#LingTrip,

#LingTrip Lima hal menyebalkan yang ditemui saat naik pesawat

Tuesday, April 05, 2016 Linda Leenk 40 Comments

Penumpang pesawat yang menyebalkan

Saya cukup sering bolak- balik naik pesawat, entah itu travelling atau berkunjung ke rumah orang tua. Kali ini pingin sedikit curhat soal pengalaman menyebalkan yang sering saya temui ketika naik pesawat. Harga tiket pesawat yang sudah lebih terjangkau membuat penumpangnya juga jadi lebih beragam. Nah terkadang ada beberapa dari mereka yang entah sadar atau tidak melakukan hal yang sebenarnya cukup mengganggu.

1. Bau badan menyengat di penerbangan pagi hari
Memang sih penerbangan pertama itu membuat kita harus berangkat sebelum subuh ke bandara. Untuk membuka mata saja butuh perjuangan, apalagi kalau harus mandi. Saya sendiri malas, tapi ya ga bangun tidur, cuci muka dan langsung cus ke bandara juga. Setidaknya tetap harus pakai pakaian bersih sampai sedaleman, dan bagian vital yang biasanya mengeluarkan bau-bauan dilap dengan tisue basah. Jangan egois dan mengganggu kenyamanan manusia yang bakal duduk di sebelah kamu nantinya. 

2. Mengobrol dengan suara keras
Ini saya sering banget ketemu ketika ada penumpang yang perginya satu rombongan. Langsung merasa satu pesawat milik satu grup itu saja. Sebagai orang yang memanfaatkan sebagian besar waktu di pesawat dengan tidur untuk meminimalisir efek mabok, saya sangat keganggu dengan tipikal penumpang yang berisik kayak gitu. 
Pernah suatu ketika penerbangan saya ditunda, karena cuaca di kota yang akan didatangi sedang tidak bagus. Ketika akhirnya bisa boarding ada penumpang yang sejak dari antrian masuk mengomel tiada henti. Bahkan sampai ketika duduk di kursinya. Sepanjang pramugari menjelaskan ini itu, beliau terus-terusan mengeluarkan statement yang menurut saya ga penting, dan cenderung memprovokasi. Herannya beliau berkata bahwa dulunya pernah bekerja di maskapai juga, namun kok sikapnya kayak gitu ya? :|

3.Terburu-buru melepaskan sabuk pengaman
Pesawat baru saja landing, langsung beberapa suara klik penumpang yang melepaskan sabuk pengaman terdengar. Padahal tiap kali sebelum mendarat sudah ada pemberitahuan untuk menunggu lampu tanda sabuk pengaman mati, baru boleh melepaskan sabuk tersebut. Kenapa ga bersabar sih, toh pesawatnya juga masih mau parkir dulu. Ga bakal diturunin di tengah jalan kok. :|

4. Terburu-buru ingin turun dari pesawat
Ini kelanjutan dari yang poin ketiga, ketika pesawat akhirnya parkir munculah ketidaksabaran beberapa penumpang yang ingin segera turun. Mereka langsung menyegerakan diri mengambil barang bawaan di bagasi kabin, kemudian diam di lorong karena pintu pesawat belum dibuka. Posisi diam berdiri di lorong maupun di depan kursinya sambil membawa koper serta bawaan lainnya itu minimal akan berlangsung selama 10-20 menit. Menunggu tangga terpasang hingga akhirnya pintu pesawat terbuka, belum lagi antrian untuk turun apabila pintu yang dibuka hanya satu. Entah kenapa beliau-beliau ini doyan sekali terburu-buru seperti itu. :|

5. Menyalakan handphone ketika pesawat baru saja landing
Setiap kali ketika akhirnya pesawat mendarat ada instruksi untuk tetap duduk tenang sampai lampu sabuk pengaman mati, dan penumpang masih belum diperbolehkan menyalakan handphone. Pilot masih harus berkomunikasi dengan ATC meski sudah mendarat di bumi, itu sebabnya selalu ada peringatan untuk menyalakan handphone hanya ketika sudah berada di terminal bandara.


Naik pesawat tetap menyenangkan meski juga melelahkan. Pengalaman bertemu orang-orang menyebalkan seperti di atas semacam jadi pengingat ke diri sendiri untuk jangan mencontoh mereka. Lima hal di atas saya rangkum berdasar pengalaman, ada yang punya pengalaman yang sama? Atau mau menambahkan?

You Might Also Like

40 comments:

  1. Dan gw paling sebel kalo duduk di tengah + kursi darurat yg sandaran nya ngak bisa di dorong hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. *pukpuk*
      Btw sandaran didorong itu maksudnya gimana ya? *membayangkan*

      Delete
  2. Oh, jadi tidur pas naik pesawat itu gunanya untuk meminimalisasi mabuk ya? tak kira karena kecapekan, mangkanya aku heran kok tiap kali pulang ke Indo terus naik pesawat domestik pasti lihat tingkah penumpang yang bikin kasihan karena mereka terlihat capek dan letih yaitu duduk dan langsung tidur.

    ReplyDelete
  3. kalo yg nomer 4, sering kepaksa berdiri soalnya kalau pigi sendiri dikasinya di lorong. yg di jendela kepengen buru2 keluar.
    ehtapi, bahkan sekelas walikota pun juga keburu2 berdiri aja sih begitu pesawat berhenti. pernah kebarengan walikota sebelah yg ga suka pake protokoler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang aju cuek bebek sih dwi.
      Wong yg di lorong ya ga gerak, aku ngomong aja pintu belum dibuka. :p
      Makanya lebih sering milih kursi deket jendela, aman dari digusur orang :))

      Delete
  4. Poin nomor 4 selalu aku alamin dan itu ngeselin parah. Sabar dikit kan bisa, emang bandaranya bakal pindah kalau dia terlambat? Hahaha.

    Btw mampir ke blog saya ya kak
    http://wwwlisaramaynti.blogspot.co.id/2016/04/kekonyolan-orang-jatuh-cinta.html?m=1

    ReplyDelete
  5. Nomor 4 yang paling sering aku alami dan itu nyebelin parah. Emang kalau terlambat nyampe dalam bandara, bandaranya bakal pindah gitu? Hahaha

    Btw mampir ke blog aku ya kak
    http://wwwlisaramaynti.blogspot.co.id/2016/04/kekonyolan-orang-jatuh-cinta.html?m=1

    ReplyDelete
  6. iya banget. duduk sebelah jendela biar gak kemrungsung sama orang di sebelah yang gak sabar pengin turun. klo turun belakangan jg pesawatnya gak akan langsung jalan lagi kok. emangnya naik bus.

    ReplyDelete
  7. jadi penasaran pengen nyoba naik pesawat
    belum ngerasain hal-hat itu :D

    ReplyDelete
  8. no 4 nyebelin deh.. aku kan masih pengen di dalam pesawat hihihi

    ReplyDelete
  9. oh oh oh....
    ternyata begitu yah keadaan penumpangnya...
    aku blm tau sih soalnya blm pernah naik pesawat :D

    ReplyDelete
  10. Nomor 3 s/d 5 emang bener banget pasti selalu ada aja, gak sasar padahal mau cepet2 bedanya cuma berapa menit doang..

    ReplyDelete
  11. belum pernah naik pesawat jadi ga tau keadaan buruk dalam pesawat :(

    ReplyDelete
  12. pernah sekali naik pesawat dan itu kejadian ya ga mau terulang lagi

    ReplyDelete
  13. aduhhhh.... paling males banget kalau misalnya yang duduk disebelah bau badan plus bau mulut. apalagi kalau perjalanan diatas 2 jam.. mateeeekkkkk

    ReplyDelete
  14. untungnya yang nomor satu blom pernah ngalamin nih..klo yg lain mah fakta banget hahaha

    ReplyDelete
  15. Huhuhu..jadi inget pasa naik pesawat bawa si kecil masih 4bulan. Sepanjang Jakarta-Makassar nangiiiiss terus. Sampe nggak enak sama penumpang lain :(

    ReplyDelete
  16. paling nyebelin tuh kalau ada yang ga sabar pas mau turun dari pesawat

    ReplyDelete
  17. kelima hal yang menyebalkan itu sering kali terjadi dan membuat saya ga nyaman

    ReplyDelete
  18. no 2 saya paling benci, haha..
    suaranya ituloh ganggu saya mau tidur aja, hha
    salam kenal mba

    ReplyDelete
  19. itu coba yg poin no2, berdoalah suatu saat dia dpt musibah pesawat, trs blank semua langkah2 safety yg dikasih tau ama pramugari -__-.. aku jg paling ga suka ama org yg bgitu mbak.. eh tapi ngerasa ga sih kalo kebanyakan penumpang2 aneh bin ajaib bin gila itu dari si maskapai Onoh yg srg bgt bermasalah itu?? aku perhatiin sih iya.. makanya aku blacklist itu maskapai, ga akan mau dibooking lagi, krn selain bermasalah dr managementnya, penumpangnya juga bikin geleng2 kepala :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir semua budget airlines sih rasanya hampir mirip kelakuan penumpangnya.
      kecuali kalau pas naik maskapai yang memang mahal, lebih tau manner penumpangnya :)

      Delete
  20. keselnya klo disamping tidur dan nyandar di pundak kita *lalu tumbuh benih2*

    ReplyDelete
  21. aku paling sebel sama penumpang yg minta minum ini itu ke pramugari di pesawat. rewel banget. terus orang itu numpahin minuman grrrr

    ReplyDelete
  22. Pernah sebel banget sama penumpang yang rupanya gak matiin henpon selama di dalam pesawat. Beberapa detik sebelum landing, udah dapat sinyal, tiba2.. kring kring, telponnya bunyi. ngehek.

    ReplyDelete
  23. Nah kalo temenku dulu nggak cuman melepas sabuk pengaman, ini malahan berdiri. Padahal pesawat masih jalan mau berhenti, sontak aja langsung ditegur Pramugarinya...opo ra ndeso nek ngono Mba..hehehe, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dikira kayak naik angkot mas :|

      Delete
  24. coba pake garuda aja,
    biasanya orang-orang menegah kebawah pada menginghindari garuda karena harganya menurut mereka mahal. untuk lebih amannya sih pilih kelas eksekutif
    tapi terkadang orang kaya ada juga sih yang menyebalkan.

    kalau saya yang paling sebel nomor 1, kalo suara masih bisa ditutupi headphones, tapi kalo bau badan? masak mau nutup hidung terus sepanjang penerbangan.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. mmm mencoba menambahkan ya :) menurut ku, hal-hal yang nyebelin yang aku alamin selain poin diatas:
    1. Pernah udah milih tempat duduk didekat jendela biar bisa istirahat tapi ketika masuk ke pesawat dengan seenaknya ada orang yang ngisi (aslinya dia duduk ditengah) dan ngak mau pindah, jiyah :D ini ngak sekali dua kali aku alamin.
    2. Jika duduk ditengah, suka ngak kebagian sandaran tangan.
    3. Pada saat landing, banyak yang buru buru ngambil barang kabin, suka ada barang jatuh diatas penumpang yang duduk dikursi dekat lorong (pernah ngerasain dua kali kejatuhan barang).
    4. pada saat antri masuk pesawat, seringnya maskapai bersangkutan meminta penumpang yang duduk diposisi belakang untuk boarding duluan, tapi seringnya penumpang ngak sabaran, wlo duduk diposisi depan mereka langsung masuk aja.

    ReplyDelete
  27. Kalau aku tuh yang nomor 5 paling ngeselin, ngidupin hape saat pesawat baru saja landing pengen ngajak berantem aja. Tapi pernah sekali jutru pesawat masih landing eh udah ngidupin hape duh minta diajak ribut beneran.

    ReplyDelete