#LingTrip,

Menjajaki Negeri Singapura

Wednesday, August 05, 2015 Linda Leenk 59 Comments

Oke kita mulai dengan : pengakuan. Ini adalah cerita pertama kali saya ke luar negeri. Maklum, sejak kuliah sampai sebelum menikah, tidak diperbolehkan pergi jauh-jauh, apalagi sampai ke luar negeri. Akhirnya setelah ada pengawal resmi, petualangan pun dimulai. 

Memutuskan Singapore sebagai destinasi pertama bagi yang pertama ke luar negeri, tentunya dengan pertimbangan kemudahan serta jarak. Tiket penerbangan dari Jakarta pun tersedia dari maskapai kelas murah hingga kelas bisnis. Jarak yang cukup dekat sehingga tidak perlu lama-lama di udara. Selain tentu saja, godaan bahwa Singapore salah satu surga belanja membuat keinginan untuk ke Singapore tak perlu lebih lama lagi ditunda. 

Yay, Berangkat!
Dengan menggunakan maskapai Air Asia, kami berangkat dari Jakarta sore hari pada Januari 2015 lalu. Sekitar makan malam kami tiba di Bandara Changi. Kami menuju stasiun MRT yang terletak di Terminal 2 dengan menggunakan fasilitas skytrain yang tersedia gratis dari seluruh terminal di Bandara Changi. Bandara ini sangat ramah bagi pengunjung yang pertama kali datang, ada sangat banyak petunjuk arah, sehingga sama sekali tidak perlu bertanya.

Esplanade Singapore
MRT yang kami gunakan berangkat dari Terminal 2 Changi dan akan menuju ke Stasiun Aljunied. Stasiun ini adalah stasiun terdekat dengan hotel tujuan kami. Iya, kami menginap di Lorong Geylang yang ternyata adalah kawasan red-light district. Sehingga pemandangan kanan kiri cukup bikin risih. Sebelumnya kami menerima informasi bahwa di daerah Geylang banyak terdapat penginapan yang terjangkau dan aman, asalkan memilih lorong dengan nomor genap. Ternyata sama saja, baik genap maupun ganjil tetapi itu jalan tetap saja nyambung, jadi tidak bisa dihindari kita melihat berbagai penampakan di sana, mbak-mbak dengan pakaian minim di pinggir jalan. Keuntungannya, karena lokasi ramai sehingga aman berjalan sampai malam. 

Sebelum tidur, kami menyempatkan membeli kartu perdana untuk data internet di Seven Eleven terdekat. Kartu yang kami pilih adalah Starhub dengan biaya sebesar SGD 18 dengan nilai pulsa SGD 15. Nilai tersebut dapat digunakan untuk berlangganan internet selama 7 hari sebesar SGD 8 saja dengan kuota 2 GB. Lebih dari cukup untuk rencana perjalanan kami yang hanya 3 hari saja di negeri singa. (Sisa pulsa dan kartu sempat kami manfaatkan untuk kunjungan kami berikutnya ke Singapore-red.)

Wahana Permainan : Universal Studio Singapore
Karena waktu yang terbatas, kami hanya mengunjungi lokasi wisata yang umum saja di Singapore. Bagian yang utama tentu saja ke tempat paling populer yaitu Universal Studio Singapore (USS), wahana permainan milik studio film Universal tersebut memiliki wahana-wahana yang kita kenal melalui film, sebut saja Transformers, The Mummy, Battlestar Galactica, maupun Madagascar. Beberapa adegan atau karakter film dikreasikan ke dalam berbagai permainan atau atraksi. Battlestar Galactica misalnya adalah roller-coaster dengan tema film tersebut, dengan berbagai ornamen sesuai kondisi film mulai dari pintu masuk hingga hiasan. Namun untung saja wahana ini sedang ada perbaikan, sehingga kami tidak perlu susah-susah jantungan. Pilihannya kami hanya mengunjungi Transformers The Ride, Madagascar : A Crate Adventure dan Revenge of The Mummy. Sisanya; selain tidak tertarik, belum buka atau memang sedang ada show dan kami malas menunggu.

Foto template di depan Icon USS

Transformers The Ride merupakan wahana dengan roller coaster berisi sebuah mobil dengan isi 6 orang; wahana hyper-realistic 3 Dimensi, di mana kita seolah-olah sebagai Sam Witwicky dan Mikaela yang berada di dalam mobil, sedang terjebak di antara pertempuran para robot Autobots vs Decepticons. Jalan ceritanya mulai dari kita terjatuh dan diselamatkan Optimus Prime, lalu dioper ke Bumblebee, ditembak oleh para Decepticons, tersedot ke dalam mulut Devastator dan seterusnya. Suasana bahkan menyamai 4D kalau menurut saya karena kita benar-benar serasa berada dalam pertempuran tersebut, merasakan hawa panas semburan api dari ledakan, merasakan cengkeraman semakin kuat ketika kita terlempar dari gedung yang tinggi. Komplit sekali, bahwa termasuk jantung mau copot. Apabila dibandingkan dengan mengantri yang sangat panjang, wahana ini sangat patut dicoba oleh siapapun yang ke Universal Studio Singapore.    

Revenge of The Mummy adalah wahana berikutnya yang kami masuki setelah pertimbangan cukup lama, karena harus menitipkan tas di locker. Kami sudah menduga akan ada lempar-lemparan serupa seperti di The Ride, yang ternyata serupa tapi tak sama. Lebih mengejutkan karena banyak sekali tikungan tajam, putaran balik, dan track mundur dan semuanya berada dalam tempat yang sangat gelap. Sehingga harus hati-hati bagi yang memiliki penyakit asma atau jantung, sebaiknya menonton saja dari luar. Karena di luar bangunan Ancient Egypt tempat pertunjukan berlangsung, ada atraksi-atraksi dari penari dengan baju mirip Ratu Cleopatra, atau rombongan Anubis (Dewa Kematian) -berwujud manusia berkepala anjing gurun- yang sering berkeliling mengagetkan pengunjung. Kita bisa berfoto dengan mereka, dengan gratis tentu saja. Ohya antrian untuk masuk ke wahana ini cukup ramai dan panjang, silakan dipertimbangkan waktu yang kamu punyai.



Madagascar ini adalah wahana yang sangat cocok untuk anak-anak atau sebagai penawar setelah ketakutan keluar dari The Mummy. Wahana dengan soundtrack "i like to move it", tentunya membuat suasana sangat ceria dan ingin bergoyang. Permainannya sangat sederhana, hanya menyusuri sungai dengan sebuah kapal berisi 12 orang. Kita akan mengikuti perjalanan Alex, Marty, Gloria dan Melman saat terbawa dalam peti kayu di lautan. Ada sebuah kejutan dari King Julien di akhir tikungan. Siap-siap basah, aja!

Belanja oleh-oleh
Tidak wajib memang untuk membawa oleh-oleh selepas bepergian. Tetapi tidak ada salahnya membawakan untuk orang-orang tercinta di rumah. Khusus merchandise Universal Studio, kita bisa membeli di pintu keluar setiap wahana permainan di USS untuk mendapatkan koleksi sesuai wahana. Atau di pusat merchandise saja di dekat pintu masuk USS. Ada banyak sekali karakter yang tentu saja berasal dari film yang diproduski oleh studio film Universal, seperti Minions, Transformers, dan sebagainya. Selain itu juga terdapat kaos dan gantungan kunci khas USS yang sebaiknya kamu beli, walaupun hanya 1 untuk dirimu sendiri sebagai kenang-kenangan.

Bugis Street - salah satu tempat belanja oleh-oleh yang sebaiknya kamu kunjungi dalam perjalananmu ke Singapore. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh terutama kaos, gantungan kunci dan souvenir lain yang bercirikan Singapore. Lokasinya berdekatan dengan MRT Bugis, dan Bugis Junction. Harga souvenir hampir sama dengan lokasi oleh-oleh lain seperti Chinatown atau Little India (Mustafa Center). Outlet yang menarik dikunjungi di sekitar Bugis Street adalah outlet Uniqlo. Sampai malam hari, banyak sekali anak muda nongkrong di sekitaran Bugis Street.

China Town - selain oleh-oleh kenapa Chinatown harus dikunjungi karena suasana dan atmosfer yang menyenangkan berada di Chinatown. Ada salah satu tempat favorit saya membeli gantungan kunci yang saya yakin termurah di Singapore : SGD 10 dapat 36 keychain! Selain itu juga, di lokasi ini ada pusat merchandise The Tintin Shop (Alamatnya di 28 Pagoda St, Singapura). Hal lain yang patut dikunjungi adalah Sri Maha Mariamman Temple  yang terletak di ujung jalan utama Chinatown. Salah satu catatan menarik bagi saya tentang Chinatown ini adalah pesan toleransi yang diwujudkan dengan berdampingannya nama jalan menggunakan nama tempat beribadah agama, Mosque St-Pagoda St, dan Temple St.

shopping di China Town

Anchorpoint - pusat belanja berlokasi di Alexandria Rd. (depan IEKA) ini adalah tempat barang-barang branded seperti Charles & Keith, Cotton On, dan merk terkenal lainnya yang konon banyak dijual berbagai barang dengan harga sangat miring. Memang murah sih, hanya saja kalau mengincar mode terkini pasti kecewa. Karena memang namanya juga cuci gudang, sehingga stok pun tersedia terbatas, dengan ukuran yang tidak lengkap. Anchorpoint juga memiliki foodcourt yang terletak di basement, menu favorit pengawal saya adalah nasi goreng nanas khas Thailand, yang membuat Anchorpoint menjadi kunjungan wajib berikutnya.     

Transportasi yang digunakan
Selama berada di Singapore kami menggunakan transportasi umum yang tersedia sangat baik di sana, baik MRT maupun Bus. Dengan bantuan dari aplikasi SingaporeMaps (Street Directory) yang sangat lengkap memandu kami dari satu titik ke titik lainnya. Fasilitas transportasi umum ini dapat diakses dengan mudah oleh turis seperti kita dengan membeli Singapore Tourist Pass dengan harga 30 SGD berlaku 3 hari dengan jaminan 10 SGD yang rapat kita refund pada saat kartu dikembalikan. 

Akhirnya, kepulangan...
Liburannya harus diakhiri, karena sudah harus masuk kerja keesokan harinya. Singapore belum lah selesai dieksplorasi sampai ke sudut-sudutnya. Namun kesan bagi saya, negara ini patut dikunjungi karena dalam waktu singkat saja bisa ke beberapa tempat sekaligus. Selain karena memang negara ini tidak luas, fasilitas transportasi publik juga lengkap sehingga sangat memudahkan bagi para pelancong, bahkan yang baru pertama kali ke sana. Kami pulang ke Indonesia dengan pesawat Air Asia, setelah sebelumnya meninggalkan jejak di Social Tree Bandara Changi yang semoga bila berkunjung lagi bisa dilihat kembali.

Social Tree Bandara Changi

Tempat yang belum sempat dikunjungi (Daftar kunjungan selanjutnya)
  • Patung Merlion (masih renovasi, merlion berselimut plastik)
  • Garden by the Bay
  • S.E.Aquarium
  • Madamme Tussauds
  • Orchard Road
  • Japanese & Chinese Garden
  • Singapore Flyer
Berikut kumpulan beberapa foto selama di Singapore:


...
Tulisan tentang Singapura lainnya bisa dibaca di sini.

You Might Also Like

59 comments:

  1. singapore emang menyenangkan.. buat jalan2, buat makan2, buat shopping2... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru sampai pada tahap enak buat jalan-jalan, buat jajan-jajan =))

      Delete
  2. next ke Spore coba ke botanical gardennya, luasssss dan asik bgt buat piknik santai bareng pasangan hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa piknik, oke ntar ditambahin di list
      makasihh

      Delete
  3. Transformer the ride yang paling keren sih pas terakhir ke sana yang mana adalah dua tahun lalu. Hihihihi. Kemaren April kami ke sana dan explore nature based tourist spotnya. Kebon binatang dan garden by the bay. Emang enak buat jalan di sana ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, negaranya udah tertata banget. Jadi nyaman mau jalan disana :))

      Delete
  4. Wah senangnya ke SGP. Sudah lama sy tidak kesana. Dulu bolak balik kesana krn pekerjaan, sempat tinggal sebulan juga tp jalan2nya minim krn nggak sempat :(

    ReplyDelete
  5. Wah aku gak diajakin ke Spore nih!

    ReplyDelete
  6. huhuhu.. aku belum kesampean juga nyicipin nasi minyaknya Air Asia. Order langsung kehabisan. udah pre order pun ternyata ngga ada.. sedih :(

    ReplyDelete
  7. wah... singapure ey.. aku ikut dong boleh gak hahah

    ReplyDelete
  8. agustus tar niat nya mau ke singapura ehhh taunya ongkosnya abis buat dana tak terduga.... padahal mau nyobain rollercoster nya #sedihh

    ReplyDelete
  9. Sama, Mbak. Pertama keluar negeri ya ke Singapura ehehehehe asyik. Bersihnyaaaaa, asyik pokoknya. Btw, destinasi kita di sana hampir sama. Pasti semua turis juga ke sana, sih :p

    ReplyDelete
  10. Aku pun pertama kali ke Singapore dan sempet norak & takjub waktu lihat Changi hehehe...

    Duh pengen banget ngajakin anak2 ke Universal niih...
    Antara ke sini atau legoland nya Malaysia sih..entahlah mana yang lebih murah bhahaha...*murahan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok kalau udh punya anak jg pingin ke legoland :|

      Delete
  11. pasti banyak robot yah di Sci Fi City

    ReplyDelete
  12. seru perjalanannya ya
    pingin kesana :)

    ReplyDelete
  13. Duh pengen banget bisa kesana juga, tapi belom ada rejekinya hehe. Nice sharing bak lina :D

    ReplyDelete
  14. Seru ya singapur, pengen banget naik singapore flyer dah :(

    ReplyDelete
  15. wah udah lama banget gak ke spore, pst udah banyak berubah ya 3 thn trakhir ini.

    ReplyDelete
  16. semoga suatu saat nanti bisa ke sana hehe

    ReplyDelete
  17. Singapura memang cocok buat kita-kita yang baru mulai melakukan perjalanan. Ramah sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. transportasi umumnya itu lho, gampang banget

      Delete
  18. gak afdol kalo gak belanja oleh-oleh ya

    ReplyDelete
  19. Jadi pengen... pengen nikah juga biar bisa ke Singapura hehe

    ReplyDelete
  20. kalo ke singapur, aku cuma mw main g max reverse bungy dan giant swing ^o^...cobain mbaa...itu seruuuu abiiis dan naikin adrenalin bgttt.. cocok utk ilangin stress ;)

    ReplyDelete
  21. wah ke singapur....:), belum pernah pergi kesana

    ReplyDelete
  22. Apalah kamu jalan2 mulu.. Aku kapan itu mau ke singapur aja gagal.. :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. segerakan punya suami biar bisa punya alasan jalan-jalan :3

      Delete
  23. Akhirnya Linda bisa jalan-jalan ke luar negeri. *terharu*

    ReplyDelete
  24. Berangkat lagi kaak... MBS malam hari cantik lo :)

    ReplyDelete
  25. suatu saat saya akan menyusul ...tapi dalam mimpi ...he...he...

    ReplyDelete
  26. aaahh...Singapura pastinya ngga cukup sehari untuk di jelajahi yaa..nice trip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga cukup, tapi dicukup-cukupkan kalau memang cuma bisa ngabur ke singapura satu hari :))

      Delete
  27. Wah seru juga ya disana ? Klo dari kota Batam klo gak salah deket kan ya perjalanan nya ? :D

    Nonton film online

    ReplyDelete