#LingTrip,

Menghemat Budget Liburan dengan Aplikasi Travelio

Saturday, August 29, 2015 Linda Leenk 76 Comments

Kemajuan teknologi smartphone berbasis Android dan mobile apps membuat aktivitas traveling tak lagi sama. Jika dulu harus memakai jasa travel agent, saat ini kita bisa merancang sendiri itinerary perjalanan sesuai dengan budget yang ada. Tiket pesawat ke luar negeri bisa semurah tarif dalam negeri, hotel berbintang bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. 

Menghemat-Budget-Liburan
Saat menunggu pesawat delayed kita bisa menawar harga hotel untuk menginap di tempat tujuan.

Sebagai pelancong kelas menengah yang sensitif terhadap harga, saya mengandalkan perangkat smartphone dengan mobile apps pencari tiket pesawat, voucher hotel, paket liburan maupun review lokasi wisata. Tujuannya buat menghemat biaya sehingga bisa memperlama liburan, mengunjungi lebih banyak tempat atau menambah uang untuk membeli oleh-oleh. Memilih hotel yang murah juga sedikit tricky, karena sebenarnya selisih harga antar aplikasi juga tidak terlalu banyak. Saya tidak pernah setia kepada salah satu mobile apps. Mana yang cepat, mudah, murah dan tidak banyak biaya 'siluman' akan saya pilih.

Ketidaksetiaan saya kepada mobile apps pembelian hotel berubah setelah tahu tentang TravelioMobile apps yang diluncurkan awal tahun 2015 ini memberi fasilitas yang kita-kita banget. Harga hotelnya bisa ditawar. Iya, kamu gak salah baca, BISA DITAWAR! Memang benar, Travelio memberi kemudahan bagi calon pengguna untuk menawar harga hotel. Asyik kan?

Travelio Sebagai Penawar Kecewa
Weekend yang lalu, saya sudah berencana untuk liburan ke Melaka dan Penang. Namun terpaksa batal dan harus merelakan hangusnya tiket PP Jakarta-Kuala Lumpur serta hotel. Demi menjaga mood yang sudah terlanjur ingin liburan, akhirnya kami berdua memutuskan mencari hotel yang nyaman untuk menghabiskan akhir pekan di Jakarta.

Kami ingin hotel yang bagus, tetapi budget terbatas dan berjodohlah kami menggunakan Travelio. Saya mencari hotel untuk lokasi DKI Jakarta. Muncul beberapa pilihan, namun mata saya tertarik ke Hotel Royal Kuningan. Lokasinya di tengah kota dan ada swimming pool yang keren. Yay!

Menghemat-Budget-Liburan
Setelah menemukan hotel yang cocok, klik "tawar sekarang". Perhatikan slider warna merah dan hijau, batas gradasi kuning dan orange menandakan tingkat probabilitas tawaran kita yang disetujui.

Klik-klik, Tawar, Deal.
Terima kasih untuk Lio, si maskot Singa, karena dia yang sibuk menawarkan hotel untuk kami. Saya cukup membayar IDR 519.500,- (Setelah dikurangi voucher IDR 100.000,-) atas sebuah kamar Deluxe dengan harga asli IDR 826.000,-. Butuh waktu menunggu untuk menerima voucher hotel, karena sistem pembayaran transfer yang saya lakukan harus dikonfirmasi terlebih dahulu oleh pihak Travelio.

Harga-Hotel-Bisa-Ditawar
Setelah tawaran disetujui, saya lakukan pembayaran via ATM (bisa credit card, atau internet banking loh!). Beberapa menit kemudian voucher terkirim ke aplikasi dan ditunjukkan ke resepsionis hotel. 

Karena penasaran, saya coba mengecek harga hotel Royal Kuningan di hari yang sama pada mobile apps pemesanan hotel lain, sebut saja A dan B, harganya mencapai IDR 800.000,-. Jadi terasa untung menggunakan Travelio karena mengetahui saya berhemat 300 ribuan untuk sebuah kamar Deluxe di hotel bintang 4.

Harga-Hotel-Bisa-Ditawar
Menghabiskan weekend di Hotel Royal Kuningan dengan Travelio.

Kamu pasti penasaran, harga hotel kok bisa ditawar? Langsung saja download Travelio. Bagi yang kebingungan mau memesan hotel yang mana, kamu harus install HelloLio by Travelio untuk punya asisten pribadi yang merekomendasikan hotel sesuai budget liburanmu. Atau sekadar tanya-jawab seputar pesanan di Travelio. Misalnya, sudah bayar tapi kok belum terima voucher? Sudah sampai di hotel tetapi pesanan belum terkonfirmasi di meja check-in? Ohya, serunya lagi harga yang tercantum di Travelio adalah harga jujur, tidak ada biaya siluman atau pajak tersembunyi. 

 Download Travelio                       

Secara umum pengalaman memesan hotel melalui Travelio sangat menyenangkan, karena kita bisa menawar langsung hotel dengan harga yang kita inginkan. Deg-degan juga melihat Lio yang seolah-olah sedang menelepon hotel untuk menawarkan hotel untuk kita. Tips yang harus diperhatikan, jangan menawar di garis merah, kemungkinan besar ditolak. Kalau mau agak spekulatif, cobalah di dekat-dekat garis orange-merah. Meskipun ini berarti kita harus menunggu beberapa saat untuk mendapatkan manual approval dari Lio. Kita bisa menawar berkali-kali sampai diterima, namun ada batas maksimal 10x menawar/hari.

Berhemat Cara Smart ala Travelio
Hadirnya Travelio mendukung prinsip tarveling hemat namun dengan cara yang smart. Menghemat budget hotel bukan berarti mengorbankan waktu istirahat dengan bermalam di kereta atau bandara. Dengan Travelio yang bisa ditawar tentunya kita bisa menentukan sendiri budget hotel sehingga dana bisa dimanfaatkan untuk budget lainnya. Misal saat saya liburan di Maldives, dengan menghemat budget hotel saya bisa ikut day trip ke resort mewah atau snorkeling di Samudera Hindia yang tarifnya bisa semahal semalam menginap di hotel. 

Menghemat-Budget-Liburan
Budget yang berhasil di hemat bisa untuk jalan-jalan lagi, atau belanja oleh-oleh. 

Di perjalanan berikutnya, demi menuntaskan kekecewaan gagal ke Melaka dan Penang, saya akan menghemat budget dengan memesan hotel di Travelio. Saya mengincar Casa Del Rio di pinggiran sungai Melaka yang di lapak booking hotel sebelah harganya mencapai IDR 2.000.000, dan saya tawar dengan Travelio seharga IDR 1.472.000 dari harga IDR 1.968.000,-. Sisa 500 ribu akan saya gunakan keesokan harinya menginap di The Baba House yang terletak di Jonker Street yang ternyata lagi-lagi bisa ditawar jadi IDR 406.500. Wah, masih ada sisa 100 ribu untuk jajan semangkuk Nyonya Laksa dan Sago Gula Melaka. 

Tertarik untuk mencoba? Ayo segera rencanakan perjalananmu lebih jauh dan lama, tentunya pakai aplikasi pemesanan hotel yang bisa ditawar, Travelio!

Psst: Ada voucher diskon IDR 100.000 yang bisa dipakai juga nih!
Menghemat-Budget-Liburan

You Might Also Like

76 comments:

  1. Pingin ngereview HelloLio sekalian, tapi ditulisan terpisah aja kali ya.

    Jadi menginap di mana ya weekend ini.
    *buka travelio*
    *nanya rekomendasi ke HelloLio dulu deh. :)))

    ReplyDelete
  2. waiki menarik!
    ke bali ah #hloh
    .
    eh feednya di set full doms
    *riwil*
    *ditendang linda*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho ini udah tak setting full kok, ga ada yg di belah :/

      Delete
  3. Travelio membantu banget ya mba :)

    ReplyDelete
  4. Kapan-kapan pingin nyobain Travelio mak... seru juga kayaknya nawar-nawar gitu.. hihi

    ReplyDelete
  5. waduh bisa berhemat banget, wajib di donlod nih untuk jaga-jaga mau ke luar :)

    ReplyDelete
  6. Wah, ada diskon kalo download appsnya ya, mak. asyiknya bisa berhemat lebih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mumpung lg promo.
      Bisa utk booking besok-besoknya sih

      Delete
  7. wah baru tahu neh tentang travelio, asyik juga kalau bisa nawar2

    ReplyDelete
  8. Baru tahu Mbak, kalau bisa ditawar sampai turun 300rban. Pasti membantu sekali untuk para Traveller.

    ReplyDelete
  9. lucu juga ya bisa tawar menawar hotel. Asyik banget aplikasinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Lidya, bisa ngirit biaya liburan

      Delete
  10. Pertaa ngerti Travelio dari akunnya mas Pradika, hemmm semoga semakin memudahkan bagi kita yang ingin nginap di hotel dan pake nawar :-D

    ReplyDelete
  11. beruntung tuh ada diskon kalo download appsnya :)

    ReplyDelete
  12. Baru tau nih ada booking hotel bisa pake ditawar. Bookmark deh kapan2 klo pas bepergian bisa pake travelio juga kayak Mb Linda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, jangan lup download.
      biar selalu dapet update promo-promonya travelio

      Delete
  13. Se4mpet pake travelio, dapat hotel di bali yg biasanya 400 cuman bayar 175 #Murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. WIH KEREN AMAT
      disc 50% ini mah :))

      Delete
    2. Eh kmrn aku nyobain juga buat di manado, tapi pilihan hotelnya ngak begitu banyak #Sedih

      Delete
  14. Selalu seru membaca artikel blogger traveller, btw header blognya bagus, Jogja Istimewa...

    ReplyDelete
  15. Eaaa, beneran bisa nawar? menarik buat di coba neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisaa..cobain deh
      itu ada yg udah testimoni dapet disc hampir 50%

      Delete
  16. Waaahhh...beda harganya lumayan banget ya mba...

    ReplyDelete
  17. Mbak, aku nyoba pakai Travelio kemarin, nginep di Jogja kena biaya 300 ribu untuk hotel yang harganya biasanya di Booking.com sampe 600an.

    Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh keren, diskonnya banyak ya :))

      Delete
  18. waah.. menarik yaa bisa nawar gituu :D

    ReplyDelete
  19. Aku baru tahu ada app ini..terimakasih review-nya, akan aku cek pastinya :)

    ReplyDelete
  20. What? Bisa ditawar? Oke fiks, bakalan nyoba deh nih. Emak2 denger tawar menawar langsung gesit. Makasih infonya, beneran baru tau nih Lin :)

    ReplyDelete
  21. jujur aja saya belom pernah pake aplikasi online buat pesen tiket, apalagi travelio yang baru tahu pas baca artikel ini. biasanya beli tiket hotel/pesawat ya manual, atau dibeliin kantor
    *gaptek euy

    tapi baca penjelasan lebar sama foto2 di artikel ini jadi tertarik buat coba2 download :)
    makasiiiih infonya

    ReplyDelete
  22. baru tau kalo bisa ditawar. cucok nih buat kaum perempuan kan apa apa ga sah kalo ga nawar.. :D

    thanks for share ya lind :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bangett
      dengan senang hati yah!

      Delete
  23. wih... bisa nawar juga ya..
    admin apps pasti punya harga net nih..

    ReplyDelete
  24. Wah, gimana ya, aku payah dalam hal tawar-menawar. Gak tega an. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kaka seratus ribu pun lumayan lho...
      bisa buat jajan :))

      Delete
  25. wah keren bener aplikasinya ...
    bisa travelling hemat banget nih ... thanks for sharing ...

    ReplyDelete
  26. baru tahu ada aplikasi yg bisa tawar-menawar...hebat :)

    ReplyDelete
  27. baru tahu ada aplikasi yg bisa tawar-menawar...hebat :)

    ReplyDelete
  28. Woww sadis,panjng banget tulisanya mbak,brapa hari ini slesai hahah

    ReplyDelete
  29. Sejak diperkenalkan awal tahun lalu, saya sudah cukup sering pake aplikasi ini.. beneran murah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren! aku baru mau dua kali pakai apps ini, telatt taunya
      tapi better late than never kan?

      Delete
  30. Aku dong sdh pasanya Travelio App..Tinggal nyari-nyari voucher muurah aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh harpelnas ini promonya KADOLIO disc 20%

      Jangan lupa dipakai

      Delete
  31. wah travellionnya yahud. aku udah download tapi belum mencoba sih. wehehehe.

    salam kenal kak :)
    benbernavita.com silahkan dikunjungi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicobain bopking, biar kerasa murahnya :)

      Delete
  32. untung juga ya make travelio, bisa nawar nawar. uang hadil penawarannya buat nambahin uang shopping deh haha

    ReplyDelete
  33. Aduh jadi pengen traveling kalo denger Travelio. Kapan, ya? *lirik bocah-bocah cilik* :D

    ReplyDelete
  34. hemat dan irit ya mba jadi tidak boros deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak, duit yg diirit bisa buat yg lain ;)

      Delete
  35. harus ada di hp ku nih. biar bisa irit

    ReplyDelete
  36. Nice Info Mba Lin, anyway mau follow blognya kok gak bisa ya? hahahha

    ReplyDelete