lifestyle,

Belanja Online yang Aman

Monday, May 16, 2016 Linda Leenk 20 Comments

Tips Belanja Online yang Aman


Dengan banyaknya marketplace yang sekarang ada, saya jadi sering stalking newsletter mereka, berasa kayak lagi window shopping namun ga perlu jalan muterin mall. Tidak harus belanja, tapi cukuplah untuk menyegarkan mata. haha..


Makin marak dan beragam produk serta layanan yang dijual melalui e-commerce membuat orang jadi terbiasa dimudahkan, segala sesuatu tinggal klak-klik hingga akhirnya barang yang dibeli sampai. Namun semua yang memudahkan tadi bukan berarti selalu aman, ada saja toko fiktif di dunia maya yang nantinya akan menjerat mereka yang lengah. Belanja online memang bikin nagih, tapi juga bisa bikin kapok karena kena tipu tadi. Makanya perlu cermat ketika belanja online.


Awal bulan Mei, saya ikut acara Mommies Daily Lunch bersama salah satu platform e-commerce degan tema "Kiat Belanja Online Dengan Aman". Materi yang cocok banget buat saya, biar tambah update tentang bagaimana cara berbelanja di online marketplace yang terpercaya.


  • Penjual Terpercaya
Penting banget kan ya, sebelum belanja harus tau track record si penjual. Cara gampangnya sih minta rekomendasi dari teman, bisa juga dengan membaca kolom testimoni dari yang sudah pernah berbelanja di sana. Saya pernah nih, tertarik belanja di sebuah toko online tapi begitu membaca reviewnya kurang baik, jadi pindah ke toko lain belanjanya.

  • Metode Transaksi yang Aman
Ini juga poin penting dalam berbelanja online, apalagi buat yang suka berbelanja online dengan menggunakan kartu kredit. E-commerce yang menggunakan 3D secure untuk transaksi kartu kreditnya jelas lebih bisa dipercaya dan aman. Mereka sudah menerapkan pengamanan yang ketat sehingga ketika bertransaksi dengan kartu kredit, sistem akan mengirimkan one time password sebagai verifikasi ke nomor HP untuk meminimalisir kemungkinan penyalahgunaan kartu oleh pihak lain.

  • Customer Service yang Responsif
Salah satu fiture penting buat pemilik onlineshop adalah memiliki customer service yang mudah dihubungi dan bisa menjawab pertanyaan pelanggannya bukan berdasarkan template.

  • Barang Asli bukan Palsu
Masalah klasik yang biasa saya temui di marketplace, mereka kurang memfilter apa yang dijual oleh para tenant-nya. Bukan hanya promo yang harus digencarkan, melainkan juga memastikan kalau produk yang dijual adalah produk asli, sehingga tidak merugikan pelanggannya.

    Belanja online memang menyenangkan namun tetap harus teliti sebelum membeli, hal ini berlaku juga kan ketika kita belanja offline?
    Suka belanja online juga? Ada tips lain until belanja online dengan aman?

    You Might Also Like

    20 comments:

    1. Aku belanja online cuman beli tiket ama booking hotel aja. Kalo beli barang hampir ngak pernah kecuali temen dah beli dan cakep lalu aku pengen hahaha

      ReplyDelete
    2. Beli tiket online juga kudu ati-ati kan, apalagi yg bayarnya pakai kartu kredit

      ReplyDelete
    3. Aku pernah dua kali kecewa belanja online. Yang pertama, model gak sesuai gambar dan yang kedua mereka kirim produk yang beda warna dengan yang aku pesan. Mending belanja di online shop yang pasti-pasti aja kayak gini.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mereka kirim produk beda warna ga ada confirm dulu ke yg beli? Ngeselin banget :(

        Delete
    4. Nah itu kak, aku suka kesel sama marketplace yg isinya pedagang-pedagang nggak jelas dengan barang yang nggak jelas pulak :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. aku kalau lagi iseng suka report ke admin yg pada jualan barang palsu, bahkan kosmetik palsu.
        pan bahaya kena kulit :|

        Delete
    5. biasanya aku juga lihat feedback dari pembeli-pembeli sebelumnya sebagai rekomendasi untuk membeli barang secara online :)

      ReplyDelete
    6. izin share ya linda makasih

      ReplyDelete
    7. kalau salah pilih market place belanja online malah bikin dobel repot. spt mbak velisa beberapa waktu lalu

      ReplyDelete
    8. Sukaaa belanja online trutama biar ga ribet bawa anak2

      ReplyDelete
    9. pernah belanja online jam digital yg nyambung ke smartphone tapi nggak ada petunjuk pemakaian, akhirnya nggak bisa dipakai, karena pas dicharger juga nggak jalan :(, mungkin belanja online enaknya kalo belanja buku aja

      ReplyDelete
    10. aku belum belanja online lagi, nanti kayanya pas mefet lebaran biar banyak diskon hihi

      ReplyDelete
    11. makin banyak marketplace yaa...makin banyak pilihan belanja onlline

      ReplyDelete
    12. belanja online memang bikin nagih sekaligus harus hati-hati supaya gak merasa tertipu. tapi sekarang di indonesia sudah ada beberapa marketplace yang terpercaya buat yang senang belanja online.

      ReplyDelete
    13. kalo gue liat reputasinya si olshiop ini. Terkenal apa kgak, kalo gk pernah kenal mah, yah was-was aja.

      ReplyDelete
    14. aku lumayan sering beli tiket online dan beneran dipermudah bgt sekarang. sulitnya cuman kalau mau nelp call centre hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. sekarang bbrp cs online ini sudh lebih bisa dicolek lewat social media lain, twitter misalnya.

        Delete
    15. yang sering belanja online di berbagai marketplace suami tercinta. Sayanya cuma ngikut enaknya ajaaah. Siiiplah kalo sudah ada rekomend temen di tempat belanja online yg terpercaya :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. hihi, belanjaonline bikin mudah kan ;)

        Delete
    16. saya sering banget belanja online Mba, alasannya yah karena lebih praktis dibanding belanja offline, walau beberapa kali kecewa sama barang yang datang, tapi gak pernah kapok..

      ReplyDelete