review

Perpanjang SIM Online itu Mudah

Tuesday, October 09, 2018 Linda Leenk 10 Comments


Perpanjang SIM Online
Buat saya yang ber KTP Semarang namun tinggal di Jakarta, seharusnya perpanjang SIM itu mudah, apalagi katanya sekarang semua sudah online. Sampai akhirnya saya mengalami sendiri prosesnya.

SIM akan habis sebulan lagi, saya dua kali bolak-balik mendatangi lokasi tempat Bis SIM Keliling yang biasanya ada di dekat rumah. Kedatangan pertama si mobil tidak ada, katanya sedang diliburkan. Minggu depannya datang lagi dan si mobil tidak ada, iseng saya mendekati pos polisi terdekat dan bertanya. Katanya lokasi Bis Sim Keliling sedang pindah, sambil beliau bertanya kapan SIM saya expired ( habis masa berlakunya).

SIM saya saat itu masih berlaku sampai paling tidak sebulan lagi sih, dan dari petugas tersebut saya baru tau kalau sekarang mau perpanjang tidak boleh lebih dari dua minggu sebelum masa berlaku habis. Jadi kalaupun saya datang ya akan ditolak, dan percuma.

Dua minggu sebelum masa berlaku SIM habis, akhirnya saya mendedikasikan satu hari untuk mencoba mengurus perpanjangan SIM tersebut. Dari yang saya baca di sana sini dan informasi dari teman, seharusnya meskipun SIM Semarang/ kota lainpun bisa diperpanjang di Jakarta karena sistemnya sudah online.

Tempat pertama yang saya datangi ada mobil SIM keliling dekat rumah, lega waktu lihat ternyata tidak terlalu ramai. Sampai akhirnya ketika mau minta formulir, mobil tersebut tidak melayani perpanjangan SIM. Bis SIM keliling yang didatangi itu hanya melayani perpanjangan STNK, kalau SIM saya harus ke lokasi lain. Waktu itu waktu masih menunjukkan pukul 08.00 pagi, dan saya pun berpindah menuju ke lokasi Bis yang khusus untuk perpanjangan SIM tersebut.

Sampai di lokasi saya melihat ada banyak orang dan banyak antrian. Saya yang bingung tanpa petunjuk ini langsung ikut antri, tapi ternyata itu antrian untuk yang tinggal foto sim. Hahaha, salah saya juga sih ga bertanya dulu. Menurut pak polisi yang sempat diajak ngobrol, kuota perhari dibatasi dan sepertinya sudah penuh. Itu masih jam 09.00 pagi dimana loket perpanjang SIM seharusnya baru dibuka jam 08.00. 

Sudah mulai kesal?
Saya sudah ๐Ÿ˜“

Pilihan terakhir saya mencoba memperpanjang sim saya di Gerai Mall Gandaria City, logika saat itu gerai mall buka sampai malam. Kalau saya datang pagi, seharusnya kuota masih ada kan?

Pukul 10.30 saya sampai di Gandaria City, dan ternyata sudah diperbolehkan masuk kalau mau ke tempat mengurus perpanjangan SIM tersebut. Ketika saya datang, sudah banyak yang mengantri sambil membawa form . Saya yang baru datang berusaha mencari informasi dan akhirnya ikut mengantri demi mendapatkan form. 

Dan lagi-lagi saya ditolak dengan kalimat, "Perpanjangan SIM di sini diutamakan untuk yang KTP Jakarta, kalau luar Jakarta ga bisa". 
WHY?

************
Sudahlah mau marah sama sistem juga saya bisa apa?
Akhirnya kurang dari seminggu saya menjadwalkan kepulangan ke Semarang demi perpanjang SIM.


LOKASI DAN JAM PELAYANAN PERPANJANG SIM ONLINE DI SEMARANG

Berikut lokasi/ tempat serta jam pelayanan Perpanjang SIM keliling atau online di Semarang, hasil stalking dari twitter:
  1.  Satpas 1421 (Blenduk Kota Lama)
  2.  Polsek Semarang Barat (lantai 2)
  3.  SIM Keliling di depan Giant Extra Semarang Barat
  4.  SIM Keliling Srondol (lokasinya pas di parkiran Kubota)
  5.  SIM Corner Simpang Lima

Untuk pembuatan SIM Baru hanya bisa di Satpas 1421 yang di Blenduk Kota Lama ya.
Rata-rata jam pelayanannya : Senin  - Kamis jam 08.00- 12.00
                                                Jumat - Sabtu  jam 08.00 - 11.00

Kecuali untuk yang Simpang Lima bisa sampai jam 19.00, dan ada jam istirahat yaitu jam 12.00 - 14.00. 
Jadwal pelayanan SIM Keliling Simpang Lima Semarang

DOKUMEN YANG DIBAWA SAAT PERPANJANG SIM ONLINE

Ini simpang siur banget informasinya sampai akhirnya membaca di sini.
Dokumen yang dibawa saat perpanjang SIM Online itu adalah:
  1. SIM ASLI dan Fotocopy (1 lembar)
  2. KTP ASLI dan Fotocopy (1 lembar)
Tapi buat jaga-jaga saya bawa dua lembar copy-an, meski di lokasi biasanya ada tempat buat fotocopy (semisal lupa bawa). 
Sayapun akhirnya perpanjang SIM di SIM Keliling Srondol Semarang, mobilnya ada di pinggir jalan dekat bangunan Kubota. Tapi antrinya mulai dari parkiran di dalam.

Proses perpanjangan SIM pun relatif mudah dan cepat, ga sampai satu jam sim baru pun sudah di tangan. Dimulai dengan mengisi form (yang ternyata dibantu diisikan oleh petugasnya langsung) dan menyerahkan dokumen yang sudah difotocopy, di sini bayar IDR 2.000. 
Antrian pengisian formulir dan Pengecekan kesehatan
Proses selanjutnya adalah test kesehatan, ada petugas yang akan mengukur tensi serta tes buta warna sebagai syarat perpanjang SIM, tidak lupa membayar sebesar IDR 50.000. Selanjutnya saya disuruh menunggu untuk proses foto dan cetak SIM. Tidak berapa lama nama saya dipanggil dan proses foto SIM dilakukan di dalam bis SIM Keliling tersebut. Selesai dengan foto, tinggal menunggu cetak SIM dan di sini bayar IDR 75.000.
Mengantri foto sim di dalam bis SIM Keliling
Total biaya untuk perpanjang SIM C saya adalah IDR 127.000, belum termasuk tiket pulang pergi JKT-SMG-JKT ๐Ÿ˜œ. Prosesnya pun cukup cepat, saya datang pukul 10.26 dan SIM baru sudah saya pegang di jam 10.51.

Coba ya kalau tanpa harus mudik dulu, bisa lebih hemat meski belum tentu prosesnya akan secepat ketika saya perpanjang SIM di Semarang. Btw foto SIM dan dokumen lainnya itu susah ya, pasti hasilnya ya gitu. Di SIM terbaru ini foto saya kayak ngantuk karena terkejut dengan flash camera saat pengambilan foto.  ๐Ÿ˜“


Sekian cerita tentang perpanjangan SIM C saya, meski di Jakarta jadi anak angkot tapi tetap butuh SIM C kalau lagi nyetir sendiri pas mudik. Oh iya untuk perpanjang SIM A kalau tidak salah biaya cetaknya sekitar IDR 80.000. Biaya lain-lainnya mungkin agak mirip dengan biaya perpanjang SIM C.

Pengalaman saya ini mungkin bisa berbeda di kamu dan kamu (tunjuk-tunjuk), siapa tau kan ada yang KTP luar Jakarta namun berhasil perpanjang SIM di Jakarta. :)

You Might Also Like

10 comments:

  1. hedeeh... online apanya dah.. kacrut sekali sistemnya..

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat sekali mbak informasinya, ijin share ya :)

    ReplyDelete
  3. 2 minggu? Suami saya bulan september kemarin dtg h-3 ditolak, br bisa perpanjang h-2, huhu...

    ReplyDelete
  4. Aku blm prnh nih urus sim apapun :D. Krn jujur aja, walo bisa bawa motor dan mobil, tp ga berani bawa di jakarta mba, lawannya sadis2 wlwkwkwkw... Drpd nabrak ato ketabrak, aku putusin dianterin kemana2 :p. Jd ga ngerti juga cara pengurusan nya.. . Palingan aku nemenin suami klo dia perpanjang sim nya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun punya sim tapi ga berani nyetir di jakarta
      tapi kalau mudik kan mau ga mau nyetir hahaha
      jadi harus punya sim

      Delete
  5. Waaah, saya di Jogja berarti mesti kembali ke Jakarta hanya untuk perpanjang SIM... Hasyeeem ik.
    Harusnya yang namanya sudah daring bisa dong ya perpanjang dimanapun.


    Salam.

    ReplyDelete
  6. Iya, sekarang ini memang lebih mudah mb. Tapi kadang juga susah kok

    ReplyDelete
  7. Dahulu lebih sulit mengurus SIM, kini lebih mudah si sebenernya

    ReplyDelete