buah ini mengandung banyak hal yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan vit C dalam buah delima yang mampu menormalkan produksi asam lambung sehingga dapat mengobati masalah gangguan pada perut atau lambung serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.  Buah delima juga bisa digunakan untuk perawatan gusi dan gigi karena kandungan zat anti bakterinya cukup tinggi, sehingga kuman pada area gigi dapat hilang bila rutin mengkonsumsi buah ini.

Nutrisi terbesar yang dimiliki oleh buah delima adalah antioksidan, besarnya tiga kali lebih banyak daripada teh hijau. Antioksidan yang terkandung dalam buah delima, efektif dalam mencegah penuaan dini.  Wah, buah ini harus masuk list belanja bulanan, demi tetap awet muda. ;;)

Manfaat lainnya adalah ekstrak buah delima dapat mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari racun. Buah delima juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mensintesis kolesterol dan menghancurkan radikal bebas dalam system vaskular sehingga mencegah penyakit jantung.

Buah inipun memiliki kandungan asam folat (jenis vitamin B yang larut dalam air) yang tinggi.  Asam folat diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah sehingga dapat membantu mengurangi risiko anemia. Asam folat ini sendiri penting khususnya bagi ibu hamil karena dapat membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan janin, serta mengurangi terjadinya NTD (Neural Tube Defect).

Mengkonsumsi buah ini sangat menguntungkan bagi siapa saja, bila dilihat dari manfaat yang sudah saya tuliskan beberapa di atas. Namun bila dirasa mengkonsumsi buahnya agak merepotkan, mungkin bisa diganti dengan jus buah delima, rasanya pasti lebih segar. ;)

Source: Pentingnya mengkonsumsi asam folat

You Might Also Like

16 comments:

  1. Saya punya pohonnya delima. Masih kecil tapii. Jadi pengen rajin ngerawatnya...

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah makan buahnya. Minum jusnya sering. seger.

    ReplyDelete
  3. sering denger nama buah ini namun belum pernah pegang apalagi makan :P

    ReplyDelete
  4. Aku belom pernah lihat pohon delima, langsung, Ling. Buahnya juga kayaknya susah ya nyari di pasar.

    Untung ada jusnya ya, jadi nggak penasaran lagi rasa delima itu seperti apa.

    ReplyDelete
  5. @danirachmat huo punya pohonnya? :O
    Cuman pernah beli buahnya di supermarket, itu juga jarang ada sih. :/

    ReplyDelete
  6. @adiitoo aku pernah dua-duanya dan suka semua \o/

    ReplyDelete
  7. @bateraihpku
    Coba jelajah pasar dan supermarket :D

    ReplyDelete
  8. @isnuansa
    buahnya memang musiman, tapi ya kalau udah ada jusnya memang lebih praktis ;)

    ReplyDelete
  9. Kunjungan balik^^

    belakangan sejak delima dijadiin minuman dan iklannya banyak beredar di tv, nih buah jd hits banget ya^^

    jarang liat delima merah kayak diatas~~

    ReplyDelete
  10. wah baru tau saya akalau delima bisa bikin awet muda

    ReplyDelete
  11. Wah, tetangga ada yang punya pohonnya nih, tapi belum pernah kebagian buahnya.. :D #curcol

    ReplyDelete
  12. Wah, rasanya kayak apa, ya.... Belum pernah nyoba.... :D

    ReplyDelete
  13. saya udah lama banget gak makan delima :)

    ReplyDelete
  14. @mpokb coba minta langsung ke yg punya :)))

    ReplyDelete
  15. wow delimanya warnanya menggoda mbak

    ReplyDelete
  16. Wah ternyata banyak sekali ya...manfaat buah delima.... terimakasih infonya...salam kenal semuanya.

    ReplyDelete