lifestyle,

Persiapan Pernikahan- Step by step

Wednesday, February 11, 2015 Linda Leenk 17 Comments

Mempersiapkan pernikahan kadang terlihat rumit, sampai-sampai bingung mau memulai dari mana. Sebagian yang saya tulis di sini merupakan pengalaman waktu tahun lalu mempersiapkan pernikahan kami. Persiapan ini dilakukan setelah proses lamaran yaitu ketika pihak keluarga pasangan berkunjung ke rumah saya dan kemudian menentukan tanggal pernikahan.

Saat lamaran ini bisa sekalian diskusi mengenai bagaimana acara pernikahan yang diinginkan dari kedua keluarga, biasanya ada dua pilihan pertama pihak wanita dan pria masing-masing nantinya mengadakan pesta/ syukuran masing-masing, atau bisa juga pesta pernikahan cukup diadakan di satu tempat saja. Pernikahan merupakan penyatuan dua keluarga, dengan banyak kepala banyak keinginan juga. Beruntung calon besan saya menyerahkan seluruh persiapan pernikahan ke kami, beliau hanya nurut saja mau pestanya seperti apa. 

Kalau yang sudah tau ingin membuat pesta yang seperti apa, silakan mulai list daftar tamu undangan. Ini berguna banget buat memperkirakan lokasi pesta pernikahan. Atau bisa juga dibalik dengan menentukan dulu lokasinya dengan perkiraan kasar jumlah tamu undangan, namun nantinya tamu yang diundang pun terbatas dengan kapasitas lokasi pesta. Yang perlu diingat jangan hanya menghitung undangan tamu, tapi jumlah tamu karena biasanya mereka datang ke udangan membawa pasukan.

Selanjutnya tentukan budget, dan langsung bagi perbagian. Bikin pakai notes/ excell, atau mau pakai apps wedding planer juga bisa. Porsi besar biasanya ada di gedung, katering, perias dan dokumentasi.  Tentukan tema mau tradisional atau nasional, mau indoor atau outdoor, akan ada banyak ide di sini.
ada banyak pilihan wedding planner apps
Tentukan panitia, dan mulai pembagian tanggung jawab. Percayalah mendelegasikan setidaknya beberapa hal ke orang yang bisa dipercaya sangat membantu mengurangi stressnya persiapan. Saya sendiri karena sepupu dan saudara kebanyakan ada di luar kota akhirnya memilih untuk menggunakan wedding organizer. Setidaknya harapan saya saat itu adalah berkurangnya sedikit stress persiapan pernikahan, karena menggabungkan banyak ide dan menyandingkannya dengan budget tidaklah semudah yang terlihat.

Oh iya sibuk dengan persiapan pesta jangan sampai lupa mengurus dokumen menikah ya.Rincian per vendor akan dilanjut lagi, kepanjangan kalau ditulis dalam satu postingan. :))
Semoga yang sedang merencanakan pernikahan dilancarkan sampai hari besarnya. Tetap berdiskusi dengan pasangan, it help! :)

You Might Also Like

17 comments:

  1. Jangan lupa juga jaga kesehatan. Banyak dari temen gw yg akhirnya sakit setelah menikah karna kecapean

    ReplyDelete
  2. @cumi
    emberr
    btw sering ngobrol sm pasangan ini mengurangi stress dan capeknya masa persiapan tadi.

    ReplyDelete
  3. banyak yang harus dipersiapkan dalam pernikahan ya. Mengeluarkan segala apa yang ada :)

    ReplyDelete
  4. Hmmm pengen juga jadi ..... *wedding palnner* hahaha

    ReplyDelete
  5. Yang paling sibuk tuh pas malam pertamanya kan mbak? he...he....

    ReplyDelete
  6. @mbak Lidya
    Iya, energi dan berat badan terkuras :))

    ReplyDelete
  7. sibuk ya,, belum merasakan sih sesibuk apa.. hihi

    ReplyDelete
  8. @vanisa semoga segera merasakan kesibukannya

    ReplyDelete
  9. syukurlah aku udh ngelewatin step2 yg bikin stress plus pusing kepala ituuuu ^o^ ..inget bgt dulu srg ribut gara2 kita berdua beda2 pendapat...walopun ujung2nya jd akur krn resepsinya diadain 2x menurut adat :D...

    ReplyDelete
  10. Aaah,,, Mungjin itu hanya prasaAN Aja

    ReplyDelete
  11. Informasi yg komplit dan perlu :P

    ReplyDelete
  12. Ooo sudah selesai melewati 'step by step persiapan pernikahan ya... mantap uraiannya :P

    ReplyDelete
  13. Blognya bagus banget kak ^^ Semoga langgeng sampai maut memisahkan :)
    Selamat pagi kakak. :) maaf numpang promosi ya. ^^
    Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan dekorasi yang bagus tapi tetep dengan harga sesuai kantong anda?
    Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com dan http://dekorasipernikahanjogja.com/

    ReplyDelete