Herbatia,

5 Langkah Supaya Berhasil ASI Eksklusif

Thursday, June 09, 2016 Linda Leenk 22 Comments

Herbatia ASI Eksklusif
ASI Eksklusif
Seminggu yang lalu saya datang ke acara yang membahas Solusi Tepat Meningkatkan ASI secara Alami.  Saya memang belum memiliki anak, tapi ilmu tentang ASI ini sayang untuk dilewatkan, toh suatu saat nanti akan berguna.

ASI Eksklusif
Asi merupakan sumber nutrisi pada bayi, komposisi didalamnya menunjang tumbuh kembang si bayi. Pemberian ASI Eksklusif dianjurkan hingga usia bayi 4 bulan, namun akan lebih baik bila ASI diberikan hingga usia 6 bulan.Untuk yang sudah pernah menyusui, pasti akan lebih paham bagaimana suka dukanya memberikan ASI. Ada yang stok ASI-nya sungguh melimpah, hingga kulkas freezernya selalu penuh dengan kantong-kantong ASI. Namun ada juga yang kesulitan, dari yang stok ASI nya terbatas, harus bolak-balik konsultasi ke konselor laktasi, sampai belajar bagaimana cara menyusui yang benar.

Nah buat persiapan ga ada salahnya me-list beberapa hal yang perlu diketahui oleh seorang calon ibu, agar berhasil ASI Eksklusif :

Menyamakan persepsi tentang ASI dan menyusui dengan suami.
Ini penting karena nantinya yang akan membantu memberikan keputusan adalah sang suami, kalau suami ga sepaham kan malah bikin stress si ibu. ASI memiliki jenis dan manfaat yang berbeda-beda, ada kolostrum, ASI peralihan, dan ASI matang. Apa saja yang membedakan diantara ketiga jenis Nutrisi ASI tadi? Apa saja mitos dan fakta tentang ASI dan menyusui? Ada banyak yang harus dilahap buat dipahami, dan sebagai tambahan, bayi yang baru lahir masih kuat tidak meminum apapun hingga hari ke-tiga. Jadi apabila setelah melahirkan ASI belum keluar juga, jangan panik dulu.

Training menyusui oleh AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)
Belajar menyusui yang benar ini kalau lihat dari gambar sepertinya mudah, namun ga sedikit saya mendengar perjuangan para ibu yang tetap menyusui meski putingnya terluka. Kalau sudah kayak gini, si ibu mau ga mau akan kesal, mood jadi jelek. Mendatangi seminar atau training yang diadakan oleh AIMI, sekalian menyimpan nomor handphone salah satu konselor laktasi. Agar ketika dibutuhkan, ada yang bisa diajak berkonsultasi.

Menerapkan Inisiasi Menyususi Dini (IMD)
Memilih dokter, bidan, dan rumah sakit yang mensupport ibu menyusui dan terbiasa menghadapi masalah belajar menyusui pertama kali juga mengidentifikasi masalah lanjutan (misalnya bayi yang tongue tie). Ini biasanya berdasarkan testimonial pasien-pasiennya sih. Mungkin nanti ketika sudah berkumpul dengan para ibu hamil, saya akan lebih paham. (((BERKUMPULL)))

Bahagia demi ASI Lancar
Salah satu resep agar ASI lancar itu yaitu mood yang baik dari si ibu. Hormon penting untuk produksi ASI adalah hormon bahagia (oksitosin). kalau mood jelek atau sedih, hormon oksitosin ini akan tertahan oleh hormon kortisol, dan dapat menghambat produksi ASI. Makanya bikin si ibu bahagia ya, biar produksi ASI nya terus melimpah. Demi menjaga mood si ibu agar bahagia terus, dukungan dari orang di sekitarnya ini penting. 
Ga usahlah komentar aneh-aneh yang menyudutkan si ibu, toh tiap ibu pasti ingin yang terbaik buat anaknya.
Daripada komentar "Kenapa ASI nya sedikit?" coba si ibu dibayarin spa salon biar rileks. Soal jadi tameng tentang komentar-komentar aneh gini, insyallah suami sudah terbukti paling bisa diandalkan sih. Meski ya yang komentar tersebut biasanya yang sudah lebih dulu jadi ibu, dan maksudnya baik. Tapi akan lebih baik, komentar tadi direm. Biar si ibu juga menyesuaikan ritmenya dulu, jangan dikasih komentar yang malah bikin tambah panik, ya kan?

Makanan sehat untuk ASI yang berkualitas
Kata bu dokter sih selama menyusui, si ibu disarankan untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Menerapkan pola makan sehat sangat dianjurkan ketika menyusui, namun kalau mau cheating sedikit makan indomie ya gak apa-apa juga sih. :))

Daun Katuk untuk meningkatkan produksi ASI
Daun Katuk yang tersohor itu

Produksi ASI sudah lancar bisa ditingkatkan dengan tambahan asupan vitamin, daun katuk ini terkenal banget sebagai suplemen sehat alaminya ibu menyusui. Salah satu produk yang sehat alami adalah Herbatia Sari ASI. Suplemen ini bentuknya kapsul jadi mudah diminum, diproduksi dari bahan baku herbal yang berkualitas tinggi dan dengan teknologi modern. Diproses dengan mengikuti standarisasi kesehatan.

Herbatia Sari ASI

Isi kandungannya adalah Daun Katuk dan Biji Klabet. Daun Katuk yang membantu merangsang pelepasan hormon Prolaktin yang secara efektif meningkatkan produksi ASI. Biji Klabet yang berfungsi untuk meningkatkan hormon oksitosin yang secara efektif meperlancar aliran ASI.
Pertama kali dijelaskan saya hanya bergumam, daun katuk sudah sering mendengar dan tau daunnya karena dulu pernah ada tanamannya di halaman rumah. Nah kalau Biji Klabet ada yang belum pernah tau juga seperti saya?

Biji Klabet untuk memperlancar aliran ASI
Bela-belain beli demi tau bentuknya biji klabet kayak apa :))
Herbatia Sari ASI diminumnya cukup 3 kali sehari, atau kalau mau dicoba dulu satu kapsul sehari. satu box isinya 3 strip yang isinya @ 10 kapsul. Herbatia Sari ASI ini bisa dibeli di apotek kayak Century atau online, sudah banyak yang jual. herbatia akan menjadi solusi yang tepat bagi ibu agar memiliki ASI yang cukup dan lancar dalam pemberian ASI ke bayi.

Lalu apa saja manfaat ASI Eksklusif itu?
- Dari sebagian yang saya baca ASI dapat meningkatkan imunitas untuk si bayi. Berdasarkan penelitian Dr Ruth Lawrence dari University of Rochester di New York, menyusui terbukti menurunkan resiko kanker payudara, ovarium dan diabetes tipe II. Jadi pemberian ASI ini penting banget untuk kesehatan ibu dan anak.
- Hubungan ibu dan anak yang lebih kuat, ini terjadi karena bonding setiap pemberian ASI ke si bayi. Si bayi yang ketika disusui menatap ke ibunya, diberi tatapan lugu kayak gitu hati siapa yang ga akan meleleh.
- Menurut para ahli menyusui itu banyak membakar kalori, jadi badan si ibu bisa cepat kembali ke berat ideal sebelum hamil. Ini saya belum membuktikan sih, tergantung badan tiap orang juga kali ya.
- ASI Eksklusif juga bisa sebagai KB alami, karena biasanya ketika memberikan ASI, otomatis ovulasi akan terhambat.
Varian Herbatia
Giveaway!

Banyak cara untuk menuju ASI Eksklusif, nah kali ini saya ingin bikin GIVEAWAY  kecil-kecilan.
Ada 2 paket produk Herbatia dengan 4 variannya, ada Sari ASI, Sari Langsing, Sari Putih dan Sari Rapet serta voucher es krim yang  bikin happy.
Caranya mudah kok, cukup subcribe ke channel youtube Linda.
Kalau sudah jangan lupa komen dipostingan ini ya. Giveaway ditutup tanggal 23 Juni 2016.
Untuk ibu menyusui dan calon ibu menyusui, terus happy biar ASI nya deras. ;))

Herbatia Kumpul Blogger
Ibu menyusui bersama para calon ibu menyusui. :))

Untuk list yang saya buat di atas, ada yang perlu ditambahkan? Secara saya baru tau ilmunya, prakteknya belum. :)

Herbatia diproduksi oleh PT Tunggal Idaman Abdi, perusahaan farmasi nasional yang sudah memiliki pengalaman 45 tahun (sejak tahun 1969) dalam memproduksi produk-produk untuk kesehatan ibu dan anak yang berkualitas dengan harga terjangkau. Sejak tahun 1993 sampai sekarang, PT Tunggal Idaman Abdi merupakan satu-satunya perusahaan di dunia yang memproduksi produk kontrasepsi suntik bulanan orisinil Cyclofem dibawah lisensi Concepts Foundation USA/ Health Concepts International. Salah satu produk dari PT Tunggal Idaman Abdi yang awam saya pakai adalah Thrombophob, obat buat memar dan lebab. Perusahaan ini salah satu perusahaan farmasi nasional yang ikut berperan aktif memfasilitasi acara ditingkat kabupaten sampai kecamatan yang fokusnya tentang pentingnya kesehatan ibu dan anak, serta Keluarga Berencana (KB).

-------
Herbatia
Web | Twitter | Facebook



Update:
Terimakasih yang sudah SUBSCRIBE ke YOUTUBE ini
Selamat juga untuk Bieb dan Venniem yang mendapatkan paket booster asi plus plus voucher es krim!
Semoga sesuai harapan ya, btw jangan lupa japri alamat ke email: lindaleenk(at)gmail


You Might Also Like

22 comments:

  1. Itu biji klabet apa sih lin?
    Semacam kacang gitu kah?? :D
    Soal pemberian asi bisa menurunkan berat badan si ibu itu bisa berhasil ke saya. Dari 2 kali melahirkan, berat badan langsung turun. Bahkan melebihi berat badan sebelum nikah. hahaha
    Tapi ini ga berefek ke temen2 kantor. Mereka justru malah lebih gemuk. Alasannya sih karena harus makan banyak selama menyusui jadinya berimbas kepada naiknya BB deh. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen kantorku ada yg jadi lebih kurus dr sebelum dia nikah malahan.
      Biji klabet itu kayak kerikil mini gitu bentuknya, kalau dari baunya mirip sama wanginya lulur tradisional menurutku.

      Delete
  2. Lin.... Lama tak bersua, kamu kok keren banget sih skrg punya channel youtube sendiriii *lgsg subscribe*

    Aku pencinta daun katuk... Tp ga tau deh siapa yg bisa masakin daun katuk tiap hari, btw... Yg bikin ganjel itu minum sehari 3 kali.... Rasanya gimana gitu.. Agak males minum yg bentukannya kyk obat......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat trial diminum sehari sekali saja dulu
      Takutnya kalau ASI mu sudah banyak, jadi terlalu melimpah.

      Delete
  3. Great, makasih sudah berbagi. Kebetulan adikku lagi hamil, nanti aku kasih tahu ke dia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masnya ikutan, kalau menang kan hadiahnya bisa buat kado lahiran adiknya :)

      Delete
  4. Suami harus ikutan terlibat yaaa mendukung gerakan asi ini biar lanxar ekslusif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu besok harus kompak sama istri

      Delete
  5. dukungan suami Allhamdulillah aku bisa menyusui sampai 2 tahun

    ReplyDelete
  6. Aku juga blum tau biji klabet hihi
    Klo katuk ternyata rasanya enak ya walo langu2
    Wah suplemennya praktis, buat jaga2 klo pas darurat ^_^

    ReplyDelete
  7. Beli biji klabetnya dimana?penasaran juga ama bentuk, kl daun katup diblkng rmh memang nanamm kdng dimasak ky sayur bening asiku tanpa minum apa2 udah deras sampai netes2 di baju

    ReplyDelete
    Replies
    1. DI tempat yang jual obat-obat jamu mbak

      Delete
  8. informasinya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. Waduh infonya keren. Tapi ini saya harus ngapain yaa hehe.

    ReplyDelete
  10. Linda udah mau siap-siap punya baby?

    ReplyDelete
  11. Iya nih, aku mau niat asi exclusive untuk anak ku besok. Hmmm booster asi ini boleh jg dicoba. Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  12. Hi Lin calon ibu keren bersiap bersama ASI kesehatan keluarga. Upaya mendapatkan biji klabet luar biasa. Di daerah kami dibarengi sayur daun adas agar ASI lancar. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nambah ilmu lagi, ada daun adas juga buat memperlancar asi ya

      Delete
  13. Terimakasih yang sudah ikutan giveaway kecil-kecilan ini, sudah aku update ya yg dapat siapa :)

    ReplyDelete