lifestyle,

Pentingnya mengkonsumsi asam folat

Thursday, January 09, 2014 Linda Leenk 17 Comments

source
Menyambung tulisan sebelumnya di sini.
Apasih asam folat itu?
Asam folat adalah vitamin B9, bagian dari vitamin B kompleks dan merupakan jenis vitamin yang larut air. Sifatnya yang mudah larut air, membuat vitamin ini tidak bisa disimpan lama di dalam tubuh karena setelah diambil oleh tubuh selanjutnya dikeluarkan melalu urine. Asam folat penting terutama untuk pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa tentu sangat membutuhkan asam folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Asam folat sendiri banyak ditemukan di sayuran yang berwarna hijau pekat seperti bayam, kangkung, sawi, daun katuk, kacang panjang, dan brokoli. Asam folat juga bisa ditemukan di jeruk, kacang-kacangan, kedelai, asparagus, kembang kol, kubis, hati dan daging.

source
Asam folat penting untuk dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil serta wanita yang berniat hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects) pada bayi. NTDs merupakan kelainan pada tulang belakang dan kelainan dimana otak tidak terbentuk.

Idealnya kebutuhan asam folat tercukupi sebelum masuk masa kehamilan demi menghindari resiko (NTD) cacat tabung saraf pada janin. Umumnya kebutuhan asam folat ibu hamil adalah 400-600 mikrogram perhari. Kecukupan ini akan mencegah hinggan 70% resiko NTD pada janin. Ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat meningkatkan resiko anemia, sehingga mudah lelah, lesu dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran.

Mengkonsumsi asam folat yang cukup sangat menguntungkan bagi siapa saja, anak-anak maupun dewasa terutama ibu hamil serta yang sedang merencanakan kehamilan. Apabila tidak menyukai sayuran, bisa mengkonsumsi susu khusus yang didesain untuk mencukupi kebutuhan asam folat setiap harinya. Ada Prenagen Esensis yang bisa dikonsumsi oleh yang sedang merencanakan kehamilan, Prenagen Mommy Emesis untuk trimester pertama kehamilan, dan Prenagen Mommy untuk ibu hamil.

Namun bagaimana dengan yang tidak suka atau alergi dengan susu? Ada Prenagen Liquid Juice yang kaya asam folat dan vitamin C sebagai penggantinya. Asam Folat tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil, kitapun yang masih lajang juga perlu mengkonsumsinya. Jadi mari memasukkan beberapa sayur dalam list belanja bulanan, kalau males makan sayur sih tinggal beli si Prenagen Juice ini saja. ;;)


You Might Also Like

17 comments:

  1. Istri saya dulu rajin minum asam folat yang dikasih sama dokter. Emang penting banget kayaknya buat ibu hamil ya..

    ReplyDelete
  2. istri saya sedang hamil, jadi harus banyak mengkonsumsi asam folat ya, wah trima kasih mbak sudah share...jadi tahu manfaat asam folat ini

    ReplyDelete
  3. prena juice,....kayae seger yaa.....*hunting ke mart ahh :D

    ReplyDelete
  4. oh jadi asam folat itu baik bagi IBu yang ngerencanain hamil atau sedang hamil yaa.. :D

    ReplyDelete
  5. @wewengkon dengan senang hati :)

    ReplyDelete
  6. @cii yuniaty
    Seger dan ga terlalu manis, kalau baru keluar dari kulkas makin seger XD

    ReplyDelete
  7. @farizalfa
    Ga hanya ibu hamil, buat yg lajang juga perlu lhoh. ;)

    ReplyDelete
  8. Aku kepingin prenagen juuussss... huhuhu

    ReplyDelete
  9. yupi asam folat adalah salah satu vitamin penting bagi emak-emak yang hamil sih,,
    btw salam kenal ya :D

    ReplyDelete
  10. Wah tarnyata asupan asam folat penting banget ya. enggak nyangka hehe...

    ReplyDelete
  11. waduh aku lupa mbak lama bagt gak tweet ini :(

    ReplyDelete
  12. @volverhank
    Salam kenal juga ;)

    ReplyDelete
  13. @mbak lidya
    Lagi sibuk ya mbak? ;)

    ReplyDelete
  14. Iya bener, dokter kandunganku juga bilang asam folat bagus juga buat yang masih single :)

    ReplyDelete