#LingTrip,

#Lingtrip : Hidup ala lokal di Kampung Ragam Warna Mranggen Kendal

Monday, May 28, 2018 Linda Leenk 4 Comments


Halo, lama sekali saya ga update soal cerita jalan-jalan.
Kali ini saya mau cerita tentang perjalanan saya ketika berkunjung ke Kampung Ragam Warna yang ada di Mranggen, Kaliwungu Kabupaten Kendal.

LOKASI
Lokasi Kampung Ragam Warna ada di daerah Mranggen, desa Kutoarjo Kaliwungu Kabupaten Kendal. Sekitar satu jam perjalanan dari Semarang dengan menggunakan kendaraan pribadi, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk masuk ke desanya.

Kami sampai di Mranggen sekitar pukul 19.45 WIB, setelah mengeluarkan semua barang bawaan dari mobil yang diparkir di depan makan (yang ternyata merupakan tempat wisata religi) perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke Kampung Ragam Warna. Jalanannya menurun, dan butuh ekstra hati-hati karena penerangannya belum terlalu baik.
Pasukan kelaparan disambut dengan buah yang seger
Malam itu kami disambut dengan penuh suka cita oleh warga setempat, kami masing-masing diantarkan ke rumah warga yang akan jadi tempat menginap malam itu. Setelahnya kamipun berkumpul di 'Mranggen Gallery' semacam balai desanya Kampung Ragam Warna kalau saya lihat. Disana kami disuguhkan dengan beragam makanan lokal yang bikin kami lapar mata kekenyangan setelahnya. 

Malam itu, kami diperkenalkan dengan yang namanya Drumblek dan juga Tari Payung. Sajian khas yang bisa ditemui ketika berkunjung ke Kampung Ragam Warna
Sebelum drumlek ada atraksi kesenian dulu nih

Tari payung yg diiringi dengan musik dari drumlek


Setelahnya ada hiburan dari Orkes Malaya yang sengaja didatangkan untuk menghibur warga sebelum peresmian Kampung Ragam Warna esok harinya. Sayang, saya sudah cukup kelelahan karena sebelum ke Mranggen sudah diajak berkeliling Semarang duluan oleh tim dari Pasific Paint. Namun cerita tentang satu hari keliling Semarang nanti akan diupdate di tulisan terpisah ya.


KAMPUNG RAGAM WARNA
Rombongan kami terbagi dalam empat rumah warga, masing-masing rumah dihias dengan warna-warna yang cantik. Sebagian ada yang benar-benar tinggal bersama warga, sebagian ada yang tinggal di rumah kosong yang nantinya didedikasikan sebagai homestay khusus wisatawan yang ingin merasakan tinggal di Kampung Ragam Warna.

Sebelum masuk Kampung Ragam Warna
Pasukan pencari tempat buat ootd 
Kampung ini terbentuk dari dua RT yang berisikan sekitar 100 kepala keluarga, semua rumahnya pun dicat warna-warni. Proses pengecatan sudah dimulai sejak Desember 2017, yang ditandai dengan berbagai kegiatan. Dimulai dengan kerja bakti pengecatan rumah warga, serta pelatihan kesenian dan keterampilan. 

Tidak hanya berwarna-warni, namun kampung ragam warna ini juga diberi beberapa fasilitas penunjang seperti galeri, panggung pentas seni. Ada drumlek dan tari payung sebagai ciri khas kesenian dari kampung ini.  Di Mranggen Gallery kamu bisa melihat hasil kerajinan yang mereka buat di dalamnya.
Warna-warni Kampung Ragam Warna

Kami yang piknik ke Kampung Ragam Warna Mranggen
Salah satu kerajinan yang dibuat oleh para pemuda di Kampung Ragam Warna

A post shared by Lingling (@lindaleenk) on

Keesokan harinya adalah hari peresmian Kampung Ragam Warna, dan sebelum kampung dipenuhi pengunjung kamipun menyempatkan untuk berkeliling melihat-lihat kesibukan warga setempat di pagi hari.
Anak kecil mulai berjejer di pinggir jalanan demi menyambut pejabat setempat
Para penari payung pun ikut menghibur para tamu
Hari bertambah siang, warga mulai berkumpul memadati jalanan kampung. Ternyata ada pejabat daerah yang akan datang dan meresmikan Kampung Ragam Warna ini. Tak ketinggalan tentu saja iringan musik dari drumlek, ikut memeriahkan acara siang itu.
Drumlek
Akhirnya acara peresmian pun dimulai! Diawali dengan ramah tamah dan sambutan dari beberapa pihak sampai akhirnya peresmian Kampung Ragam Warna oleh Ibu Bupati Kendal. Untuk melihat acara secara keseluruhan bisa langsung menonton di sini

Selesai dengan peresmian pun kami pun mengikuti workshop menghias payung, terlihat mudah tapi ternyata ya ga gampang apalagi saya ga jago-jago amat menggambarnya. :))
Mencampur warna untuk menghias payung
Contekan itinerary selama di Kampung Ragam Warna:
Satu hari berkeliling Semarang dan diakhiri dengan menginap di Kampung Ragam Warna.
Hari berikutnya bisa:
- Explore Kampung Ragam Warna Mranggen
- Belanja Jajanan pasar yang harganya cukup murah 
- Pilih workshop yang ingin diikuti (bisa 2-3 workshop dalam sehari, tergantung ketersediaan)
- Check out dan pulang
Yang paling penting dari semua rangkaian acara tersebut, cobalah untuk berinteraksi dengan warga sekitar. Jaga kebersihan dan jangan mencorat-coret. 


You Might Also Like

4 comments:

  1. menhidupkan potensi wisata lokal, menarik untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  2. spotnya sangat sangat instagramable banget!

    ReplyDelete
  3. Wow...ada juga kampung berwarna ya. Di Bandung, baru aja jalan² ngabuburit di Kp Cibunut Berwarna. Kalau naik KA ke Malang, masuk kota Malang ada juga Kampung Warna-warni. Kelihatan dari KA...

    ReplyDelete
  4. keren tempatnya, baru diresmikan iya.

    ditempat saya juga ada kampung warna kayak gini

    ReplyDelete