bukalapak,

Belanja dan Berjualan Online dengan Bukalapak

Wednesday, August 27, 2014 Linda Leenk 18 Comments

Siapa yang di sini belum pernah belanja online? Pasti pernah kan ya, apalagi dengan makin menjamurnya website e-commerce yang semakin memudahkan penggunanya untuk menjual dan membeli barang. Fenomena besarnya pengguna internet di Indonesia ikut mendukung perkembangan bisnis online tersebut. Namun tetap selalu ada yang perlu diwaspadai dengan kemajuan seperti ini, karena orang yang berniat jahat entah sebagai penjual/pembeli nakal selalu saja ada.

Menjual dan membeli barang secara online kunci utamanya adalah trust. Membangun kepercayaan ini yang tidak mudah, dan butuh waktu. Sekarang ini ada beberapa portal e-commerce yang terpercaya dan menawarkan semacam kemudahan bagi para penjual dan pembeli tersebut. Kemudahan tersebut adalah portal e-commerce yang memudahkkan baik si penjual untuk memajang dagangannya, serta fasilitas semacam rekening bersama untuk bertransaksi, mereka berperan sebagai pihak ketiga yang menjembatani antara si penjual dan si pembeli, salah satunya Bukalapak.

Bukalapak ini menjelaskan dengan detail bagaimana cara kita berbelanja, berjualan, juga bagaimana mencairkan dana hasil penjualan kita. Sampai hari ini belum ada sih transaksi saya yang mengecewakan, asal saat pesan kita menulis notes ke penjualnya. Contohnya kemarin saat memesan case untuk note saya, di keterangan saya tulis warna yang saya minta, dan bila tidak ada minta untuk dikonfirm ulang. Hari berikutnya si penjual mengontak saya dan mengabari bahwa stok yang diminta habis.(sedih bukan kepalang) T~T

Lalu bagaimana semisal kita pesan, bayar dan barangnya tidak ada? Ada fasilitas buka dompet, fungsinya semacam deposit. Jadi uang kita dikembalikan ke buka dompet tadi dan bisa digunakan untuk belanja di toko lain yang ada di bukalapak. Saya sudah bukalapak juga sih di sini, tapi jarang promoin jualan sendiri karena sebagian besar kepajangnya di sini. Ayo dibeli dagangan saya! \o/ #lho :))

Kamu sudah mencoba transaksi di bukalapak?

Sudah ada di apps store

isinya 
baca juga: Keuntungan menjual di Bukalapak.

You Might Also Like

18 comments:

  1. saya lumayan sering transaksi di bukalapak kok, terutama pas beli part sepeda
    emang bukalapak terkenal di kalangan pesepeda karena jualan part disitu lumayan lengkap, baik baru maupun bekas :D

    ReplyDelete
  2. hehehe....ternyata kita sama2 berjualan ya ^_^

    ReplyDelete
  3. wah saya baru tau ada bukalapak

    ReplyDelete
  4. wah saya baru tau ada bukalapak

    ReplyDelete
  5. meluncur ah kesana pingin ngintip

    ReplyDelete
  6. Hahaha, belum pernah denger tentang Bukalapak ini sebelumnya :)

    ReplyDelete
  7. om @warm iya aku juga sering beli keperluan musholla di sana :D

    ReplyDelete
  8. @putri kamu jualan apa di sana?

    ReplyDelete
  9. mbak @lidya borong dagangan sayaaa donkk *tarik2 baju*

    ReplyDelete
  10. @Zilko kamu mah jajannya bedaaaa :))

    ReplyDelete
  11. saya jualan vcd pembelajaran anak bu, trs ada juga kerajinan,sama baju muslim

    ReplyDelete
  12. berkunjung kemari, wah segera ke tkp penasaran kaya gimana sih hehehe, o iya ditunggu kunbalnya mbk

    ReplyDelete
  13. saya lihat ternyata buka lapak luamyan komplit juga ya, dan terjamin juga ya kalau barang tdk sampai uang bisa kembali

    ReplyDelete
  14. @putri minta link donk..
    Pingin liat-liat jualannya :D

    ReplyDelete
  15. wah baru tau nih.. nanti coba melipir kesana ah buat liat liat. siapa tau ada yang menarik

    ReplyDelete
  16. @Goiq banyak yg menarik, tp ya hati-hati biar ga kena zonk -_-

    ReplyDelete
  17. Sejak ada BL, jadi males belanja (iya belanja, jarang jualan karena nggak ada yang mau dijual) ke online store atau forum jual-beli lain. Yang paling bikin nyaman itu, fitur Dompet. Kita bisa topup dompet kita dengan nominal semau kita. Ini sangat memudahkan kita karena setiap berbelanja, tinggal memotong saldo di 'Dompet' kita tanpa harus repot-repot transfer. Tidak ada waktu yang terbuang menunggu konfirmasi transfer juga. App-nya untuk Android handset juga sangat memudahkan, karena ada fitur Push Notificatopn-nya. Sangat menunggu app-nya bisa diunduh juga di (Apple) App Store.

    Namun baru saja mengalami hal yang kurang mengenakkan saat belanja di Bukalapak. Beli barang dan sudah dikirim sejak tanggal 21 Agustus 2014 hingga saat komentar ini ditulis, barang belum sampai juga ke tangan. Sungguh mengecewakan, sang seller memilih jasa pengiriman Wahana, padahal saat membeli, jelas-jelas yang dipilih adalah jasa pengiriman JNE Reguler. Sudah beberapa kali mengirimkan pesan komplain ke seller, tidak pernah ada tanggapan. Komplain ke CS Bukalapak baik melalui email maupun melalui Twitter juga jawabannya hanya default minta nomor transaksi, lalu disuruh menunggu barang yang masih dalam proses pengiriman. Lalu disuruh juga menghubungi Wahana langsung. Lha gimana ngontaknya? Lha wong nomor CS Wahana di web-nya nggak ada yang aktif. Via email juga nggak pernah ada respon. Semoga bakal ada tindakan dari BL untuk seller yang nakal seperti ini. Semoga, karena BL sepertinya berpartner dengan Wahana (bisa dilihat di iklannya yang gedhe setiap buka web bukalapak.com). Lucu banget, lama pengiriman barang cuma dari Surabaya ke Jakarta, bisa lebih lama dari pengiriman barang dari Hong Kong pakai Economy Shipping.

    *ini komen kok malah isinya komplen ke Wahana*

    ReplyDelete
  18. kayaknya sekrg ada report negatif yg bikin seller ga terima duit kita itu sih

    ReplyDelete