#HappyTummy,

#HappyTummy: Makan dan makan di Festival Jajanan Bango 2018

Wednesday, April 25, 2018 Linda Leenk 7 Comments


Selalu bahagia ketika Festival Jajanan Bango berlangsung, gimana engga? Segala makanan yang menarik dan yang biasanya jarang dimakan ada di sana.
Btw  Festival Jajanan Bango 2018 sudah berlangsung kemarin Sabtu (14/4) dan Minggu (15/4), festival yang tidak hanya memanjakan mata yang namun juga lidah dan perut. Oh iya untuk tahun 2018 ini teman Festival Jajanan Bango adalah mengenai ragam soto di Indonesia.

Ada 83 stall makanan tersaji di acara yang merupakan wujud komitmen dari Kecap Bango untuk melestarikan warisan kuliner Indonesia. Ada cukup banyak makanan yang bisa bikin kita rela merogoh kocek agak dalam demi bisa mencoba semua makanan yang ada di sana. 

Siang itu Jakarta cukup panas,beberapa hari ini matahari lagi semangat banget buat menyinari bumi. Saya dan beberapa teman yang janjian datang ke Festival Jajanan Bango 2018 sempat agak terlambat gara-gara ada jalur jalan yang dialihkan dan bikin jalanan lainnya terhambat. Tapi untunglah kami semua sampai di lokasi dan ga kehabisan makanan. (ya sapa tau kan pada ngeborong)
Daftar Menu Makanan Festival Jajanan Bango 2018 di Jakarta

Meski sudah sempat mengecek daftar menu makanan di situs resmi Kecap Bango sebelum acara FJB2018, tetap di hari H jodohlah yang menentukan menu apa yang akhirnya terbeli. Apalagi posisi lapar dan terik seperti kemarin, saya cenderung menghindari stall yang antriannya terlalu banyak.  Untungnya ada banyak pilihan makanan lain yang tetap bisa dinikmati selama acara FJB2018.

Oh iya sebelum berkeliling kami dikumpulkan dulu dalam satu tenda, dan dijelaskan oleh mas Ari Parikesit tentang FJB 2018 dan stall apa saja yang wajib dikunjungi. Tema FJB 2018 ini adalah soto, jadi jangan kaget dengan 15 jenis soto yang hadir di Festival Jajanan Bango 2018. Tema 'Kampung Soto' yang sengaja diusung di acara ini adalah demi mendukung terhadap salah satu program yang tengah dikembangkan oleh Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf), yaitu 'Kuliner Rasa Indonesia Mendunia'. Harapannya soto bisa menjadi tenar dan dikenal di kancah internasional.

Sayangnya di Festival Jajanan Bango 2018 ini saya tidak sempat mencoba beragam jenis soto tersebut, perhatiannya teralihkan duluan dengan beragam jenis makanan yang ada.

SATE KLATAK MAK ADI

Sate klatak yang biasanya hanya bisa dinikmati ketika berkunjung ke Yogyakarta ini dibawa ke Jakarta oleh FJB 2018. Dengan harga IDR 35.000 kamu dapat 2 tusuk sate dan nasi.

Sate klatak adalah salah satu sate yang bumbunya cukup sederhana, hanya menggunakan garam dan merica kalau tidak salah. Daging kambing yang digunakan biasanya daging kambing muda, dan ajaibnya mereka bisa mengolah hingga si daging tidak terasa amis.

SATE MARANGGI TUKANG MASAK

Saya tidak ingat kapan pertama kali mencoba sate maranggi, begitu kemarin ada di Festival Jajanan Bango langsung beli karena kangen.

Sate maranggi agak berbeda tampilannya dengan sate biasa. Kalau biasanya sate dilumuri bumbu kacang, di sate maranggi ini tanpa bumbu. Sate maranggi dimasak dengan cara merendam si daging dengan campuran berbagai bumbu terlebih dahulu, jadi bumbunya meresap. Setelah itu dibakar dan disajikan tanpa tambahan bumbu lagi, buat yang suka pedas tinggal dicocol ke sambal waktu makannya. Yang paling saya ingat dari rasa sate maranggi itu, dagingnya lembut dan manis. Makan sedikit saja biasanya sudah cukup kenyang.


PEMPEK NY. KAMTO

Salah satu makanan legendaris yang selalu saya datangi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Kota Yogya memang banyak kenangan tersendiri buat saya. :))


Kombo pempek kapal selam dan pempek kulit benar-benar bikin mulut bergoyang keenakan.
Pempek merupakan makanan khas Palembang Sumatera Selatan, tapi yang NY Kamto ini sudah ada di Yogya dari sejak saya kecil. Pempek yang tersaji sudah sedikit diiris-iris agar mudah dimakannya. Ada dua pilihan cuko yang disediakan, manis dan pedas. Biasanya saya akan minta cuko yang dicampur, supaya tidak kepedasan. Lalau bagaimana dengan rasanya?
Enak! Ikan tengirinya cukup terasa, hanya saja memang yang disajikan ini kurang hangat.


TONGSENG IGA SPESIAL DAPUR JAWA PERAWANG

Sudah beberapa hari ini saya lagi kepingin makan tongseng, eh berjodohnya di acara FJB 2018.
Tongseng yang dihargai IDR 35.000 ini bisa bikin kenyang banget lho!
Tongseng biasanya identik dengan daging kambing, tapi sepertinya yang ini agak berbeda. Menu yang ditawarkan adalah tongseng iga, rasanya tidak kalah dengan tongseng biasa. Dagingnya lembut banget, ga perlu usaha lebih untuk mengunyahnya. Racikan bumbunya pas, bikin rasa gurihnya pas dan kuahnya pun segar. Enak banget dan pas untuk disantap di siang hari. 

Waktu beranjak sore dan sayapun harus segera bersiap untuk acara berikutnya sore itu. Padahal masih ada banyak makanan yang ingin dicoba di Festival Jajanan Bango 2018 kemarin itu. Dessert pun belum sempat dicoba, huhu. 

Festival Jajanan Bango 2018 Jakarta memang sudah selesai, namun ternyata masih akan ada lagi nanti Sabtu (5/5) dan Minggu (6/5) di Makassar. Buat kamu yang ada di Makassar dan/ akan berencana ke Makassar jangan lupa mampir ya. Ada banyak makanan lokal yang datang untuk merayakan momen 90 tahun Bango melezatkan masakan Indonesia. 

Buat yang penasaran ingin tahu seperti apa Festival Jajanan Bango nantinya yang di Makassar silakan langsung memfollow akun-akun social medianya FJB2018 di Twitter/Instagram dan Facebook, bisa juga langsung cek di web mereka.

KAMI YANG KEKENYANGAN DI FESTIVAL JAJANAN BANGO 2018
Terimakasih Bango, sudah menghadirkan makanan nusantara di satu tempat sehingga kami bisa mencoba semuanya :)




You Might Also Like

7 comments:

  1. Mendadak jadi pingin makan sate, hehe. Gara-gara lihat postingan ini XD.

    ReplyDelete
  2. Pempek Nyonya Kamto ini berada di level atasnya pempek Megaria. Suka deh

    ReplyDelete
  3. karena baru makan sate, aku gak tergoda sama satenya, tapiiii... mpek mpeknya keliatan enak bangeet...

    ReplyDelete
  4. Sayangnya FJB ini kurang lama acaranya. Gak sempat icip2 kesana..
    Salam kenal ya 😊😊

    ReplyDelete
  5. Aku kemarin gak sempat cobain Pempek Ny. Kamto. Hmm.. Kalo pas ke Jogja harus coba kali yaa..

    ReplyDelete
  6. AAAAKKKKKKK langsung lapaarrrrr lihat foto dan ulasannya.
    Sayang banget nggak bisa ke sana karena sedang stay di Bandung.
    Tapi kalau ke sana kayaknya bakal kalap deh hahahaha

    dini // sejenakberceloteh.com

    ReplyDelete
  7. kamu ada coba klappertaart gak? itu yang jual temenku. enakkk..

    ReplyDelete