#DigitalCoffeeTalk,

Mengenal segelas kopi di Digital Coffee Talk

Thursday, December 31, 2015 Linda Leenk 10 Comments

Starbuck Reserve Grand Indonesia Review

Beberapa kali saya mengitu acara Digital Coffee Talk yang diadakan oleh Starbuck Reserve Grand Indonesia. Saya diajak lebih mengenal kopi dan cara menyeduh yang benar agar rasa dan aroma aslinya keluar. 

Diawali dengan pengenalan nama kopi yang akan kami coba hari itu. Selanjutnya barista Starbuck mempresentasikan cara menyeduh kopi dengan manual brewing serta clover coffee machine. Fyi clover coffee machine yang ada di Starbuck Reserve Grand Indonesia ini merupakan salah satu mesin kopi yang tercanggih, dan hanya ada di sana.
Brewing Starbuck Reserve Grand Indonesia Review
Pre-heating

Manual brewing menggunakan coffee driper yang dilapisi kertas filter, dibawahnya ada chamber yang digunakan sebagai tempat untuk menampung hasil kopi yang disaring. Coffee driper ini penting dalam melengkapi kegiatan pour over yang dapat menghasilkan kopi nikmatmu. 

Cara brewing menurut standar Starbuck dimulai dengan proses pre-heating untuk membasahi kertas filter, coffee driper dan chamber. Selain untuk menghangatkan agar hasil kopi yang diseduh tidak cepat dingin, cara ini juga berfungsi untuk membersihkan zat kimia yang biasanya ada di kertas filter bikinan pabrik. Jangan lupa buang air hangat hasil pre-heating. 

Selanjutnya masukkan sebanyak 30 gram bubuk kopi ke coffee driper, kemudian lakukan blooming, Blooming merupakan proses mempersiapkan kopi agar partikel-partikelnya merekat, sehingga siap untuk diseduh. Setelah dibasahi, berhenti dulu sekitar 10 detik. Suhu air yng digunakan untuk proses blooming ini adalah 85 derajat dan sebanyak 380ml air.

Setelah 10 detik, lanjutnya membasahi kopi dengan gerakan memutar dan konsisten selama 2-2,5 menit. Gerakan memutar ini memberikan efek diaduk, jadi merata brewingnya. Setelah air habis, angkat coffe driper kemudian aduk hasil brewing kopi yang ada di chamber. Hal ini dilakukan supaya layering kopi yang dihasilkan dari proses brewing dapat merata.
Starbuck Reserve Grand Indonesia Review
Tanzia Coffee

Proses selanjutnya adalah coffee tasting, sebelumnya jangan lupa siapkan pairing nya. Pairing ini adalah teman minum kopi, nah biasanya disesuaikan dengan jenis kopi yang diminum. Kemarin kami coffee tasting untuk kopi Tanzania modul. Kopi ini memiliki profil lemony dan chocolate. Rasanya agak asem namun tingkat strongnya medium. 

Tahapan coffee tastimg ada smell, slurp, locate dan describe. Smelling adalah proses menghirup aroma kopi yang akan diminum. Slurping yaitu proses menyeruput kopi, menurut mas barista nya waktu slurping ini harus bunyi. :))) Dilanjutkan dengan locate, meratakan kopi ke seluruh pangkal lidah supaya keluar rasa si kopi. Selanjutnya describe menggabungkan semuanya mulai dari aroma dan rasa yang didapat. Pairingnya juga ada dua cara, bisa dengan minum kopi dulu baru makan snack pendampingnya atau dengan mencocol si snack ke kopi baru dimakan. 

Rasa apa yang didapat dari minum kopi tanpa gula ini bisa bermacam-macam, tergantung lidah masing-masing orang, Tertarik untuk menciba kopi brewing ala Starbuck? Mampir saja ke Starbuck Reserve yang di Grand Indonesia. Mereka sedia bermacam-macam kopi, kalau bingung bisa tanya-tanya ke baristanya kok. ;)

You Might Also Like

10 comments:

  1. Aku pernah diperlihatkan cara brewing kopi di Starbuck Mall Ratu Indah, Makassar, one on one sama barista dan bukan pas ada event. Senang banget, karena bisa nambah pengetahuan tentang kopi juga. Pantesan beda ya rasanya kalau kita nyeduh kopi karena ada berbagai macam metode untuk mengeluarkan rasa dari masing2 jenis kopi. Memang mesti sering-sering sharing nih Sbuxnya. Sayang #DigitalCoffeeTalk belum pernah diadakan di Makassar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Starbuck Reserve di Indonesia baru ada di Grand Indonesia soalnh :)

      Delete
  2. Seumur umur blm pernah list Barista bikin kopi hehe

    ReplyDelete
  3. ternyata cara menyeduh bisa mempengaruhi aroma dan rasa ya. Aku baru tahu, selama ini juga kurang suka kopi soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lebih suka kopi yg item daripada yg dikasih campuran ini itu.
      Tapi ya jarang-jarang jug minumnyA

      Delete
  4. Sebagai bukan pecinta kopi, kok gw binggung membedakan berbagai macam jenis kopi. Perna ikutan tasting tapi semua nya gw anggap sama hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ga terlalu paham, cuman bisa membedakan kopi ini lebih asam, lebih manis. gitu aja sih :))

      Delete
  5. jujur, belum pernah minum kopi di starbak.
    pernah liat proses kopi cuma dari pepeng yang pakai mesin preso, giling kopi sendiri juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum pernah yang pepeng itu

      Delete