BTPN,

Jenius dari BTPN, Permudah Transaksi Perbankan dalam Genggaman

Saturday, August 20, 2016 Linda Leenk 8 Comments


PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meluncurkan sebuah aplikasi bernama Jenius pada tanggal 11 Agustus 2016 yang lalu. Aplikasi ini merupakan aplikasi perbankan yang dapat mempermudah kita dalam mengatur transaksi perbankan.

Butuh delapan belas bulan untuk mereka menyiapkan aplikasi ini hingga siap digunakan. Dalam kegiatan sehari-hari pasti ada banyak hal yang berkaitan dengan konsekuensi finansial, mulai dari transaksi sehari-hari hingga rencana keuangan masa depan. Hubungan yang tidak terpisahkan antara hidup dan keuangan ini mereka sebut dengan Life Finance.
Jenius available at Google Play and App Store
Saya adalah salah satu yang beruntung bisa menjajal aplikasi ini ketika masih beta. Jenius ini berbeda dengan aplikasi Digital Banking sejenis. Kelebihan dari Jenius ini adalah kita bisa langsung buka rekening hanya dengan melalui aplikasi ini, tanpa harus ke bank. Proses registrasi dari mulai foto diri, KTP, NPWP, tanda tangan dan lainnya bisa langsung melalui aplikasi ini. Kekinian banget kan! ((KEKINIAN))

Gimana engga kekinian, secara sekarang apa-apa sudah ada di smartphone. Beli makan tinggal buka smartphone, bayar dan kemudian makanan datang. Mau ke suatu lokasi tinggal pilih mau pakai ojek online, taksi atau transportasi online lainnya. Belanja bulanan pun sekarang sudah tinggal ketik-ketik smartphone, kemudian 'voila!' pesanan datang. Semua hal yang memudahkan tersebut merupakan keuntungan di era digital seperti sekarang ini.

Bayangkan saja bagaimana ribetnya membuka tabungan ke bank, harus antri, menunggu ini itu hingga buku rekening jadi. Nah dengan Jenius kamu tinggal download, register dan rekening pun jadi. Trus aman ga ya Jenius ini? Tenang, Jenius ini kan produknya BTPN dan jelas sudah melewati proses perijinan dan lainnya hingga akhirnya bisa diperkenalkan ke masyarakat luas.


Safety Build Around You
Ada beberapa fitur dari Jenius yang akan membuat hidup kita lebih mudah ( dan sudah saya coba) seperti Send It, Pay Me, $Cashtag. Saya jadi terbiasa membayar belanjaan online saya dengan Send it, tinggal tentukan jumlah uang, pilih penerima, dan kirim. Pernah merasa kesulitan menagih hutang ke teman/saudara? Pakai Pay Me! Fitur Pay Me ini berguna banget untuk mengirim permintaan uang, dan saya sudah sering mencobanya untuk transaksi online shop dengan beberapa teman. Jenius!
Pay Me

 $Cashtag adalah pembeda signifikan Jenius dari aplikasi Digital Banking sejenis. $Cashtag adalah -penyelamat bagi orang-orang yang susah menghafalkan digit nomor rekening karena dia menjadikan nama nasabah sebagai nomor rekening. Jadi masing-masing nasabahnya akan memiliki $Cashtag khusus yang dan tidak akan ada yang sama, jadi harus buru-buru buat akuisisi nama.



Smarter Finance
Saya pernah suatu ketika ceroboh meletakkan kartu kredit, saking paniknya akhirnya telepon ke call center untuk memblokir kartu tersebut. Tiga puluh menit kemudian kartu yang hilang tadi ketemu dan saya harus telepon call center (lagi) untuk membuka blokir tersebut. Kalau dihitung lumayan lho biaya waktu dan pulsa yang dipakai untuk telepon bolak-balik ke call center tadi. Di Jenius ada fitur Card Center, hanya dengan aplikasi ini bisa block/unblock kartu sementara/permanen tanpa harus telepon kesana kesini. Mudah banget, kan?

Kalau Dream Saver lebih pada tabungan terencana, namun yang menetukan nominal dan target serta tanggal hingga nominal tabungan tercapai ya si pengguna sendiri. Semisal kamu ingin punya gadget baru seharga IDR 2.000.000, saya bisa atur berapa nominal harian yang ditabung ke Dream Saver tersebut.

Split Bill

Suatu ketika saya dan geng pergi makan bersama, nah biasanya tagihan sementara dijadikan satu. Setelahnya baru hitung-hitungan untuk membayar tagihan. Jenius mempermudah transaksi Split Bill tersebut, tinggal hitung dan tagih langsung ke masing-masing orang, bayar tagihan makan bareng jadi gampang.

Beli pulsa

Sampai hari ini, Jenius benar-benar membantu dalam transaksi keseharian saya. Dari beli pulsa, bayar tagihan online shop, dan lainnya. Saat ini Jenius juga telah berkolaborasi dengan beberapa partner seperti Gojek, Spotify, BrightSpot, The Goods Dept, Indosat, XL, Telkomsel, elevenia, Dinomarket dan Trafique Coffee. Setelahnya akan lebih banyak partner dari Jenius, jadi segera download untuk ikut merasakan kemudahan mengatur Life Finance dengan simpler, smarter dan safer.


Cara Meng-install dan Register Aplikasi Jenius dengan lancar, mudah dan cepat:
* Pakai koneksi yang stabil atau bisa gunakan WIFI.
* Siapkan data diri seperti KTP, NPWP dan contoh tanda tangan di kertas putih
* Saat akan register pastikan berada di ruangan dengan cahaya terang, karena Jenius butuh foto yang jelas agar bisa membaca data yang kamu kirim.
* Demi menjaga keamanan dan kerahasiaan data yang kamu berikan, proses registrasi harus selesai dalam 45 menit.
*Proses pembuatan akun biasanya memerlukan waktu 10 menit. Namun apabila tiba-tiba proses registrasi terputus (bisa karena jaringan yang tidak stabil), kamu harus menunggu sekitar 10 menit untuk bisa kembali registrasi pembukaan akun baru.

Setelah pembukaan akun selesai, kamu hanya bisa melakukan top up dan menerima pengiriman uang.  Nantinya akan ada Jenius Crew yang menghubungi untuk janjian pengantaran kartu debitmu. Setelah menerima kartu debit, baru akun Jenius diaktivasi. Email notifikasi akan dikirim via email, dan setelahnya kamu bisa melakukan semua transaksi di aplikasi.

Apabila kamu masih membutuhkan bantuan untuk membuat akun Jenius, jangan ragu-ragu untuk menghubungi Jenius Help di 1500365, email: jenius-help@btpn.com atau LINE: @jeniushelp. Untuk informasi lebih lengkap bisa colek-colek Jenius di twitter atau membaca langsung secara detail di website.



You Might Also Like

8 comments:

  1. Asik memang punya Jenius ya, mulai dari buka rekening sampe segala2 bs dr hape ;)

    ReplyDelete
  2. Sis, besok buka PO apalagi sih? *kekepin saldo Jenius*

    ReplyDelete
  3. fitur2nya memang dibutuhkan banget .. teknologi makin memudahkan kita, memang seharusnya begitu ya

    ReplyDelete
  4. lebih sip lagi bisa sambungin ke pc dan scan barcode untuk belanja-belanja ke market

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya untuk teknologi yang seperti itu masih lama untuk di Indonesia ya :)

      Delete
  5. dgn aplikasi jenius ini semakin memanjakan para nasabah bank BTPN ...

    ReplyDelete