#HappyTummy,

#HappyTummy: Menikmati Kuliner Sehat Asli Vietnam di Yeu Saigon Cafe

Yeu Saigon Cafe Jakarta ReviewKatanya Vietnam itu cocok untuk kamu yang suka wisata kuliner. Sajian khas Vietnam dibuat dengan bahan-bahan sederhana namun fresh dan sehat. Saya cukup penasaran dengan rasa otentik dari makanan khas Vietnam, dan berjodoh ketika tahu ada restoran baru di kawasan Epicentrum Kuningan yang bertema 'Kuliner Vietnam'.

Yeu Saigon Cafe, berusaha memperkenalkan kuliner Vietnam melalui sajian otentiknya. Kata "yeu" dalam bahasa Vietnam berarti "cinta". Restoran ini memang dibuat dengan latar belakang rasa cinta kedua pemiliknya pada masakan Vietnam. Ibu Le Thi Tuyet Mai dan Pak Praba Madhavan adalah dua orang penting dibalik Yeu Saigon Cafe.

Yeu Saigon Cafe berkonsep casual dining, pas banget buat makan di sini bareng sama teman, klien ataupun keluarga. Tersedia private room yang bisa digunakan untuk meeting room atau acara gathering.  Mereka menyajikan hidangan Vietnam otentik di Jakarta, sajiannya yang tidak mengandung Monosodium Glutamat (MSG) serta memiliki perkebunan sendiri untuk mensuplai berbagai sayuran untuk Yeu Saigon Cafe.
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Le Thi Tuyet Mai dan Praba Madhavan
Le Thi Tuyet Mai lahir dan tumbuh di Vietnam, sedangkan Praba Madhavan pernah menetap selama lima tahun di Ho Chin Minh City. Praba begitu mencintai masakan Vietnam yang healthy, tasty dan fresh namun kesulitan menemukan masakan yang serupa di sini. Oleh karena itu akhirnya mereka berdua mendirikan Yeu Saigon Cafe. 
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Interior dalam restoran bagus buat foto-foto :)
Ada beragam menu khas Vietnam bagian utara, selatan dan tengah yang ditawarkan oleh Yeu Saigon Cafe. Semua masakan dibuat oleh empat chef yang diimpor langsung dari Vietnam dan dibantu asisten-asistennya. Semua sayuran yang digunakan diperoleh dari kebun organik milik mereka sendiri, kebunnya sih ada di kawasan Cimanggis, Jawa Barat. Tidak hanya itu, daging sapi yang digunakan juga khusus. Hanya sapi yang diberi makan rumput yang boleh digunakan untuk restoran. Untuk beberapa bahan makanan seperti cabai dan kopi, mereka masih impor dari Vietnam. Rasa pedas cabai  Vietnam hanya akan sampai lidah berbeda dengan cabai lokal yang pedasnya bisa sampai perut. Kayaknya persiapan mereka cukup matang ya untuk bikin restoran ini. :D

Yeu Saigon Cafe Jakarta Review

Menyantap menu Autentik Vietnam 
Menurut beberapa orang yang sudah pernah ke Vietnam, Yeu Saigon Cafe memiliki banyak menu klasik Vietnam yang wajib dicoba. Penasaran apa saja yang disajikan di Yeu Saigon Cafe?

Appetizer
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Goi Cuon Tom : Fresh Spring Rolls with Shrimps
Ada Fresh Rolls sebagai appetizer, bentuknya berupa udang/ telur/ beef ditambahkan sayuran segar dan dibalut rice paper. Rasanya khas banget di lidah, ini enak banget buat yang mau diet atau sekedar clean eating. Goi Cuon Tom ini favorit saya, udah dibalut dengan sayuran segar dan rice paper. Sayuran segar yang memberikan bunyi kres-kres ketika dikunyah, sungguh makanan surgawi buat para penyuka clean eating kayak saya. :))

Yeu Saigon Cafe Jakarta review
Bo La Lot- Banh Hoi : Grilled Beef in Vine Leaf
Bo La Lot- Banh Hoi, daging sapi yang di grill dan dibalut dengan daun anggur. Pertama kali mencoba rasanya agak asing di lidah, tapi masih acceptable. Malah saya nambah, karena eno ga doyan hahaha. Aroma daunnya khas banget di lidah, tapi menurut saya sih lama-lama enak, hanya belum terbiasa saja. Mie beras putih yang lembut ikut menyempurnakan rasanya.

Main Course

Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Cha Ca La Vong : Hanoi style tumeric fish with dill
Sekarang mari mencoba main course menu di Yeu Saigon Cafe. Salah satu menu khas di sini yang jarang ada di restoran lain di Jakarta adalah Cha Ca La Vong. Makanan klasik ini berasal dari Hanoi, Vietam utara. Menu ini pada dasarnya adalah ikan tanpa tulang yang diberi rempah-rempah kemudian digoreng dengan sedikit minyak pada wajan datar. Ikan ini dimakan bersama mie beras ukuran kecil, daun bawang, daun dill, kacang goreng dan diberi sambal terasi. Rasanya gurih dan unik.
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Ga Rang Me : Fried Chicken with tamarind sauce
Ga Rang Me, mirip ayam berbumbu yang ada di mall-mall. Ini menu favorit di meja saya, sampai rebutan. :)) DUH MALU-MALUIN deh!
Rasa bumbunya ga boongan, benar-benar meresap dan daging ayamnya lembut.
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Muc Rang Moi : Fried Squid with onion and chilli in seasoning
Menu main course ke tiga di meja kami adalah Muc Rang Moi, cumi goreng dengan bumbu cabai. Sedikit mirip dengan cumi goreng diberi boncabe, hanya saja ini berbeda. Mulai dari bumbu yang meresap, cumi yang tidak amis, tapi makan ini harus pakai nasi kalau tidak mau keasinan.
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Pho Ga : Vietnamese Chicken Noodle Soup
Main course ke empat di meja kami ada Pho Ga, menu pesanan kak Eno ini ternyata isinya ngenyangin banget. Semangkuk pho hangat dengan isian daging ayam diiris tipis beserta bakso dan sayuran pendamping yang menciptakan harmoni di dalam mulut. Kalau ingin yang isiannya daging sapi bisa memesan Pho Bo.  Dijamin bakal ketagihan sama enaknya makanan ini.

Snacks

Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Banh Beo Tom Chay : Steamed Tiny Rice Cakes With Ground Shrimp
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
zoom : Banh Beo Tom Chay
Selesai dengan main course, datang lagi menu dessert dan snack. Banh Beo Tom Chay, bentuknya mungil, tinggal diberi saus cuka sedikit dan dapat dimakan dalam satu kali suap. Rasanya kayak bubur ayam tapi rasa udang gitu, ini enak lho!

Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Banh Khot : Crispy Mini Pancakes with Chicken and Shrimp
Menu selanjutnya ada Bank Khot, mini pancakes ini dimakannya juga dengan diberi sedikit kuah cabai dan langsung sekali suap. Makanan kecil-kecil seperti ini enak juga kalau dimakan buat camil-camil bareng teman.
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
ini semacam salad, tapi lupa namanya ._.
Beverages
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Vietnamese Coffee Ice
Ketika bertanya apa minuman khas di Yeu Saigon Cafe, kami pun ditawari dengan pilihan menu kopi Vietnam. Kami memesan kopi Vietnam dalam dua versi hot dan cold, rasa kopi dan aromanya kuat.
Yeu Saigon Cafe Jakarta Review
Banh Mi Thit Nguoi : Cold Cut baquette (ada yg berisi ayam /ikan)
Perjalanan piknik saya memang belum sampai ke Vietnam, tapi kuliner masakan Vietnam tinggal ke Yeu Saigon Cafe. Service para pelannya bagus, responsif banget, mereka juga mau ditanya-tanya tentang menu yang ada di Yeu Saigon Cafe, bahkan mereka menjelaskan cara makannya bila kamu baru pertama kali makan makanan Vietnam. :)
Saat ini sudah ada dua cabang Saigon Cafe dan dalam waktu dekat kabarnya mereka akan menyediakan layanan catering, untuk detail alamat akan saya tulis di akhir postingan ya. :)

Yeu Saigon Cafe Jakarta Review

-----
Yeu Saigon Cafe (HALAL)
General Tower at Gran Rubina Business Park
Kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan
021 2911 5575
Operating Hours: Senin-Minggu (10 am- 10 pm)

Saigon Delight (HALAL)
Kav E4 The Bellagio Mall
Jl. Mega Kuningan Barat, Duren Tiga, Jakarta Selatan
021 2970 4981
Operating Hours: Senin-Minggu (7am-10pm)




You Might Also Like

0 comments: