cleaneating,

Berkenalan dengan "Clean Eating"

Sunday, March 23, 2014 Linda Leenk 23 Comments

Sudah hampir enam bulan ini saya selalu memasak sendiri bekal untuk ke kantor, bekalnya bisa random dari roti sampai buah. Dan sekitar tiga bulan terakhir ini saya mencoba untuk clean eating. 


Clean Eating is about enjoying fresh, whole and organic foods- not processed foods with ingredients you can not pronounce. ~TheHealthyApple.com

Clean eating adalah tentang menikmati makanan yang alami dan tidak banyak di proses. Ini tentang menikmati makanan yang membuat badan terasa lebih sehat. Makanan yang dikonsumsi biasanya lebih memperbanyak porsi buah, sayuran, gandum utuh, protein tidak berlemak dan menghindari makanan kalengan serta masakan siap saji.

source
Untuk memulai clean eating harus dengan motivasi dari dalam diri sendiri, apa motivasinya? Bisa karena ingin menyembuhkan atau terhindar dari penyakit. Clean eating juga bisa dianggap diet dengan cara lebih sehat. Bonus dari menjalankan clean eating ini adalah berat badan berkurang, kulit jadi terlihat lebih cantik, badan jadi lebih terasa enteng. Bagi saya yang sering sakit ini, daya tahan tubuh lebih kuat setelah menjalankan clean eating.

Menerapkan pola makan lebih sehat tidak bisa langsung drastis mengganti semua makanan yang biasa dimakan dengan menu baru.  Harus perlahan-lahan, agar badan juga tidak kaget. Semisal dengan seminggu pertama berhenti total makan makanan siap saji. Minggu kedua dengan mengilangkan nasi dari menu harian, atau bisa diganti dengan beras merah serta mengganti roti putih dengan roti gandum. Selanjutnya badan akan lebih mudah beradaptasi dengan pola makanan sehat ini. Cara termudah agar tidak cepat bosan adalah dengan memasukkan satu jenis buah atau sayuran baru ke dalam menu makanan tiap minggunya. Coba gunakan alpukat sebagain pengganti mentega untuk ditambahkan ke roti panggang. Mengganti keripik dengan camilan lebih sehat, semisal ubi jalar atau bisa mencoba edamame

Badan yang sudah terbiasa dengan pola makanan sehat ini nantinya akan lebih sensitif terhadap makanan yang dianggap mengandung zat yang kurang baik untuk badan. Saya sendiri merasakannya ketika membeli makanan terlalu manis, atau terlalu banyak menggunakan micin. Namun bukan berarti saya sama sekali ga jajan sih, kadang saya membolehkan diri saya untuk wisata kuliner meski porsinya tidak terlalu banyak dan besoknya kembali ke pola makanan sehat lagi. 

Jadi sudah sehatkah pola makan kamu selama ini? ;)


You Might Also Like

23 comments:

  1. waktu hamil kmrn sempat rajin minum raw green smoothies, tapi sekarang2 lupaa ~.~"

    ReplyDelete
  2. Linda... hambok share resep2 makanannya... aku lagi pengen nyoba2 diet yang cocok nih...

    ReplyDelete
  3. @fenty waw...
    Aq msh doyan nyamil sayur mentah sih..jd blm tertarik dgn smoothies
    @fairyteeth beberapa udh aq post kok soal resep makanannya.. search labelnya aja.

    ReplyDelete
  4. Belom sehat nih pola makan yang sekarang dan yes, pasti banyak banget alasan. keinginan sih selalu ada. Huehehehe.

    ReplyDelete
  5. lebih sehat dan bersih yakalau bawa bekal sendiri

    ReplyDelete
  6. wah brarti saya nggak boleh ikutan clean eating juga dong ya? Soalnya nanti berat badan berkurang, yang ada malah tambah kurus nantinya... :(

    ReplyDelete
  7. Harussss banget mulai nerapin ini. Pengen kurus.. Hihihi.. :p

    ReplyDelete
  8. pingin bisa clean eating, tp godaan makanan berlemak melambai2

    ReplyDelete
  9. harus di kombinasikan dengan vegetarian, kalau tidak ya percuma saja... (kolestrol)

    ReplyDelete
  10. @Danirachmat harus dicoba, demi hidup lebih sehat.
    @lidya bener banget...
    @Miftah boleh donk, kan kalau kamu clean eating buat lebih sehat badannya
    @beby kurus itu bonus, tujuan utama ya sehat

    ReplyDelete
  11. @Dian kalau sudah terbiasa, makanan berlemak udah ga terlaly menggoda sih. Sesekali boleh, tp habis itu ya balik ke pola makan awal
    @Taricici Tergantung kebutuhan sih, kalau udah nyoba clean eating, otomatis terjaga sih ini itunya. Termasuk kadar kolesterol.
    Kan yg makan jg lemak sehat, dan porsi yg cukup.

    ReplyDelete
  12. aku biasa masak sendirimbak, jd jarang makan siap saji deh, makan nasipun jarang bgt , sdh kebiasaan, kl sekali makan nasi bawaannya malah ngantuk mulu :)

    ReplyDelete
  13. Kalau disini sih karena mesti masak sendiri (soalnya makan di luar mahal sih, huahaha :D ), jadinya masih bisa deh mengontrol makanan yang kita makan, hehehe :) . Nggak tahu sih apakah pola makanku bisa tergolong "clean eating"; tapi memang sedapat mungkin aku berusaha mengatur apa yang aku makan, hehe :)

    ReplyDelete
  14. Pengen nyoba tapi ntar badan jadi sensitif kalau makan yang agak jorok. Pengennya sih makan apa aja tapi tetep sehat. =))

    ReplyDelete
  15. Kemaren sempat ikutan runners camp, konsultasi sama dokter spesialis olahraga, nah, ternyata katanya gak ada bedanya kok makan nasi putih ato merah ato bahkan mi sekalipun. asal bukan mi instan, alias mi basah. dan tidak digoreng. tapi mungkin memang bukan clean eating, namun tetep oke untuk sumber energi dalam berlari.

    justru beras merah kurang bagus, karena sulit diserap karbohidratnya. efeknya, tubuh akan kekurangan karbohidrat yang akan digunakan sebagai energi dalam berolahraga. nah!

    ReplyDelete
  16. @adhams
    Mungkin beda orang beda badan jd beda efek kali ya
    So far aku ga masalah sm tanpa nasi putih, dan diganti nasi merah.
    Atau malah pakai pengganti sumber karbohidrat yg lain, yang penting 1 hari ga lebib dr 1200cal :))

    ReplyDelete
  17. @chika Aku masih bisa makan jorok (jajan pinggir jalan) asal bukan di Jakarta.
    Kalau terbiasa di jalan, debu, udara dllnya Jakarta aja udah bikin kulit kering.
    Jadi jajan itu hanya di tempat selain Jakarta kalau buat aku :))

    ReplyDelete
  18. Nah, itu dia. Kalau untuk obese, memang lebih baik nasi merah, karena memang mau ditekan tingkat konsumsi karbohidratnya. tapi ya itu, penekanan konsumsi untuk membuang "kalori tertimbun" juga tidak optimal kalau pembakaran kalorinya juga tidak ditingkatkan. dan yang paling penting, sebelum mempersiapkan menu makanan, perlu diukur juga kebutuhan nutrisinya. jangan sampai nutrisi yang dikonsumsi tidak mencukupi untuk aktivitas.

    ReplyDelete
  19. Pola makan? Hmm... 3x sehari plus sarapan pagi, dengan berat badan yang stabil, kurasa sudah sehat. Kalo ada nyokap hampir selalu makan nasi merah (dicampur beras putih juga sih). Roti juga pasti roti gandum. Mie instant 1-3x seminggu daripada lapar. Keripik gak pernah makan. :))

    ReplyDelete
  20. @adhams iyes, tetap harus seimbang. Aq ini combine sm olahraga ringan tiap pagi jg sih :D

    @jensen
    Demi badan lebih sehat, makanan rumahan jg lebih enak, lebih terjamin kebersihannya

    ReplyDelete
  21. Saya juga sudah menghilangkan nasi dari menu saya tiap hari kalo makan di rumah. Lebih banyak brokoli, tahu dan ikan. Terasa banget memang efek nya. Jerawat ilang :D Berat badan juga turun banyak.

    Ternyata ada teman juga ndak makan nasi :D

    ReplyDelete
  22. Godaan makanan yg terlihat lebih enak paling susah buat di hilangkan -_-

    ReplyDelete