#LingTrip,

Menjelajah Festival Olahraga dan Budaya di Musi Triboatton

Thursday, May 05, 2016 Linda Leenk 19 Comments


Sungai Musi Palembang
Sungai Musi di Palembang
Kota Palembang dijuluki "Venesia dari Timur" karena memiliki lebih dari seratus anak sungai, beberapa diantaranya bermuara langsung ke Sungai Musi. Sungai tersebut menjadi landmark karena merupakan sungai terbesar di Sumatera Selatan. Dari hulu ke hilir, banyak yang menggantungkan nasibnya pada sungai ini. Ikan yang melimpah ruah dimanfaatkan untuk membuat makanan yang dijual oleh apek-apek dengan cara keliling. Apek merupakan panggilan untuk sang penjual, seorang lelaki Tiongkok yang sudah tua. Makanan tersebut inilah yang akhirnya dikenal dengan sebutan pekmpek.*

Berencana liburan di bulan Mei ini? Palembang bisa dijadikan pilihan wisata, terutama dengan adanya Musi Triboatton ini. Sudah pernah mendengar tentang Musi Triboatton? Musi Triboatton adalah kegiatan rutin tahunan ajang lomba dayung yang diadakan di Sumatera Selatan sejak dari tahun 2012. International Musi Triboatton 2016 rencananya akan dimulai pada tanggal 11-15 Mei  dengan spot utamanya Sungai Musi. 

Lomba ini terdiri dari tiga olahraga air, ada rafting, canoeing dan dragon boat. Duh kok kayaknya seru banget ya?! Sebagai orang yang sudah bertahun-tahun belum berkunjung lagi ke Palembang, acara ini terlihat menarik banget buat saya. Bayangkan saja lomba dayung bertaraf internasional ini nantinya akan berkeliling menempuh jarak mencapai 523km, dimulai dari Hulu Sungai Musi dan berakhir di Kawasan Jembatan Ampera. Lomba yang telah digelar untuk kelima kalinya ini akan diikuti puluhan peserta dari berbagai negara dan daerah. Meriah!

Musi Triboatton is an annual international boat race held in South Sumatra, Indonesia since 2012. This race takes place along more than 500 kilometres (310 mi) stretch on the Musi River, one of the biggest rivers in Sumatra Island.*
Akan ada empat kabupaten dan satu kota yang menjadi tuan rumah acara Musi Triboatton 2016 ini. Lomba akan dimulai dari Tanjung Raya Kabupaten Empat Lawang, Muara Kelingi (Kabupaten Musirawas), Sekayu (Kabupaten Musi Banyuasin), Banyuasin (Kabupaten Banyuasin), dan finish-nya di Kota Palembang.  Acara pembukaan Musi Triboatton akan dilakukan di Musi Banyuasin sebagai tuan rumah pelaksana, dan penutupannya di Kelurahan 10 Ulu Kota Palembang.

Lomba perahu naga Musi Triboatton
Lomba Perahu Naga di Musi Triboatton Palembang
Ada sepuluh negara yang mengikuti lomba tersebut, yakni Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Tiongkok, Macao, Uni Emirates Arab, Hongkong, Thailand, Iran dan Philipina. Wah Palembang ramai banget bulan Mei ini!

Rute Musi Triboatton 2016


Palembang sebagai kota tertua di Indonesia ini serius banget menggarap bidang pariwisata, mempromosikan wisata Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Selatan. Sumatera Selatan memiliki wisata alam yang menarik, dengan ikonnya Sungai Musi. Ditunjang dengan keberagaman wisata budaya, kuliner dan tradisi akan menjadi daya tarik tersediri bagi wisatawan. 

Pulau Kemaro Palembang
Klenteng Hok Tjing Rio Pulau Kamaro Palembang
Sumatera Selatan memiliki tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, sejarah maupun budaya. Wisata alam berupa gunung, seperti Taman Nasional Kerinci Seblat, Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau dan Kota Pagaralam. Wisata sejarah antara lain bisa mengunjungi situs Sriwijaya berupa batu purbakala, patung kuno dan museum di Palembang, Bukit Siguntang serta Benteng Kuto Besak. Wisata budaya meliputi Bukit Serelo, Gunung Dempo, Rumah Limas, juga ada pemukiman suku terasing Anak Dalam dan Kubu.
A photo posted by Lingling (@lindaleenk) on

Oleh-oleh khas Palembang yang paling terkenal yaitu kain songket yang terbuat dari sutra dikombinasikan dengan benang emas yang cantiknya kebangetan. Terakhir kali saya kesana tahun 2013, sukses membuat saya merogoh kocek demi setidaknya mendapatkan satu set kain cantik tersebut. Selain itu Palembang juga terkenal dengan ukiran kayu, motifnya banyak dipengaruhi oleh desain Cina dan Budha, biasanya didominasi oleh dekorasi berbentuk bunga melati dan teratai.

Pempek Khas Palembang
Pempek Palembang *nelan ludah* :|

Sambil menikmati acara Musi Triboatton 2016, jangan lupa untuk wisata kuliner khas Palembang. Pempek Palembang sangatlah terkenal, makanan ini terbuat dari ikan tenggiri atau belida dan disajikan dengan kuah cuka. Toko yang menjualnya ada banyak tersebar di kota Palembang. Selain pempek ada kerupuk Palembang, Martabak har, Lempok Durian, juga Tekwan. Kalau wisata kulineran di sana sudah pasti lidah dan perut akan sangat dimanjakan, semua makanannya enak. :))

Ada banyak angkutan umum di Palembang yang dapat digunakan untuk berkeliling, mulai dari minibus, angkutan kota, becak, ojeg, city trans, atau getek. Getek adalah perahu tradisional yang digunakan sebagai alat transportasi di Sungai Musi. Jangan lupa mampir ke Jembatan Ampera di malam hari, lampu-lampunya cantik banget. :)

Menarik kan? Yuk liburan ke Palembang! *packing*

Jelajah Musi Triboatton


Jembatan Ampera Palembang
Jembatan Ampera di Palembang

You Might Also Like

19 comments:

  1. MErogoh dompet berapa Mba, buat mengkoleksi kain songket Palembang yang asli dari Palembang..hehehe, kalo empek" asli sono emang rasanya enak bener..aroma dan rasa ikan tenggiri atau belidanya kerasa bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan lah :))
      Tapi beneran cantikk
      Iya pempek asli sana bikin nagihh

      Delete
  2. Tulisan yang menarik. Semoga menang ya :) see u in Palembang

    ReplyDelete
  3. kalau keunikannya bisa jadi musi lebih unik dari vanesse, mungkin perlu ditata, terutama agar lebih bersih

    ReplyDelete
  4. Pikiranku kalau ke Palembang selain motret jembatan ampera itu foto di Jakabaring :-D

    ReplyDelete
  5. Wah saya belum pernah ke sini nih, sayang banger ya kalo belum pernah main ke kota palembang :D

    ReplyDelete
  6. palembang terkenal dengan jembatan amperanya,,,
    indonesia kereeennn abis,,
    wisata bromo

    ReplyDelete
  7. Ya Ampyuuuuun... Songket dan mpek2nya. Bikin ngileeeer. Berapaan sih mbak harga kain songketnya? Mupeng saya...

    ReplyDelete
  8. duh... ikut dong, lomba triMpekMpekTon, makan lenjer, kapal selam sama Adaan :p berbarengan

    ReplyDelete
  9. udah pengumuman belum ya? semoga menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah sih, ga menang.
      gapapa juga sih, memang udah ada planning mau ke Palembang minggu depan ;)

      Delete
  10. itu ambil photonya dari atas cakep benar kak

    ReplyDelete
  11. aku penah ke palembang dan membayangkan banyak perahu berlomba di sana pastinya seruuu

    ReplyDelete
  12. Kangen makan mpek2 ama mie celor nya

    ReplyDelete
  13. Wah pengen banget datang kesana tapi susah di transportasinya, ngeri jalanannya disana :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasanya dianter saudara sih
      atau naik taksi, eh angkot juga ada kok ;)

      Delete
  14. Palembang memang salah satu kota penuh sensasi ya, sungai musi, jembatan Ampera, pempek, icon Indonesia bgt

    ReplyDelete