#softlaunchsugar,

Sugarlive, Aplikasi Live Streaming dari Indonesia

Wednesday, January 16, 2019 Linda Leenk 8 Comments


Akan segera hadir!
Aplikasi live streaming asli bikinan Indonesia, ga sabar sampai aplikasi ini benar-benar siap digunakan.

Sugarlive adalah sebuah platform live streaming buatan anak bangsa. Harapannya nanti begitu sudah bisa digunakan akan banyak content creator lokal yang bisa memaksimalkan fungsi dari aplikasi itu sendiri karena bakal beda banget sama aplikasi live streaming yang lain.

Minggu lalu saya dan beberapa teman hadir saat soft launching dari aplikasi Sugarlive ini. Aplikasinya sendiri masih beta, tapi kami diberi sedikit contekan akan seperti apa nantinya isi si Sugarlive ini. Kamu yang suka ngobrol di depan kamera, siaran live broadcast, live coverin lagu, harus cobain banget si Sugarlive ini. 

Saya datang agak terlambat sih, soalnya itu hari kerja. Tapi untungnya belum ketinggalan isi utama si acara. Acaranya berlangsung di SHY Rooftop, Kemang Raya Jakarta dan dihadiri oleh beberapa undangan. Sesampainya di resto yang terletak di lantai 4 The Papilion kemang ini, saya disambut dengan mbak-mbak berbusana mini dress hitam dan aksesoris bandana berbentuk telingan kelinci. Tidak ketinggalan ada dua cowok yang pakai jas hitam beserta kepala boneka kelinci raksasa. Rasanya tema acara ini serba kelinci ya, dan kayaknya memang kelinci ini merupakan ikon dari Sugarlive itu sih. 😂😂

Begitu masuk saya langsung melihat sekeliling mencari wajah-wajah yang dikenal, sempat melirik ke makanan tapi balik lagi fokus cari teman sebelum makan. :)) Untungnya mereka-mereka yang saya kenal ini duduknya tidak terlalu jauh dari pintu masuk, jadi bisa langsung gabung tanpa mengganggu tamu lain yang sudah lebih dulu datang.

Setelah berkumpul, bertegur sapa dan lainnya mulai lah kami-kami yang lebih sering bertemu ketika dapat undangan ini sibuk mengabadikan moment dengan berfoto-foto. Ada tempat khusus semacam photobox dengan tema aplikasi Sugarlive beserta lampu sorotnya yang bisa digunakan sebagai tempat foto-foto. Tapi ya antrinya lumayan, mana setiap kali mau foto ada aja orang yang lewat.

Sebenarnya saya agak kurang puas soalnya cahaya remang-remang, tapi yasudahlah. Pinginnya sih foto bareng cowok berkepala kelinci yang merupakan ikon Sugarlive, tapi kemarin dicariin malah hilang entah dimana. Macam-macam gaya yang berfoto mulai dari sendirian, berdua, bertiga hingga berenam yang mana layar dummy Sugarlive nya pun terlihat tidak muat menampung mereka semua.

Setelahnya acarapun dimulai, dibuka oleh MC duet yang kocak dan ramai. Lalu mendengarkan penjelasan tentang ide awal Sugarlive oleh CEO nya yaitu Bapak Arie Setiawan. Beliau termotivasi untuk mengembangkan aplikasi live streaming asli dari Indonesia untuk bisa dinikmati oleh content creator Indonesia juga.

Selesai dengan presentasi, lalu dilanjutkan dengan press conference, dinner dan games polling secara online dengan menggunakan Kahoot. Acara pun kemudian dilanjutkan lagi dengan hiburan musik dengan bintang tamu Liza Aditya dan Azmi Alkatiri. Inipun saya sebenarnya kurang ngeh mereka siapa, tapi suaranya bagus kok. 

Tentang Sugarlive
Sugarlive ga melulu tentang live broadcast, tapi juga bisa digunakan sebagai social network yang mempertemukan kita dengan pengikut kita. Banyak banget fitur-fitur yang ditawarkan di dalam aplikasi Sugarlive diantaranya:

1. Komentar
Para content creator bisa membaca komentar dari para penontonnya, live saat itu juga. Interaksi langsung ini bisa jadi salah satu cara untuk memasukkan arah konten berikutnya yang diinginkan itu seperti apa.

2. Apresiasi
Konten yang menarik bisa menghasilkan uang dengan cara mendapatkan apresiasi dari penonton. Jadi penonton bisa memberikan hadiah virtual yang disediakan dalam aplikasi, lalu hadiah tersebut bisa ditukarkan menjadi rupiah nantinya. 

3. Face Filter
Mau bikin konten tapi muka masih bau bantal? Gapapa ada face filter kok yang bisa bikin muka jadi lebih bagusan dikit disaat kamu lagi dikejar dedlen bikin konten.

4. Jualan
Kamu bisa menjual produk saat sedang live, dan hasil penjualan produk sepenuhnya milik kamu.

5. Multi Camera-phone
Butuh untuk ambil beberapa angle sekaligus bisa juga loh, jadi kalau mau pindah fokus dari satu frame ke frame lainnya lebih mudah.

6. Polling/ Survey
Saat sedang live kamu bisa sekalian bikin polling/ survey bebas, semisal mau bikin polling tentang konten live berikutnyapun ya bisa.

7. Challenge
Ini keliatannya seru ya, selain challenge bisa dari penonton untuk si pembuat konten. Sesama content creator pun bisa membuat siaran khusus untuk challenge ini.

8. Duet
Butuh duet dengan content creator lain? Bisa banget!

9. Lucky Draw
Untuk mengapresiasi penonton setia, kamu bisa lho memberikan hadiah ke mereka dengan menggunakan fitur lucky draw yang ada di Sugarlive ini.

Aplikasi Sugarlive ini memang masih beta, tapi kabarnya dalam waktu dekat sudah bisa digunakan secara bebas oleh siapapun kok. Kira-kira kalau sudah bisa pakai Sugarlive, mau live tentang apa? Saya sih kayaknya pingin bikin konten makan-makan aja ;))


-----
Sugarlive
WEB | Instagram | Twitter |


You Might Also Like

8 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget tuh pasti aplikasi sugarlive

    ReplyDelete
  3. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  4. Wah keren banget tuh nanti aplikasinya

    ReplyDelete
  5. Jadi pingin pakai aplikasinya nih

    ReplyDelete
  6. AHH mantul NIH.cocok Gak buat live stream gaming

    ReplyDelete
  7. Wow, banyak ya fiturnya! Yang face filter sama reward dari audiens oke banget tuh! Aku ntar mau streaming juga ah pas lagi mandi di hotel #eh

    ReplyDelete