Fashion Review,

Batik Rasa Muda ala Amaragita Batik

Friday, September 23, 2016 Linda Leenk 3 Comments


Batik saat ini sudah cukup banyak berubah, mengikuti perkembangan jaman. Kain-kain cantik disulap sedemikian rupa sehingga pemakainya tidak merasa kuno ketika memakainya, meski sebenarnya menurut saya batik dengan motif klasik tetap memiliki nilai tersendiri ketika dipakai. 

Sore itu saya mendapat ajakan untuk melihat pameran batik, acara yang selalu saya nantikan setiap tahunnya. Namun ada yang berbeda kali ini, acara yang akan dihadiri tidak hanya tentang pameran melainkan juga ada Homecoming Fashion Show oleh Amaragita Batik.


Amaragita dirangkai dari bahasa jawa kuno yang terdiri dari dua kata yaitu Amara dan Gita. Amara berarti bidadari sedangkan Gita merujuk pada kebaikan dan keanggunan. Kedua kata tersebut ketika digabungkan memiliki arti kesatuan sebagai wanita cantik, anggun, modern dan senantiasa berbuat kebaikan. Faramita Dewi, designer Amaragita adalah salah satu perancang yang cukup concern untuk membuat batik semakin menyenangkan dipakai, dan ingin agar pemakainya tampil anggun mempesona dalam kehidupan modern yang positif.

Kamu pasti sudah sering membaca tentang batik printing, batik cap, dan batik tulis. Nah Amaragita berkomitmen menjadi brand batik yang komprehensif merangkul segmentasi dari ketiga jenis batik tersebut. Kalau kamu cukup jeli ada beberapa motif batik yang terlihat seperti motif-motif kuno layaknya kawung dan lainnya. Mita sang desainer membuatnya menjadi lebih cantik, lihat saja sebagian koleksinya ini.

Amaragita sudah ada sejak tahun 2010, sudah enam tahun diproduksi di rumah pribadinya yang berada di seputaran Bintaro, Jakarta Selatan. Pekerjanya pun bukan impor dari daerah penghasil batik, dia cukup melatih para pemuda di sekitar workshopnya. "Butuh waktu memang untuk mengajarkan orang membatik, namun sekarang mereka sudah pada ahli", kata Mita di Pameran FOLKnVOUGE setelah Home Coming Fashion Show 10 September 2016 lalu.

Home Coming bisa dibilang project 'nekatnya' Mita, menyelesaikan tiga puluh koleksi untuk fashion show dalam tenggat waktu pendek yang hasilnyapun sangat cantik dan menarik (kasih sepuluh jempol). Ada yang unik dari koleksi Homecoming dari Amaragita ini, ada taste yang berbeda dengan koleksi yang tersedia di bookletnya. Pada koleksi terbarunya lebih banyak desain yang kontemporer, dengan bahan denim dipadukan dengan bahan lain yang lebih ringan, kemudian ditambahkan motif batik yang dibuat sedemikian rupa sehingga terasa pas dan menarik untuk dilihat dan dipakai.

Beberapa koleksi Mita ada saya rangkum di youtube. Ada yang kamu suka? Yuk kepoin akun social media Amaragita!

Amaragita bisa ditemui di Bali, tepatnya di Jalan Tukad Barito no. 30 Denpasar, dan Mall Bali Galeria lantai 2. Untuk di Jakarta ada di Alun-alun Indonesia Sogo Central Park serta Alun-Alun Indonesia Sogo Alam Sutera. 


=====
Amaragita Batik


You Might Also Like

3 comments:

  1. Aih...batik jadi makin cantik ya.. :)

    ReplyDelete
  2. Sekarang jd makin cinta batik. Desain n coraknya makin cantik aja ya

    ReplyDelete
  3. Batik nya kekinian banget, mengikuti selera anak muda tapi harga nya pasti melangit ngak kak ???

    ReplyDelete