#Lingbeauty,

Keputihan dan Cara Mengobatinya

Monday, January 29, 2018 Linda Leenk 27 Comments


Perempuan itu kalau sudah kecapekan dan stres pasti ada aja penyakitnya, salah satu yang sering dialami ya keputihan. Keputihan biasanya normal dan sehat, karena itu artinya pada dinding vagina dan leher rahim ada kelenjar yang memproduksi cairan yang fungsinya untuk menjaga kesehatan daerah intim wanita. Cairannya bening, tidak berlebihan dan tidak menimbulkan keluhan gatal.  Namun kadang saat menjelang dan di sekitar masa menstruasi kadar cairannya bertambah sehingga bikin jadi tidak nyaman.

Keputihan ada yang normal dan tidak normal, yang normal itu ya yang sempat saya singgung sebelumnya. Kalau yang tidak normal biasanya bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti bakteri, infeksi jamur dan lainnya. Dan ciri-ciri dari keputihan yang tidak normal adalah adanya perubahan warna dan konsistensi, juga bau dan terasa gatal serta nyeri.

Ada beberapa cara untuk mengobati keputihan seperti kompres dingin untuk meredakan gatal dan pembengkakan. Namun apabila keputihan tidak normal tersebut berlangsung lebih dari seminggu, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Dokter nantinya akan memberikan penanganan berdasarkan penyebabnya.

Selain ke dokter, ada juga cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama saat keputihan yang tidak normal tersebut menyerang.

Cara untuk mengobati keputihan yang berlebihan dengan alami adalah dengan:
1. Kunyit
Kunyit mengandung zat anti bakterinya dapat membantu mengobati keputihan. Caranya cukup dengan rutin meminum air perasan kunyit setiap hari. Resep untuk membuat air perasan kunyit ini adalah dengan membersihkan dua buah kunyit, parut dan peras airnya. Tambahkan air putih dan madu, kemudian minum dua kali sehari agar keputihan segera teratasi. Atau kalau mau gampang bisa beli jamu kunyit asam ke ibu jamu.

2. Biji Klabet
Biji klabet agak terdengar asing ya, tapi bisa dibeli online kok ini. Biji klabet katanya dapat membantu meningkatkan jumlah pH pada miss V. Caranya adalah dengan rendam 1 sdm biji klabet dalam air hangat. Tunggu 24 jam lalu saring airnya dan kemudian minum. Minum air biji klabet secara rutin setiap hari sebelum sarapan untuk hasil yang lebih baik.

3. Bawang Putih
Bawang Putih sepertinya sudah jadi resep herbal yang paling sering digunakan karena mengandung zat-zat yang sifatnya anti bakteri dan jamur. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin dipercaya dapat menghambat bakteri masuk pada area miss V. Cara konsumsi bawang putih ini bisa dengan dicampur ke makanan asal rutin dan teratur.

4. Daun Sirih
Daun sirih salah satu daun yang cukup sering digunakan untuk mengobati keputihan, semacam sudah jadi resep turun menurun gitu. Zat dalam daun sirih bersifat sebagai #AntiseptikAlamai atas bakteri dan jamur.

Jaman dulu kalau sedang mudik ke rumah eyang, mama sering minta daun sirih yang banyak tumbuh di kebun milik eyang. Daun sirih tersebut nantinya dibersihkan, digodok (rebus) lalu digunakan untuk membasuh organ kewanitaan.

Dari sekian cara tersebut di atas yang sudah pernah saya coba adalah yang dengan daun sirih. Meski agak repot ya musti rebus, tunggu hangat baru bisa dipakai. Tapi hasilnya ya cukup membantu bau-bauan ga jelas ketika masa menstruasi. Rasanya lebih bersih dan ga insecure sama bau darahnya.

Nah minggu lalu saya dapet hampers yang cukup bermanfaat nih dari Resik V. Resik V godokan sirih ini dibuat dari rebusan daun sirih asli dan aman untuk dipakai setiap hari. Proses pembuatannya sama dengan membuat air rebusan sirih dari resep tradisional.

#ResikVGodokanSirih secara kemasan tidak jauh berbeda dengan pembersih kewanitaan lainnya. Botol plastik dengan bukaan (cetekan) di atasnya. Yang saya dapatkan ini botol isi 100ml, cairannya cukup encer dan wanginya mirip dengan rebusan daun sirih.

Cara penggunaanya juga cukup mudah, yaitu dengan dituangkan secukupnya ke telapak tangan, basuhkan ke area kewanitaan lalu basuh kembali dengan air. Setelah dua hari pemakaian, keputihan yang biasanya saya alami jadi lebih berkurang.

Resik V Godokan Sirih

Kalau dipikir-pikir resik V godokan sirih ini praktis juga ya, tinggal di apartemen gini saya ga tau dimana bisa mendapatkan tanaman sirih. Kalaupun ada masih harus direbus dan didinginkan dulu, baru bisa digunakan. Dengan adanya pembersih kewanitaan yang memang bahan utamanya rebusan daun sirih, jadi ga perlu repot-repot lagi.  Hidup di Jakarta udah rempong cyn, saya mah pilih praktis aja. :))

Kalian ada yang bermasalah dengan keputihan juga? Cobain pakai Resik V yang godokan sirih ini deh..

You Might Also Like

27 comments:

  1. Daun sirih emang dari dulu dipercaya bisa menyembuhkan keputihan, sekaligus menjaga ph kewanitaan juga ^^

    ReplyDelete
  2. Wah, ternyata bawang putih bisa nyembuhin keputihan. Padahal katanya bikin bau badan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi kayaknya harus sesuai takaran juga.

      Delete
  3. Daun sirih selalu jadi andalan perawatan wanita yaa

    ReplyDelete
  4. Udah lama nggak pakai godokan sirih asli karena susah cari daun sirihnya. Sekarang ada Resik V Godokan Sirih yang praktis ini, senang banget.

    ReplyDelete
  5. Wah resik V ini wajib banget di liat belanjaan aku tiap bulan mbak....

    ReplyDelete
  6. Kalo keputihan jadi risih mbak, lembab gimana gitu, gak baik juga buat miss V ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh, pas deket2 mau mens tuh biasanya :|

      Delete
  7. katanya sih keputihan sebelum menopause itu normal ya mba, cuman mmg ada jenisnya ya, kalau berlebihan dan ada bau tdk sedap juga bahaya,

    di lihat dari khasiatnya jd ingin berpaling,hihi saya biasa pake lactacyid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga, baru tau ada yg beneran godokan sirih gini

      Delete
  8. aku biasanya suka rebus sirih kemudian airnya buat cebok, kalau sudah ada Resik V godokan daun sirih gini lebih praktis ya nggak repot- repot ngerebus lagi plus gampang dibawa-bawa pula ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada..di rumah ortu ku banyak mbak :)

      Delete
  9. saya hanya duduk termenung setelah baca artikel ini, bukan karena menghayati isi kontent.. tapi kga ngerti.. :D

    #SokPolosAja^^

    ReplyDelete
  10. sekarang uda gampang y mba, aku masih ngerasain godok daun sirih dan itu berat tapi ga seberat rindunya Dilan ke Milea sih hahaha :p untunglah ada Resik V menjawab semua kepraktisan y mba

    ReplyDelete
  11. Cukup nyimak dan tahu aja nih..he
    Tapi sekarang mah serba mudah ya, nggak tahu obatnya searching aja di google, ketemu lah ini tulisan, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan ya, Teh..

    ReplyDelete
  12. zaman dulu bilangnya pek tay.. gak tau masih ada ga orang sebutnya gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok kamu tau mas, aku aja ga paham lho :))

      Delete
  13. Keputihan memang bikin nggak nyaman. aku juga pake Resik Godokan Sirih ini di rumah

    ReplyDelete
  14. Aku keputihan tiap mau datang bulan, tapi nggak sampai parah banget sih, ibuku ngajarin pake daun sirih, tapi akunya nggak telaten :D

    ReplyDelete
  15. Solusi praktis buat yang kena keputihan yaa Mbak Lindaa

    ReplyDelete