#HappyTummy,

#HappyTummy: Serba Pedas di Mbah Jingkrak Setiabudi

Sunday, December 31, 2017 Linda Leenk 6 Comments


Suka makan makanan pedas? Berarti kamu harus coba makan di Warung Mbah Jingkrak. Dulu ketika masih berkantor di daerah Thamrin saya pernah beberapa kali makan siang di Warung Mbah Jingkrak, namun tidak pernah sampai benar-benar melihat kedalamnya.

Warung Mbah Jingkrak letaknya ada di daerah Setiabudi Jakarta, tempatnya selalu ramai dan hari itu saya kembali kesana buat makan-makan bersama teman kantor.  

Begitu masuk langsung terasa suasana jawa dengan banyak dekorasi unik , kuno dan cenderung ramai. Di depan pintu masuk disuguhi welcome drink berupa asam jawa dan beras kencur. Lalu ada meja panjang dengan banyak menu masakan yang disajikan di dalam kendil-kendil dan disusun rapi. Hampir semua menunya pedas, tempat ini surga banget buat yang suka makanan penuh cabai. Di sini saya ga foto-foto, hanya ambil video. Ga enak juga kebanyakan foto, saat ada tamu lain yang sedang memilih makanan.

Kalau dilihat-lihat dekorasinya cukup eksentrik, semua ditaruh disitu sebagai hiasan. Bukan dekorasi aesthetic tapi ya tetap saya foto-foto juga sebagian.



Ada satu dinding yang dihias dengan figura berisikan beberapa merk rokok yang bahkan saya baru tau ada merk-merk tersebut. Sampai ada sample rokok yang jumlahnya limited  buat siapa saja yang ingin mencoba. 

Menu makanan di Mbah Jingkrak Setibudi yang kami pilih hari itu ada ayam rambut setan, tempe mendoan dan lainnya. Isinya semua disambelin, untungnya minuman engga sampai harus disambelin juga.


Pas banget ketemu mendoan di sini, dari kemarin lagi ngidam mendoan tapi belum dapat yang rasa tempe nya pas (biasanya pada kurang bumbu). Nah sewaktu di Mbah Jingkrak Setiabudi, Mendoan Banyumasan ini cukup favorit. Tempe goreng setengah matang yang katanya dikirim langsung dari Banyumas dengan ukuran yang cukup besar. Pas banget untuk dinikmati beramai-ramai,  dan karena kami-kami yang sudah datang ini cukup kelaparan sih makanya langsung berebut.  Mendoan anget-anget dicocolin sambal kecap, mana tahan..

Saat hidangan utama disajikanpun, mendoan tetap menjadi favorit bahkan kali ini dimakan bersama dengan sambal setan yang pedesnya nampol banget. 

Makanan utama kami saat di Warung Mbah Jingkrak Setiabudi adalah Ayam Rambut Setan. Porsi ayamnya cukup besar, begitu pula dengan sambal yang menutupinya. Salah satu menu masakan khas warung MJS. Ayamnya dimasak dengan cara diungkep bersama cabai dan daun kemangi. Rasa pedas si ayam ga hanya dibagian luar saja, tapi juga masuk sampai ke daging dalamnya. Saya yang biasanya doyan banget sama makanan pedas, akhirnya menyerah juga sama pedasnya si Ayam Rambut Setan. Ingin ku berkata kasar saking kepedasannya. πŸ˜“πŸ˜‚


Buat yang kurang suka pedas, Warung Mbah Jingkrak Setiabudi ini juga sedia masakan ayam yang tidak pedas kok. Saya ga makan ini, jadi ga bisa kasih testimoni juga.




Beberapa menu lain yang kami pesan ada kikil, cumi dan ikan yang pedasnya masih bisa ditolerir. Setidaknya ga bikin yang makan semegap-megap kalau makan sambal setan sih.

Restoran ini cukup besar, dibagian belakangnya ada yang konsepnya ruangan outdoor gitu. Kami yang bertigapuluh ini lebih memilih untuk makan di ruangan outdoor, ya biar yang mau merokok juga lebih mudah sih. 

Buat minuman kemarin tidak ada yang pesan menu aneh-aneh, standar es jeruk dan es teh. Menu makanan yang dipesan sudah cukup beragam dan banyak, takut mubazir kalau sampai pesan minuman aneh-aneh dan ga dihabiskan juga.

Secara keseluruhan Warung Mbah Jingkrak ini asik banget buat dijadikan tempat hangout buat ngumpul atau nongkrong bareng teman-teman maupun keluarga. Harga makanannya juga cukup terjangkau dengan rasa yang enak. Yuk kesini lagi yuk!



Jl. Setiabudi Tengah no. 11, RT.1/ RW1
Setiabudi, Jakarta Selatan
Budget per orang sekitar IDR 75.000


You Might Also Like

6 comments:

  1. Belom pernah makan di sini. Sering denger doang. Ciyan yah akuh 😭😭😭

    ReplyDelete
  2. Wajib dicoba nih kayanya enak deh

    ReplyDelete
  3. ya ampuuuuun, mendoan dan sambel iblis junjunganqueee! Udah lama banget ga makan disini, kangen banget T_T

    ReplyDelete
  4. Great post on "HappyTummy: Serba Pedas di Mbah Jingkrak Setiabudi". As a professional chef i have to appreciate your work. Keep Posting useful posts like this. Keep in touch with my websites- Culinary Schools | Cooking Schools

    ReplyDelete
  5. Inget ini lgs nostalgia zaman masih kos di setiabudi :D. Dulu kos an ku deket ama mbah jingkrak ini, tinggal ngesot :p

    Dan seringnya kalo malam ama temen kos ya makannya di sana hahaha.. Lumayan murah soalnya. Duuuh jd kangen ih. Stlh nikah aku udh jrg ke daerah setiabudi.. Kgn jg ama pistales :p

    ReplyDelete