#5thnKojak,

Ketika Online menjadi Offline

Sunday, December 15, 2013 Linda Leenk 7 Comments

source
Sudah hampir 2 tahun saya tinggal di ibukota, seharusnya sudah hafal jalanan Jakarta namun saya sampai hari ini masih tetap mengandalkan peta. Peta berguna sekali ketika berada di sini, mengingat Jakarta itu luas banget. Saya terbiasa mengandalkan jalur bis transjakarta, dan taksi untuk menuju ke suatu tempat di Jakarta. Untuk bis dan angkutan lain saya masih belum berani, pengalaman banyak copet dan teman-temannya cukup membuat saya menjaga jarak dengan alat transportasi ini. :|

Ketika ditanya, tempat yang paling sering saya kunjungi di Jakarta, jawabannya adalah mall. Saya sering ke mall, meski hanya window shopping deket soalnya sama tempat tinggal. Kalau tempat yang recommended untuk berkopdar-ria di Jakarta, pikiran saya langsung menuju ke beberapa tempat. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan tempat kopdar salah satunya adalah, cuaca. Saya lebih memilih kopdar outdoor seperti taman atau pantai ketika cuaca Jakarta lebih sering panas ketimbang hujan. Tempat pertama yang saya rekomendasikan yaitu Ocean Ecopark Ancol. 


Seperti yang pernah saya tulis di sini. Taman ini memiliki banyak zona yang bisa dinikmati dari anak kecil hingga dewasa. Transportasi menuju ke sini bisa menggunakan bis TransJakarta atau kendaraan pribadi. Biaya masuknya pun hanya ditarik ketika memasuki kawasan Ancol, kalau Ecoparknya sih gratis. Ocean Ecopark Ancol ini luas dan memiliki beberapa zona seperti Eco Care, Eco Nature, Eco Art dan Eco Energy. Taman dengan pepohonan yang cukup rindang serta indah dan sinyal XL di sini kenceng, tetep bisa pamer keriuhan kopdar ke media sosial tentunya.
source
Kopdar tamannya sendiri bisa dibuat lebih menarik dengan diadakan arisan bagi anggotanya, menentukan tema pakaian yang dipakai, potlucknya pun bisa ditentukan, terbayang serunya. Kita bisa menentukan tema dari warna pakaian, atribut pakaian yang harus dipakai, atau hal imajinatif lainnya. Kopdar taman itu kurang lengkap tanpa acara memakan bekal, bekalnya ini bisa ditentukan dari awal. Semisal ingin membuat semacam 'rujakan'. tentukan siapa bawa sambel, buah, kerupuk,minum sampai gorengannya. Atau bisa juga dibuat tema potlucknya yaitu jajanan pasar, makanan ini juga ga harus masak sendiri kok, beli juga ga papa. Acara kopdar bisa diisi dengan permainan, membaca buku, mengelilingi taman dengan sepeda atau mendengarkan dongeng (melirik grup yang kemarin didongengin mamah wiek), merenung di depan danau buatan juga bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan selama kopdar.  

Kopdar ecopark kemarin, masih belum puas main-mainnya >.<

Tempat kopdar outdoor kedua yang saya rekomendasikan adalah Monas. Kapan terakhir kali kamu kesini? Saya sih sudah lama sekali ga pernah kesini, deket sih sebenarnya dari tempat tinggal saya. :| 

Monas atau Monumen Nasional ini merupakan icon Jakarta, lokasinya mudah dijangkau dari berbagai penjuru. Di sini kita bisa kopdar museum dan taman sekaligus, bahkan kalau mau melipir ada Museum Gajah di dekatnya. Wisata seharian ngelilingin Monas pun bisa, tapi pegel. :))

peta Monas dan Museum Gajah
Wisata di Monas ini juga bisa dikonsep wisata museum dan potluck. Kopdar diawali dengan menentukan meeting point, karena Monas ini luas. Tentukan titik pertemuan pas di sekitar tugu monumen supaya lebih mudah. Setelahnya kita bisa masuk ke Museum Nasional yang berisikan diorama tentang perjuangan bangsa Indonesia. Selanjutnya kita menuju pelataran bawah Monas, melihat taman rindang disekeliling monumen, bisa sekalian untuk menentukan lokasi gelar tikar selesai dari tour Monas. Jika masih penasaran dengan Monas, bisa melanjutkan ke pelataran puncaknya. Namun biasanya kalau hari libur tempat ini lumayan ramai.

Lelah setelah berkeliling, saatnya gelar tikar di lokasi yang telah dipilih tadi. Pilih taman yang banyak pohon rindangnya, dan mulailah acara inti dari kopdar. Tukar kado, tukar oleh-oleh, tukar-pinjam buku, arisan dan saling mencicipi makanan yang dibawa oleh peserta kopdar. 

Yang paling menyenangkan dari kopdar di taman yang luas adalah, kita tidak perlu takut kehabisan tempat untuk berkumpul karena berebut dengan pengunjung lain. Taman yang luas, banyak yang bisa dilakukan dan dilihat. Bersepeda, guling-guling di rumput, main ular tangga, dan manjat pohon banyak kegiatan lainnya.
source
Namun bagaiman kalau cuacanya labil tiba-tiba suka mendung dan hujan seperti sekarang?
Rekomendasi saya adalah Food Avenue yang ada di Lotte Shopping Avenue. Menuju ke mall satu ini memang rada repot, karena jalanan menuju ke sini biasanya macet banget. Tapi begitu sudah masuk ke dalam, tempatnya lumayan luas dan yang menyenangkan adalah tidak terlalu ramai (kecuali ketika ada event besar tertentu yang diadakan di mall ini). Akses untuk parkir kendaraan juga cukup mudah, ramah mobil dan motor.

source
Banyak kursi disediakan untuk pengunjung lelah setelah berkeliling, ada sofa-sofa panjang berbentuk bibir di beberapa tempat, ada kursi dan meja dengan miniatur gadget diatasnya. Saya sendiri baru dua kali ke mall ini, dan yang terakhir kemarin diniatkan keliling karena ingin tau isinya. Food avenue ini terletak di lantai 4, pilihan makanan banyak. Untuk yang membawa anak kecil, satu lantai dibawah Food Avenue ada semacam playground (?) tempat bermain untuk anak-anak. Btw XL center juga ada lho di mall ini.
source
Lalu kesimpulannya tempat paling seru buat kopdaran itu dimana? Tergantung waktu dan kondisi, kalau ingin kopdar seharian dan cuaca mendukung, tempat-tempat seperti taman dan museum adalah tempat yang paling seru untuk dikunjungi. Namun ada kalanya pingin kopdar, tapi masing-masing susah untuk meluangkan waktu, belum lagi cuaca yang suka tiba-tiba hujan deras. Tempat seperti warung makan, resto atau mall sepertinya cukuplah buat kangen-kangenan ngobrol ini itu. Sering mengobrol di online tapi tetap, ngobrol dan bertemu secara offline-lah yang paling berkesan. Jadi kapan kita kopdar hore-hore lagi? ;)

Postingan ini sengaja dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Ulang Tahun ke 5 Kopdar Jakarta. Happy berteman Online Offline! \o/




You Might Also Like

7 comments:

  1. Suka deh dengan tulisan mbak linda
    Mengalir seperti air
    Kalau aku baru setahun mungkin sudah hafal kalau busway ;)
    Btw setahun juga disini tapi belum ke anvil juga
    Kayaknya seru banget

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya hafal jalur busway, tapi hanya yg sering digunakan.
    Selebihnya masih blank, nama daerah ujung-ujung Jakarta saja saya belum hapal. :|

    ReplyDelete
  3. Kemaren kami baru aja kopdaran... Tp d mall aja... Untung sih, soalnya seharian ujan.. Hehehe

    -salam kenal-

    ReplyDelete
  4. Hai dodo
    Kemarin malah saya bersih-bersih CFD meski hujan gerimis itu ;)

    ReplyDelete
  5. saya malah belom pernah ke ecopark, padahal anak2 saya udah 2x kesini :D

    ReplyDelete
  6. @keke
    Wah kudu nyobain kesini mbak, seru :D

    ReplyDelete
  7. Wah Lotte shopping itu sudah buka ya.....wah kudu pulang nih buat nyobain :)

    ReplyDelete