lifestyle,

Setahun Perjalanan Mesakke Bangsaku World Tour dalam Menemukan Indonesia


Buku Menemukan Indonesia Pandji
Awal Maret yang lalu Pandji Pragiwaksono merilis bukunya yang berjudul 'Menemukan Indonesia'. Buku yang berisi travelogue tentang perjalanan Pandji berkeliling dengan Mesakke Bangsaku Stand-Up Comedy World Tour ke 20 kota di 8 negara selama satu tahun dari April 2014 sampai April 2015. Pandji bersama timnya berkeliling dunia melakukan stand up comedy sambil membandingkan negara yang dikunjungi dengan Indonesia, dari segi sosial, ekonomi, budaya, infrastruktur hingga sistem pemerintahan.Ada banyak hal yang terekam dan kemudian sesampainya di tanah air, semua rekaman video yang ada dirangkai hingga menjadi film dokumenter ' Menemukan Indonesia'.

Jumat tanggal 11 Maret 2016, saya datang ke acara screening film dokumenter tersebut. Menemukan Indonesia adalah film dokumenter yang mencatat perjalanan tur dunia pertama oleh orang Indonesia. Ada beberapa jurnalis lain yang juga diundang untuk menonton dan dimintai pendapat mengenai film Menemukan Indonesia ini.
Buku Menemukan Indonesia Pandji


Saya cukup menikmati ketika menonton film tersebut, ada beberapa bagian yang membuat ngantuk tapi ada juga bagian yang membuat kami penonton tertawa dan terharu. Film ini menurut saya agak kurang terkonsep, beberapa scene bikin gemes pingin ngelap kameranya karena berembun maupun kotor. Ketika ditanyakan, memang beliau sebenarnya tidak ada rencanya untuk memfilmkan perjalanan tour nya ini. Namun karena ada banyak footage akhirnya berusaha dirangkai menjadi film. Di film ini kita bisa melihat reaksi dari para penonton yang terekam, ada yang awalnya bingung bertanya 'Siapa sih Pandji?' namun begitu menonton pertunjukan bisa tertawa lepas dengan joke yang diberikan. Ada banyak orang yang sudah lama tidak pulang ke Indonesia, dan mendapat banyak update tentang negaranya tersebut. 

Buku Menemukan Indonesia belum selesai saya baca, namun saya sudah bisa menangkap apa yang ingin disampaikan oleh mas Pandji. Indonesia memang tidak sempurna, namun bukan berarti kita tidak bisa memperbaiki negara yang kita cintai ini kan? :)

Btw mas Pandji per April 2016 ini sudah ada jadwal untuk world tour lagi lhoh. Dan kali ini dengan tim dokumentasi yang lebih terkonsep.

You Might Also Like

8 comments:

  1. Woooow...
    Padahal gw follow twitter nya tp ga ngerti juru bicara itu apa... baru ngeh skrg.. hehe

    Salam kenal -dodo -

    ReplyDelete
  2. asyik bener udah terjadwal world tour lagi. Mbak gak ikutan pandji?

    ReplyDelete
  3. Wah... kapa aku diajak mbak, pengen tour juga nih. :)

    ReplyDelete
  4. but yang jarang pulang negara..ya mba... banyak yang update dari indonesia..asyik..bisa tour2 gitu..

    ReplyDelete
  5. Manteeep, semoga semakin sukseees

    ReplyDelete