#LingTrip,

Menyambung Sejarah Dua Mataram, dari Jogja ke Lombok

Wednesday, August 26, 2015 Lindaleenk 55 Comments

Dua belas abad silam, sekumpulan penduduk kerajaan Mataram Kuno di Jawa menyusuri lautan ke arah timur menggunakan perahu bercadik. Kuat dugaan saat itu mereka menghindari kerja paksa pembangunan Borobudur, yang kelak menjadi salah satu peninggalan bersejarah di tanah Jawa. Rombongan pengungsi itu berlayar dengan arah lurus ke timur, akhirnya tiba di sebuah pulau. Pulau itu dinamakan Lombok yang berasal dari kata Lomboq (lurus). Mereka yang menetap di pulau itu turun temurun disebut suku sasak, diduga dari kata sak-sak yang berarti sampan atau perahu bercadik.  Dua ratus tahun kemudian diceritakan ada kisah mahapralaya yang membuat kerajaan Mataram Kuno musnah. Lima ratus tahun kemudian Panembahan Senopati mendirikan kerajaan Mataram Islam di bekas wilayah Mataram Kuno. Bekas wilayah kerajaan Mataram kini dikenal sebagai wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kota Jogja yang pernah menjadi pusat pemerintahan Mataram Kuno dan Mataram Islam sampai saat ini masih menyisakan keelokan sejarah yang tersaji dalam peninggalan budaya. Bermula dari utara ada Gunung Merapi yang menyimpan cerita legenda bagi berdirinya Kraton Yogyakarta. Di wilayah timur ada monumen kisah cinta Bandung Bondowoso yang kandas ditolak Roro Jonggrang. Salah satunya adalah Candi Prambanan, di mana salah satu arca diyakini adalah Roro Jonggrang yang dikutuk menjadi batu oleh Bandung Bondowoso karena kecurangannya. 

Ada juga Candi Ratu Boko, tempat bertahta ayahanda Roro Jonggrang. Selain kedua candi populer tersebut sebenarnya banyak kawasan candi yang tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Sebut saja Candi Ijo, Candi Kalasan, Candi Sambisari, Candi Plaosan, Candi Sewu, dan Candi Kedulan yang semua dibangun semasa kejayaan Mataram Kuno.


Sunset di Candi Ratu Boko

Pasti ada yang bertanya, kenapa Candi Borobudur justru tidak dimasukkan? Karena candi ini sebenarnya berlokasi bukan di Yogyakarta  tepatnya di Magelang Jawa Tengah. Namun karena berjarak cukup dekat hanya sekitar 1 jam perjalanan, maka candi ini harus menjadi daftar kunjungan saat ke Yogyakarta  Candi yang luasnya mencapai 15.000 meter persegi ini merupakan peninggalan sejarah yang terkait dengan kisah yang saya ceritakan di awal. Bangunan candi yang pernah menjadi daftar 7 Keajaiban Dunia ini menjadi sisa peninggalan leluhur yang perlu dijaga kelestariannya.

Setelah puas berkeliling candi, kini saatnya menuju pusat keriuhan budaya di tengah kota Yogyakarta. Tembok putih Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang masih berdiri gagah menyisakan gambaran kejayaan masa lampau. Tugu Pal Putih yang merupakan penanda batas utara kota tua Yogyakarta dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Tepat di selatan kraton, terdapat Pemandian Taman Sari yang sangat indah, di mana dulu para istri dan putri raja mandi dan bercengkrama. Menutup perjalanan di Jogja ada baiknya mencoba makanan Gudeg yang berasal dari nangka muda, di mana makanan ini terkenal manis semanis kenangan perjalanan di Jogja.


Cantiknya Tugu Jogja. Sumber : Blog Suami

Kota Jogja bisa dijangkau dengan maskapai Lion AirAir AsiaSriwijaya AirCitilinkGaruda Indonesia menuju Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG) tentunya dengan menggunakan tiket termurah yang dibeli di tempat booking tiket pesawat Ter-MURAH Airpaz.

Jika menyimak pembuka artikel ini, maka tidak mengherankan apabila pusat ibukota Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berada di pulau Lombok bernama Mataram. Asal mula leluhur dari Mataram Kuno membuat mereka menamai daerahnya dengan kata yang diambil dari tanah leluhur, Mataram. Sedikit berbeda dengan Jogja, Lombok hadir sebagai wisata alternatif selain Bali namun menawarkan wisata keindahan pantai yang menyaingi Bali. Saya akan membuka perjalanan ke Sukarara, desa yang melestarikan kerajinan kain tenun songket dan kain ikat serta Sade, desa adat tradisional suku sasak primitif. Wisata budaya akan saya tuntaskan di Sembalun Lawang, sebuah desa kecil di lereng Gunung Rinjani.

Setelah puas saya akan menikmati matahari tenggelam di Pantai Senggigi, di mana juga terdapat Pura Batu Bolong yang mirip Pantai Tanah Lot, Bali. Jika semua mengatakan Lombok adalah Gili Trawangan, namun saya justru akan mengunjungi Gili Nanggu dan Gili Meno. Menikmati indahnya terumbu karang dan ratusan ikan cantik berwarna warni di Gili Nanggu. Melepas lelah, saya akan naik Cidomo membelah hutan lindung di Gili Meno dan menikmati matahari tenggelam di kafe-kafe di sisi barat Gili Meno.

Tidak lengkap jika melewatkan pedasnya Ayam Bakar Taliwang dan Pelecing Kangkung yang akan menutup perjalanan indah saya di pulau Lombok. Jika waktu cuti cukup, saya akan menyeberang ke pulau sebelah yaitu Sumbawa, menikmati padang savana, sambil berharap melihat gugusan galaksi milky-way tentunya akan menjadi pengalaman berkeliling Indonesia yang membuat saya semakin cinta negeri ini.


Indahnya Gili Meno. Sumber : http://www.wisatalombok.info

Untuk mengunjungi  Lombok, kita bisa membeli Tiket Pesawat dengan tujuan Bandar Udara Internasional Lombok (LOP) misalnya maskapai Batik Air, dan Citilink. Temukan serunya memilih "best fare/ tarif terbaik" Tiket Pesawat kita menggunakan Airpaz.com, sehingga bisa menghemat perjalanan.

Karena indahnya lombok ternyata menyimpan cerita sejarah yang erat kaitannya dengan Yogyakarta, maka jika diberi kesempatan Tiket Gratis Airpaz Keliling Nusantara oleh Airpaz.com saya mau mengunjungi Lombok (NTB) dengan maskapai Batik Air dari Jakarta. Penerbangan Batik ke Lombok saya pilih jadwal di siang hari, sehingga bisa langsung check-in hotel dan menikmati indahnya Lombok.

You Might Also Like

55 comments:

  1. Semoga tahun ini aku jugak bisa ke Gili! Pnegen ke gili 33nya sih. Gak cuma trawangana aja..

    ReplyDelete
  2. Semoga berhasil dapet tiket dari Airpaznya ya! :)

    ReplyDelete
  3. kalo ke Borobudur baru dua kali tapi kalo sampe nyebrang pulau Jawa blm pernah, ikuut dong he he

    ReplyDelete
  4. butuh temen gak kak ?? :D
    Aku siap kok.. jhaha

    ReplyDelete
  5. asyik juga ya kalau bisa mengunjungi candi borobudur yang merupakan 7 keajaiban dunia ...aku yang orang jawa ...belum pernah ke sana ...he..he...

    ReplyDelete
  6. Salam kenal Mbak Linda....
    Saya suka artikel njenengan ini yang beberapa di paragraf awal.
    Saya suka sekali sejarah, bahkan kalau saya berkunjung ke New York Karto, saya merasa time traveling.

    Mantab!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh waktu buat paham kalau yg dimaksud Yogyakarta :))
      Astaga :))

      Delete
    2. Alhamdulillah...untung butuh waktu buat paham, daripada butuh duit...hahahahahaha

      Delete
  7. pengen banget ke Gili... kalo liat di foto yg ada di postingan ini, gili menonya seperti maldives yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirippp
      dan jadi inget cerita soal ke Maldives kemarin belum diselesaikan :|

      Delete
  8. pengen deh ke lombok
    ajak-ajak ya kalau dapat tiket gratis :)

    ReplyDelete
  9. Kalo aku ke lombok, mesti pake flight pagi, disamping jaraknya lumayan dari tempat tante (1,5 jam-an dari tempat tante di mataram) ada beda 1 jam juga .. kalo siang bisa2 malah sampe hotel sore, etapi bisa sekalian nyunset sik *labil :)))

    oiya kenapa pagi, biar kalo mau nyambung ke sumbawa bisa milih perjalanannya.. mau siang2 di laut which is kalo cerah bakalan bagus banget, atau sekalian nyunset...

    terus aku kangen pulang sumbawa :(

    ReplyDelete
  10. Wow, keren pantai nya, keep on my list :)

    ReplyDelete
  11. feed blogmu msh blm full jg
    *teuteup* :)))

    ReplyDelete
  12. hmmm,,, apakah gudeg jogja itu semanis senyumnya mba linda yaa,,? :)
    tidak diragukan lagi lombok memang pantainya indah, kalau saya sih jika ada kesempatan pingin banget ke rinjanii,heu
    semoga saja harapannya terwujud ya mba linda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rinjani ya..
      saya lebih milih pantai daripada gunung sih :|

      Delete
  13. belum kesampaian ke lombok. nggak jadi-jadi muluuu. semoga disegerakan. tapi jujur, di paragraf awal aku baru tahu kalau ada sekelumit sejarah kaya gitu ternyata. nice info.

    anyway, backlink airpaz banyak beneur kak? :)

    ReplyDelete
  14. wah mbak, informatif banget ini pembukaan ceritanya...sumpah akhirnya membuka tabik pertanyaan saya selama ini "Di tanah Jawa kok dinamai kerajaan Mataram yak, Mataram kan di Lombok?!?" :)

    btw sukses ngontesnya mbak :)

    ReplyDelete
  15. ternyata sejarahnya seperti ya, saya kira Lombok itu berasal dari lombok (cabe), baru tahu saya..
    kalau ke Lombok saya tidak pernah namun kalau ke Jogja hampir setiap tahun kesana, berkunjung ke rumah Oma.. emang indah banget kok Jogja..

    ReplyDelete
  16. semoga sukses dan menang kompetisi, trus jalan2 ke duo mataram ;)

    ReplyDelete
  17. semoga sukses mbak ya :D. btw ga serem kah mbak foto kedua itu mbaknya foto

    ReplyDelete
  18. lombok itu memang indah ya ketagihan mulu pengen kesana

    ReplyDelete
  19. belum pernah jalan2 huhuhuhu *kurang piknik iniii
    semoga menang y a:*

    ReplyDelete
  20. Terimakasih atas partisipasinya dalam Lomba Menulis Airpaz.com

    Semoga menang. :)

    Airpaz Team

    ReplyDelete
  21. Nice artikel mba, semoga menang yahhh...

    ReplyDelete
  22. Oh.. ikutan lomba nulis tho smoga menang..

    ReplyDelete
  23. Need a Debt Loan To Pay Off Bills?
    Take control of your debt today
    Available Now Business Expansion Loan Offer?
    Do you need a loan to pay off Bills?
    Do you need a loan?
    Do you need Personal Loan?
    Business Expansion Loan?
    Business Start-up, Education,
    Debt Consolidation Loan
    Hard Money Loans
    Loan for any thing ?
    We offer loan at low interest rate of 3%
    Loan with no credit check,
    Email us: financialserviceoffer876@gmail.com
    Call or add us on what's app +918929509036

    ReplyDelete
  24. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  25. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    ReplyDelete
  26. ai! Makasih udah nulis tentang artikel ini. Aku seneng banget bacanya.

    Untuk mengobati kerinduanmu berwisata di masa pandemi, DigiTiket akan bawa kamu menelusuri tempat-tempat menarik penuh cerita lewat wisata virtual indonesia virtual tour indonesia https://digitiket.com.
    virtual tour indonesia

    virtual tour indonesia

    wisata virtual indonesia

    virtual tour negeri diatas awan

    Jasa Buat website semarang

    Jasa Buat website

    ReplyDelete

  27. HOW I GOT MY DESIRED XMAS LOAN AMOUNT $520,000.00 FROM A RELIABLE AND TRUSTED LOAN COMPANY LAST WEEK. Email for immediate response: drbenjaminfinance@gmail.com

    Hello everyone, Am here to testify of how i got my loan from BENJAMIN LOAN FINANCE(drbenjaminfinance@gmail.com) I don't know if you are in need of an urgent loan to pay bills, start business or build a house, they offer all kinds of loan. So feel free to contact Dr.Benjamin Scarlet Owen he holds all of the information about how to obtain money quickly and painlessly via Email: drbenjaminfinance@gmail.com

    and consider all your financial problems tackled and solved. Share this to help a soul right now. THANKS

    ReplyDelete
  28. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete