#HappyTummy,

#HappyTummy Kedai Locale, Cita Rasa Lokal dengan Tampilan Modern

Saturday, May 21, 2016 Linda Leenk 16 Comments

Mural Kedai Locale Kelapa Gading

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan digunakan sebagai sarana bersosialisasi bagi kaum urban, makanya ga heran banyak kedai kopi menjamur di mana-mana. Nah Sabtu kemarin saya dan beberapa teman mengunjungi Kedai Locale yang terletak di Kelapa Gading.

Kedai Locale Kelapa Gading Review

Papan nama bertuliskan Kedai Locale yang bersanding dengan gambar wayang menjadi petunjuk di mana mobil harus berhenti. Masuk ke area restoran langsung disambut dengan bangunan bergaya industrial yang sedang tren dimana-mana. Interiornya dihiasi dengan lampion dan lampu bercahaya temaram juga meja dan kursi yang terbuat dari kayu sederhana, cantik.

Kedai Locale Kelapa Gading Review

Restoran ini baru dibuka Mei 2016, namun sepertinya sudah cukup menarik perhatian dan menjadi tempat nongkrong yang tidak pernah sepi. Terdapat tiga area makan, teras dan dua area makan indoor lantai 1 dan 2. Nama 'Locale' dari kedai ini berasal dari tema lokal makanan dan minuman khas Indonesia yang disajikan. Cukup menarik mengingat sebagian bistro dan cafe lainnya menawarkan beragam menu barat sebagai teman minum kopi.

Saat masuk saya disambut dan diarahkan untuk ke lantai dua, di mana acara makan bareng blogger lainnya diadakan. Sudah ada beberapa teman yang dikenal, dan ada juga wajah baru buat saya. Ada Vira, Eka, dan Timo wajah-wajah yang sudah familiar buat saya. Ruang makan lantai atas tidak seluas lantai bawah karena dapur dan barista station ditempatkan di lantai ini. Ada mural cantik bergambar seorang perempuan sedang memegang cangkir di salah satu dindingnya, yakin deh dinding ini akan instagramable banget. Tempat ini juga cocok buat pilihan bagi siapa saja yang ingin membuat acara gathering di Jakarta dengan tamu tidak lebih dari 70 orang di kedua lantainya.

Kuliner Etnik dan Kontemporer

Kedai Locale Kelapa Gading Review
Tape Roll
Banyak sekali ragam menu yang ditawarkan Kedai Locale Kelapa Gading dan semuanya bertema nusantara. Ada pilihan camilan lokal yang menarik seperti Bakwan Jagung saus salsa, bakwan jagung crunchy dengan cocolan bumbu salsa khas Mexico yang rasanya pedas, asam dan gurih. Camilan lain ada Tape Roll, tape manis yang diolah dan dilapisi dengan kulit luar yang garing dilengkapi dengan cocolan saos caramel serta vanilla. Ada juga Chicken Wings Nusa Dua, potongan sayap ayam dilumuri sambal plecing kangkung khas Lombok yang penyajiannya menggunakan tusuk sate. Rasa pedasnya khas juga ada asamnya, katanya karena menggunakan kencur. Keasyikan mencoba ini itu, sampai ada beberapa menu yang terlewat untuk difoto, haha.

Kedai Locale Kelapa Gading Review
Chicken Wings Nusa Dua
Tadi baru pembuka ya, selanjutnya hidangan utama. Beragam pilihan menu lokal yang ditawarkan dan pilihan saya jatuh pada Nasi Gedeg Sambal Balado. Nasi yang menurut saya mirip nasi goreng, disajikan dengan daun pisang, rasanya agak pedas asin karena ada ikan terinya dan wangi kemangi (di akhir acara saya baru tau kalau bisa request kadar pedas si Nasi Gedeg). Menurut Cindy, Nasi Gedeg adalah kreasi dari Kedai Locale. Kata 'Gedeg' berasal dari bahasa betawi yang berarti menyebalkan, nama tersebut diberikan karena cara membuatnya dengan dioseng dan rasanya yang super pedas, namun untuk tingkat pedas ini bisa disesuaikan kok.

Kedai Locale Kelapa Gading Review
Nasi Gedeg
Hidangan utama lainnya ada Oxtail Soup yang disajikan dengan sterno stove untuk menjaganya agar tetap hangat. Ada juga Nasi Pecel yang penyajiannya terpisah antara pecel dan nasi, dilengkapi dengan tempe mendoan serta kerupuk.

Kedai Locale Kelapa Gading Review
Oxtail Soup

Kedai Locale Kelapa Gading Review
Nasi Pecel

Minuman ala Kedai Locale

Kedai Locale Kelapa Gading Review
Iced Chendol Latte
Siang itu cukup panas, jadi saya ingin minum yang dingin-dingin. Pilihan saya adalah Iced Chendol Latte, rasanya manis, dingin dan kenyal. Saya juga pesan kopi manual brew khas Kedai Locale, namun saya agak lupa pesanan saya antara kopi Gayo atau Flores. Kedai Locale Kelapa Gading menggunakan biji kopi nusantara seperti biji kopi Sumatera Gayo Mountain, Mandheling, Toraja, Flores, Bali Kintamani, dan lainnya.  
Kedai Locale Kelapa Gading Review
Lychee Tea

Banyak sekali menu Kedai Locale Kelapa Gading yang belum saya coba, namun apa daya sudah kekenyangan. Saya ingin kembali lagi, dan agar lebih hemat sampai bulan Juli 2016 bisa memanfaatkan promo potongan diskon 30% untuk semua makanan dan minuman. Kisaran harga makanan minuman di sini juga ga mahal, mulai dari IDR 10.000 sampai dengan IDR 90.000 per porsinya.
Kedai Locale Kelapa Gading Review
Promo
Sebelumnya saya dan Satya sempat tersesat karena lokasi kedai yang tercantum di maps baru ada yang di rawamangun. Nah supaya kamu tidak tersesat seperti kami, catat baik-baik alamatnya. Lokasinya memang masih baru, jadi belum ada di maps.

Kalau kamu dari arah Pulo Mas, setelah bundara Boulevard masih lurus terus (Mall Kelapa Gading ada di sebelah kanan), lalu putar balik di ujung jalan. Atau bisa merujuk di petunjuk maps berikut, supaya tidak tersesat ketika wisata kuliner Kelapa Gading.


Overall dari segi interior, makanan dan harga, menurut saya score nya 8,5/10. Makanan enak, hanya kemarin mungkin karena kami banyak orang dan saling titip order, saya jadi missed tentang bisa request level pedas makanan yang diorder. Untuk menjaga kualitas makanan yang disajikan, kokinya memasak pesanan satu persatu, bagus sebenarnya namun bikin kami lama menunggu makanan datang.


--------
Kedai Locale
Jl. Boulevard Raya RA 1 no 11, Kelapa Gading
Jakarta
Instagram | Twitter | Facebook | Website


You Might Also Like

16 comments:

  1. wah keluatannya enak yah.... pedes gak sih?? kalo pedes aku suka hehe.... salam kenal ya linda.... mksih sdh mampir...

    ReplyDelete
  2. waahhh serius mereka buka di gading juga?? Lokasi pertamanya aja yg di rawamangun, deket rumahku, blm sempet mulu aku datangin mbak... jd penasaran nih..

    ReplyDelete
  3. Wuah lychee tea nya tampak seger bangeeett *mauuu :D

    ReplyDelete
  4. Event kumpul bareng blogger kah

    ReplyDelete
  5. saya juga suka banget ngopi, apa es cendol latte juga terasa kopi mbak?, aih minuman inovasi baru nih ya.. makanannya juga terlihat sedap :-)

    ReplyDelete
  6. chicken wingsnya unik yaa..
    ga biasa

    ReplyDelete
  7. Kalo kelamaan nunggu bisa bikin murka duluan hahaha

    ReplyDelete
  8. Hihihihi kedainya klasik Mbak :D

    Aaaah, tapi aku penasaran sama nasi gedek yang super pedaaas aaaah :3

    ReplyDelete
  9. Itu tape roll ya, sekilas mirip lumpia atau sosis solo..hehehe

    ReplyDelete
  10. Kayanya Enak, tapi jauh dari Bintaro. huhu

    ReplyDelete
  11. wah tempat makan baru lagi di kelapa gading, banyak banget pilihannya disana yang enak enak ..
    tapi ... kalau masih ada diskon .. layak dicoba nih ... :)

    ReplyDelete
  12. Tempat-tempat seperti ini yang kadang bikin kita bingung mau nongkrong di mana hahahahha. Banyak banget tempat yang kudu dikunjungi dan mencoba tiap kuliner di dalamnya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilihan dikit aja kita suka bingung mau makan apa :))

      Delete
  13. Wah asyik di Gading, deket rumah. :D

    Pergi ke sana bareng mbak Eka ya? Inget mbak Eka pernah nulis ini juga.

    ReplyDelete